Wisata Air Terjun Magelang yang Memesona

1372826228

Kabupaten Magelang (foto: magelangkota.go.id)

Tentu Anda mengenal Magelang dengan objek wisata Candi Borobudurnya yang begitu populer. Akan tetapi Magelang tak hanya memiliki Candi Borobudur sebagai destinasi favorit wisatawan lokal ataupun asing, namun kota yang juga terkenal dengan beragam jajanan pasarnya yang khas itu juga memiliki wisata alam yang begitu memesona. Tak heran jika Magelang menjadi salah satu tujuan utama berlibur para wisatawan karena selain memiliki wisata budaya dan sejarah, Magelang juga memiliki beragam wisata alam khususnya air terjun yang masih terjaga keindahannya.

Berikut beberapa objek wisata alam air terjun yang cukup populer di kota Magelang, tidak hanya tersohor di kalangan wisatawan lokal, namun juga wisatawan dari segala penjuru dunia.

1. Air Terjun Kedung Kayang

kedung kayang

Air terjun Kedung Kayang (foto: wordpress.com)

Terletak di Desa Wonolelo Kecamatan Sawangan, Magelang. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 40 meter ini berada di antara Gunung Merbabu dan juga Gunung Merapi, yang mana hanya membutuhkan 3 km perjalanan dari Gardu Pandang Ketep Pass untuk mencapai lokasi.

Airnya yang cukup dingin dan juga aliran air yang cukup deras membuat para pengunjung merasakan kesegaran alam yang masih sangat alami saat berada di sini. Pemandangannya yang indah dan menawan juga menjadi daya tarik yang sangat menggoda bagi para wisatawan untuk selalu mengunjungi air terjun ini setiap tahunnya. Untuk masuk kawasan air terjun Kedung Kayang pengunjung hanya dikenakan tarif kurang lebih Rp2.500,- saja per orang.

Selain itu tersedia beragam fasilitas bagi wisatawan seperti kedai makan, penginapan, serta bumi perkemahan sehingga pengunjung tak perlu khawatir ketika berada di area wisata ini dalam waktu yang lama. Dan akses jalan menuju air terjun Kedung Kayang juga relatif mudah dijangkau baik dengan kendaraan umum ataupun dengan sepeda motor, jadi tunggu apalagi. Segera daftarkan air terjun Kedung Kayang dalam agenda liburan anda.

2. Air Terjun Sekar Langit

Sekar langit

Air terjun Sekar Langit (foto: blogspot.com)

Air terjun yang satu ini juga tak kalah indahnya dengan air terjun Kedung Kayang yang pastinya banyak pengunjung yang tertarik mengisi liburan di tempat wisata ini setiap tahunnya. Namanya air terjun Sekar Langit, berada tepat di kaki Gunung Andong yang mana lokasinya berada di Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Magelang dan memiliki ketinggian sekitar 30 meter.

Pemandangan yang disuguhkan begitu indah dengan suara gemericik air terjun yang sangat jernih, begitu menenangkan bagi siapa saja yang berkunjung ke sana. Tak hanya itu, pepohonan yang rindang membuat suasana objek wisata ini begitu asri dan segar. Air terjun Sekar Langit juga punya cerita yakni legenda Jaka Tarub yang sangat terkenal, sehingga wisatawan yang berkunjung ke sana tak hanya disuguhi pemandangan air terjun yang memesona namun juga melihat langsung tempat mandinya bidadari-bidadari langit seperti yang diceritakan pada legenda Jaka Tarub.

Jika Anda ke lokasi wisata air terjun Sekar Langit menggunakan roda dua, hanya dikenakan tarif Rp2.000,- saja untuk biaya parkir sedangkan untuk roda empat Rp3.000,- saja. Sangat murah untuk mengisi liburan bersama keluarga.

3. Air Terjun Seloprojo

Seloprojo

Air terjun Seloprojo (foto: blogspot.com)

Air terjun yang satu ini terletak di Deso Seloprojo, Kecamatan Grabag, Magelang. Berada di kaki Gunung Telomoyo yang mana Air Terjun Seloprojo juga dikenal sebagai air terjun Sumuran, pada bagian dasarnya terdapat dua kolam untuk menampung air serta lubang serupa dengan sumur yang terletak di ujung kolam yang berbentuk kepala singa. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 35 meter. Anda dapat menuju lokasi dari arah Salatiga maupun Magelang yang tentunya lebih dekat.

Air terjun Seloprogo menyajikan pemandangan alam yang eksotis, asri, dan alami. Rumah-rumah sederhana milik penduduk sekitar, aliran air irigasi di tepi jalan utama desa serta hamparan ladang, sawah, dan pemandangan pegunungan menjadi hiburan dalam perjalanan bagi wisatawan yang berkunjung ke sana. Untuk menuju lokasi, anda dapat melewati Pasar Grabag menuju arah Telomoyo yang mana terdapat petunjuk arah untuk sampai ke lokasi.

4. Curug Silawe

5562eadb0423bd45468b4567

Air terjun Curug Silawe (foto: kompasiana.com)

Adapun Curug Silawe yang menjadi salah satu rekomendasi Anda untuk berlibur. Lokasinya yang berada di kaki Gunung Sumbing, tepatnya di Dusun Kopeng Kulon ini memiliki akses jalan yang belum bisa dikatakan bagus, namun akan terbayar ketika sudah sampai lokasi. Anda akan disambut dengan keindahan Curug Silawe yang begitu memanjakan mata.

Curug Silawe memiliki ketinggian sekitar 50 meter, untuk sampai ke area air terjun pengunjung harus melewati medan yang cukup berat. Menyusuri jalan setapak dengan hamparan sawah yang luas serta bukit-bukit yang dipenuni pepohonan membuat rasa lelah tergantikan dengan kesegaran dan kekaguman atas ciptaan Tuhan yang begitu indah.

Untuk menuju lokasi, Anda dapat melakukan perjalanan melewati Jalan Raya Purworejo – Magelang yang tentunya lokasinya cukup tersembunyi sehingga sedikit sulit untuk menemukan lokasi curug ini.

*****

Itulah beberapa wisata air terjun yang berada di Magelang yang mana akan menjadi rekomendasi terbaik untuk Anda berlibur bersama keluarga, sahabat, maupun rekan kerja. Selain itu di kawasan Magelang juga terdapat beberapa hotel maupun jenis penginapan lainnya yang tentunya menjadi tempat yang nyaman untuk Anda bersama keluarga menikmati liburan dan beristirahat setelah mengelilingi beragam objek wisata.

Jika Anda berencana liburan di tanggal merah tentunya banyak penginapan yang penuh dengan pengunjung. Untuk lebih aman dan nyamannya, Anda dapat memesan kamar jauh-jauh hari melalui Traveloka, yang mana Traveloka melayani pembelian tiket pesawat secara online dan juga pemesanan kamar hotel maupun vila.

Selain wisata alam dan penginapan, mungkin Anda juga perlu mencoba beberapa wisata kuliner khas Magelang yaitu gethuk dan kupat tahu yang menjadi andalan penduduk Magelang. Biasanya, berbagai jenis gethuk dijual di pasar dekat alun-alun. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda membeli oleh-oleh khas Magelang usai menikmati pemandangan alamnya ataupun sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE