Zenfone Max M2: Snapdragon 632, Kamera Ganda, Baterai Juara

Zenfone Max M2

Mengawali tahun 2019 dengan harapan memiliki smartphone terbaik di harga dua jutaan kini bukan sekadar mimpi. Saya pun ingin  mewujudkannya dengan memilih Zenfone Max M2 sebagai partner baru yang bisa diandalkan menemani aktivitas saya sehari-hari. Kenapa harus Zenfone Max M2?

Penerus Zenfone Max M1 ini memang dikhususnya untuk pengguna dengan budget terbatas namun ingin memiliki smartphone dengan desain solid, fitur kekinian, dan daya tahan baterai besar. Zenfone Max M2 punya nilai jual di sektor tersebut, tentu saja dengan peningkatan di beberapa bagian dibanding pendahulunya membuat smartphone ini layak jadi pilihan pengguna untuk sebuah ponsel terbaik di harga dua jutaan.

Desain Solid

Sekilas, desain Zenfone Max M2 mengingatkan saya pada saudara tuanya yakni Zenfone Max Pro M1 dengan balutan aluminium yang terlihat premium dan solid. Feel genggaman ponsel berbahan metal memang lebih mantap, jauh dari rasa ringkih yang tentu saja mengurangi kenyamanan saat ditenteng ke mana-mana.

Sebelumnya saya sudah merasakan kesolidan desain metal smartphone ASUS, mulai dari Zenfone 3 Max dan Zenfone Max Pro M1 semuanya memberikan feel genggaman yang memuaskan. Jadi tak perlu diragukan lagi dengan desain body metal di Zenfone Max M2 ini, apalagi dengan ketebalan hanya 7.7 mm membuat luas layar 6.3 inch dengan aspek rasio kekinian 19:9 cukup ideal dan bersahabat dengan telapak tangan.

Ngomong-ngomong soal layar, Zenfone Max M2 ini punya luas layar yang sama dengan Zenfone Max Pro M2 yakni 6.3 inch plus notch yang lebih kekinian tentu saja. Memberikan pengalaman visual yang lebih lega, entah itu buat menikmati hasil jepretan kamera, menonton video, dan juga bermain game. Dengan resolusi HD+ 1520×720 piksel dan screen-to-body ratio mencapai 88 persen cukup memanjakan mata saat diajak menikmati konten multimedia.


Prosesor Gesit, Komsumsi Daya Irit

Di sektor dapur pacu, Zenfone Max M2 dibekali prosesor Snapdragon 632 yang merupakan chipset terbaru dari Qualcomm yang diperkenalkan saat gelaran Mobile World Congress di Shanghai beberapa bulan lalu. Soc tersebut digadang-gandang sebagai suksesor Snapdragon 625, prosesor paling populer di ponsel kelas menengah sejak dua tahun terakhir.

Mengutip kalimat Galip Fu, ASUS Regional Merketing Manager Indonesia & Malaysia saat pre-conference Zenfone Max Pro M1 pada 13 April lalu:

Prosesor merupakan salah satu faktor utama yang menentukan saat calon pengguna memilih smartphone yang akan menjadi perangkat yang ia gunakan sehari-hari.

Galip Fu, ASUS Regional Marketing Manager Indonesia & Malaysia

Hal tersebut diaplikasikan pada Zenfone Max M2 dengan Snapdragon 632 yang membawa banyak kelebihan dibanding pendahulunya, seperti kinerja dan grafik yang lebih baik, lebih hemat daya, bebas panas saat penggunaan intens, serta dilengkapi kemampuan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence).

Selain itu, Snapdragon 632 juga membawa fitur baru di antaranya kemampuan merekam video hingga 4K dan akses ke jaringan 4G LTE yang lebih cepat. Keunggulan-keunggulan tersebut coba ditawarkan Zenfone Max M2 dengan chipset Snapdragon 632 untuk memberikan pengalaman lebih di sektor performa dan mengefisienkan penggunaan daya di smartphone kelas menengah.

Tersedia dua varian RAM dan storage di Zenfone Max M2 yakni 3GB/32GB dan 4GB/64GB yang kapasitas storage-nya bisa ditingkatkan hingga 2T, dengan dukungan triple slots yang mampu menampung dua SIM card 4G LTE dan satu slot untuk microSD membuat pengguna tak perlu was-was saat menyimpan foto, video, serta file-file berukuran besar.

Dengan kapasitas RAM dan storage sebesar itu membuat perpindahan aplikasi serta melakukan aktivitas multitasking di Zenfone Max M2 jadi lebih gesit dan nyaman. Menjalankan beragam aplikasi dan juga game-game kasual hingga berat pun bisa dilakukan dengan lancar berkat prosesor Snapdragon 632 yang dipadu dengan pengolah grafis Adreno 506.


Kamera Apik

Zenfone Max M2 dilengkapi set up dual-camera belakang yang masing-masing beresolusi 13MP aperture f/1.8 dan 2MP untuk hasilkan efek bokeh. Dengan bukaan lensa yang besar itu membuat hasil jepretan Zenfone Max M2 lebih jelas dan detail pada situasi apapun, bidikan fokusnya juga tajam dan cepat. Bikin pengalaman fotografi di smartphone yang juga mendukung teknologi AI Camera via update software dan bisa mendeteksi 13 jenis objek ini jadi lebih menyenangkan.

Kamera depan Zenfone Max M2 beresolusi 8MP dengan aperture f/2.0 serta dilengkapi fitur Beauty Mode, cukup bisa diandalkan untuk menghasilkan foto selfie atau wefie terbaik. Ketersediaan softlight LED flash pun sangat membantu saat berfoto di kondisi minim cahaya. Sedangkan untuk perekaman video, Zenfone Max M2 ini mampu merekam hingga kualitas 4K UHD dan support teknologi EIS agar hasil video tetap stabil tapi khusus untuk kualitas HD saja.


Baterai 4000 mAh

Zenfone Max Series terkenal dengan kapasitas baterainya yang besar begitu pun dengan daya tahan penggunaannya yang juga lama, Zenfone Max M2 masih meneruskan tren seri Max tersebut. Berbekal baterai 4000 mAh sudah lebih dari cukup untuk menemani aktivitas penggunanya selama seharian penuh, bahkan saat digunakan secara intens baik itu untuk bermain game, streaming video, dan aktivitas mobile lainnya kemampuan bertahan hidup Zenfone Max M2 tetap juara.

Perpaduan prosesor hemat daya dan kapasitas baterai besar menjadikan daya tahan Zenfone Max M2 jadi lebih maksimal, terlebih saat diajak bepergian. Pengguna tak perlu khawatir kehabisan daya saat di tengah perjalanan karena baterai 4000 mAh tersebut bisa standby selama 33 hari di jaringan 4G, 21 jam saat memutar video, 22 jam ketika digunakan browsing dengan koneksi Wifi, serta 8 jam non stop bermain game Garena Free Fire.


Fitur-fitur Lain

Di sektor keamanan, Zenfone Max M2 dilengkapi sensor sidik jari di bagian belakang ponsel yang mampu mengaktifkan layar hanya dalam 0.3 detik, selain itu tersedia juga fitur face unlock yang memungkinkan pengguna membuka kunci smartphone hanya dengan menatap layar. Sedangkan di sektor audio, Zenfone Max M2 dilengkapi lima magnet speaker yang dilapisi bahan metal dan menggunakan amplifier NXP dengan distorsi rendah sehingga menghasilkan keluaran audio yang jernih dan jelas. Pengalaman menikmati konten video atau film tentu jadi lebih menyenangkan.

Untuk sistem operasi, penggunaan stock Android berbasis Oreo 8.0 di Zenfone Max M2 juga jadi kelebihan mengingat hanya butuh sedikit ruang penyimpanan untuk menjalankan seluruh sistem yang ada di smartphone tersebut. Selain itu pengguna juga lebih leluasa meng-install beragam game atau aplikasi di perangkat yang dibanderol Rp 2.299.000 untuk varian 3GB/32GB dan Rp 2.699.000 di varian 4GB/64GB, harga yang cukup terjangkau.


Kesimpulan

Kehadiran Zenfone Max M2 menegaskan eksistensi ASUS Indonesia di industri ponsel tanah air khususnya segmen ponsel komplit di kelas harga dua jutaan. Desain solid berbahan metal serta layar lega 6.3 inch menjadi tampilan yang cukup menarik perhatian pengguna, selain itu penggunaan prosesor Snapdragon 632 yang punya performa mumpuni namun hemat daya melengkapi kehadiran baterai 4000 mAh untuk aktif lebih lama.

Begitupun di sektor kamera Zenfone Max M2 baik itu untuk kamera depan ataupun belakang cukup bisa diandalkan untuk kebutuhan fotografi standar sehari-hari, sedangkan penggunaan stock Android berbasis Oreo 8.0 untuk sistem operasi menjadikan Zenfone Max M2 lebih efektif dalam ruang penyimpanan dan juga akses aplikasi serta game lebih cepat. Untuk smartphone di kelas harga dua jutaan, Zenfone Max M2 ini paling recommended.

Berikut spesifikasi lengkap Zenfone Max M2:

Main Spec. ZenFone Max M2
CPU Qualcomm® Snapdragon™ 632 Mobile Platform with 14nm, 64-bit Octa-core Processor. GPU: Qualcomm® Adreno™ 506
Operating System Stock Android™ Oreo 8.0
Memory LPDDR3 3GB / 4GB
Storage eMCP 32GB / 64GB
Display 6.3-inch HD+ (1520 by 720) IPS display, 88% screen-to-body ratio, Front 2.5D curved glass, Capacitive touch panel with 10 points multi-touch
Main Rear Camera 13MP F1.8 aperture 26mm equivalent focal length in 35mm film camera Phase-detection autofocus LED flash
Second Rear Camera 2MP Depth sensing
Front Camera 8MP F2.0 aperture 26mm equivalent focal length in 35mm film camera Softlight LED Flash Face recognition unlock
Video Recording 4K UHD (3840 by 2160) video recording for main rear camera 1080p FHD video recording at 30 fps 720p HD video recording at 30 fps 3-axis electronic image stabilization for rear camera Take still photo while recording video
Connectivity WLAN 802.11 b/g/n; support Wi-Fi direct Bluetooth 4.2
Sensor Rear fingerprint sensor (0.3 seconds unlock, supports 5 fingerprints), Accelerator, E-Compass, Gyroscope, Proximity sensor, Ambient light sensor
SIM Cards Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM card Slot 3: Supports up to 2TB microSD card Both SIM card slots support 3G WCDMA / 4G LTE network band. But only one SIM card can connect to 4G LTE service at a time
Audio 5-magnet speaker with NXP smart amplifier for louder, deeper and less distorted sound effect, Audio CODEC integrated into PMIC NXP smart amplifier
Battery 4000mAh with fast charging
Navigation GPS, AGPS, GLONASS
Dimension (WxDxH) 158 x 76 x 7.7 mm
Weight 160 grams
Colors Midnight Black, Space Blue, Meteor Silver
Price Rp 2.299.000 (3GB/32GB) Rp 2.699.000 (4GB/64GB)


Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE