Zenfone 3 Ultra ZU680KL Untuk Penikmat Multimedia Layar Setara TV UHD

eksis2434

Zenfone 3 Ultra

Zenfone 3 Ultra menjadi jagoan Asus di segmen phablet, tak hanya unggul di layar yang jumbo tapi kemampuan kamera dan performanya pun patut diacungi jempol.

Di event Zenvolution beberapa minggu lalu Asus memperkenalkan Zenfone 3 Ultra ZU680KL, smartphone layar jumbo atau yang lebih dikenal dengan sebutan phablet. Menyasar pengguna yang hobi memanfaatkan smartphone untuk keperluan multimedia atau hiburan, Zenfone 3 Ultra bahkan menawarkan nilai lebih dengan kualitas kamera dan performa yang istimewa. Seperti apa kecanggihan yang dibawanya? Berikut ini ulasannya lengkapnya.

Desain Metal Kualitas Layar Setara TV 4K

Asus menganggap bahwa pasar smartphone tablet (phablet) masih begitu seksi untuk digarap, oleh karena itu Asus secara total mengemas Zenfone 3 Ultra dengan tampilan yang benar-benar eksklusif. Menggunakan bahan metal di seluruh body membuat Zenfone 3 Ultra tampak solid dan mewah, dengan bobot 233 gram dan ketebalan hanya 6.8mm menjadikannya cukup nyaman digenggam dan lumayan ringan saat menentengnya ke mana-mana.

zenfone-3-ultraBerdesain unibody dengan sisi yang terbuat dari perpaduan aluminium alloy dan cutting diamond membuat tampilan Zenfone 3 Ultra terasa lebih premium. Dan yang berbeda dari Zenfone 3 dan Zenfone 3 Deluxe adalah hadirnya tombol fisik home pada Zenfone 3 yang juga berfungsi sebagai sensor sidik jari dan diapit oleh tombol sensitif back dan recent apps.

Smartphone yang masuk kategori phablet biasanya berukuran layar di atas 5.5 inci, seperti Zenfone 3 Ultra ini memiliki bentang layar 6.8 inci dengan resolusi Full HD (1920×1080). Phablet penerus Zenfone Ultra ini pun dilengkapi teknologi VisualMaster 3.0 yang menyempurnakan tampilan layar dalam aspek visual agar terlihat lebih nyata, selain itu ada juga teknologi Tru2Life+ yang berfungsi untuk menyesuaikan tingkat kecerahan dan menghasilkan perpaduan warna yang akurat.

Dengan keunggulan layar tersebut menyaksikan konten film atau menikmati layanan video streaming di Zenfone 3 Ultra akan memberi pengalaman seperti menonton di layar TV sekelas 4K UHD. Untuk penggunaan di luar ruangan, teknologi Tru2Life+ mampu menyesuaikan ketajaman layar dengan kondisi cahaya sekitar sehingga Zenfone 3 Ultra tetap nyaman digunakan meski di bawah sinar matahari langsung.

eksis2234Layarnya pun telah dilengkapi Corning Gorilla Glass 4 yang memberi perlindungan ekstra ketika jatuh atau mengalami benturan. Di sektor audio, Zenfone 3 Ultra dilengkapi SonicMaster 3.0 yang membuat semburan suara 140 persen lebih kencang dibanding smartphone biasa. Selain itu hadirnya fitur DTS-HD Premium serta kemampuan menjalankan audio virtual 7.1 melengkapi keandalan Zenfone 3 Ultra di sisi audio. Phablet ini juga mendukung panggilan suara VoLTE yang menawarkan kejernihan suara ketika berkomunikasi lewat jaringan 4G LTE.

Kamera mumpuni Disokong Baterai Raksasa

Biasanya kemampuan kamera pada sebuah phablet tak sebaik smartphone, namun Zenfone 3 Ultra memiliki kualitas kamera setara smartphone kelas atas. Kamera belakangnya beresolusi 23 megapiksel menggunakan sensor Sony (IMX 318) dengan aperture f/2.0 dan mampu menghasilkan resolusi gambar hingga 92 megapiksel dengan mode Super Resolution.

Perpaduan teknologi PixelMaster 3.0 dan taknologi TriTech hadirkan kecepatan mengunci objek foto dengan auto focus mencapai 00.3 detik, memberi pengalaman lebih bagi pengguna phablet yang hobi fotografi.

Untuk kamera depan, phablet yang berjalan di OS Android Marsmallow 6.0 ini memiliki resolusi 8 megapiksel juga berteknologi PixelMaster dengan beragam mode pengambilan gambar. Seperti Low light mode untuk memotret di kondisi minim cahaya, selfie panorama, real time beautification, photo effect, dan masih banyak lagi mode kamera yang bisa digunakan sesuai kebututan pengguna.

Kamera Zenfone 3 Ultra juga telah dilengkapi OIS (Optical Image Stabilizer) dan EIS (Electronic Image Stabilizer) untuk meminimalisir efek blur yang diakibatkan oleh guncangan saat memotret. Kemampuan merekam videonya pun sudah mendukung kualitas Full HD 1080p @30 FPS hingga kualitas 4K.

ultra3

Image by Asus

Di sektor kinerja, Zenfone 3 Ultra menggunakan prosesor Snapdragon 652 Octa-core 64 bit dengan kecepatan 1.8 GHz dan pengolah grafis Adreno 510. Dipadu dengan RAM 4GB dan storage internal sebesar 64GB memberi keleluasan pengguna saat melakukan multitasking dan menyimpan banyak file foto atau video. Jika dirasa kurang, tersedia slot eksternal tipe MicroSD pada Zenfone 3 Ultra yang bisa di-upgrade hingga 2TB.

Semua kecanggihan yang dimiliki Zenfone 3 Ultra mulai dari layar besar dengan kualitas setara TV 4K, kemampuan kamera yang mumpuni, serta performa yang cukup andal saat diajak kerja berat atau ringan tentu membutuhkan sumber tenaga yang besar. Zenfone 3 Ultra disokong baterai kapasitas jumbo yakni 4600 mAH dan mendukung kemampuan Quick Charge 3.0, mengisi ulang daya phablet dari nol hingga 60 persen hanya butuh waktu 45 menit.

Fitur-Fitur Lain

Zenfone 3 Ultra mendukung semua jaringan seluler mulai dari 2G, 3G, hingga 4G yang menawarkan kecepatan akses data super cepat namun itu tergantung dari cakupan area dan operator yang digunakan. Untuk sarana konektifitas Zenfone 3 Ultra dilengkapi Bluetooth V 4.2, Wifi 802.11a, GPS, dan telah menggunakan port USB type-C untuk kebutuha quick charge dan transfer data berkecapatan tinggi.

User interface Zenfone 3 Ultra menggunakan ZenUI 3.0, tampilan antar muka khususnya di generasi Zenfone 3 ini cukup segar dan menawarkan kostumisasi  yang lebih personal. Dengan beragam fitur dan aplikasi seperti ZenLink, PhotoCollage, MiniMovie, ZenCircle, Kids Mode, masih banyak lagi membuat pengguna tak pernah kehabisan ide dan kreatifitas untuk memaksimalkan fungsi phabletnya.

Kesimpulan

Perkembangan phalet memang tak sefenomenal smartphone namun itu tak menyurutkan semangat Asus untuk meluncurkan Zenfone 3 Ultra yang masuk dalam jajaran phablet kelas menengah. Dibanderol Rp 8,099,000 untuk RAM 4GB dan internal 64GB pengguna sudah dapat menikmati perpaduan teknologi yang nyata dari sebuah perangkat smartphone dan tablet.

Desain berbahan metal memberi kesan solid dan membuat Zenfone 3 Ultra memancarkan aura elegan dan mewah bagi siapa saja yang menggenggamnya. Di sektor layar yang menjadi poin penting bagi penikmat multimedia, kualitas layar Zenfone 3 Ultra jadi yang terbaik berkat teknologi VisualMaster 3.0 dan keluaran audio yang lebih maksimal dengan teknologi SonicMaster 3.0 memberi pengalaman lebih ketika menikmati konten film dan layanan video streaming, serta mendengarkan lagu-lagu favorit.

Untuk performa, penggunaan prosesor kelas menengah yang dipadu dengan media penyimpanan yang besar membuat aktivitas miltitasking dan menjalankan beragam aplikasi serta game menengah jadi lebih nyaman. Belum lagi dukungan konektifitas yang lengkap serta beragam fitur-fitur terkini yang dikemas dalam user interface ZenUI 3.0 membuat Zenfone 3 Ultra cukup perkasa jika diadu dengan smartphone atau phablet premium.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE