Variasi Makanan untuk Mencegah Dehidrasi

Kesibukan kadang membuat kita lupa untuk memenuhi asupan cairan dalam tubuh, padahal kandungan air dalam tubuh yang sehat adalah 60 persen dari total berat badan.

Di tengah aktivitas yang padat tubuh membutuhkan lebih banyak kandungan air agar seluruh organ-organ tubuh dapat berfungsi dengan normal. Selain itu kandungan kadar air yang ideal pada tubuh berfungsi membantu sistem pencernaan, menyaring kotoran dan racun, menjadi pelumas untuk pesendian, sebagai media transportasi nutrisi untuk sel-sel dalam tubuh, serta menjaga kulit agar tetap sehat. Kekurangan kadar air akan membuat seseorang mengalami dehidrasi.

Dehidrasi adalah gangguan kesehatan yang sering dianggap remeh oleh banyak orang, kondisi yang membuat tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapatkan sehingga keseimbangan gula dan garam pun ikut terganggu. Jika tidak ditangani dengan cepat dehidrasi bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang jauh lebih serius, misalnya penurunan konsentrasi hingga kehilangan kesadaran. Itulah sebabknya kita harus lebih cermat menghindari dehidrasi agar kondisi fisik senantiasa prima.

Jika berbicara tentang proteksi kesehatan, tentu kita akan mempercayakan pilihan asuransi di Futuready. Tinggal klik website https://www.futuready.com/ maka kita bebas memilih asuransi kesehatan dengan manfaat dan premi yang cocok dengan kebutuhan kita. Namun yang lebih utama adalah menjaga kesehatan diri dengan cara sederhana. Salah satunya dengan menyantap aneka makanan yang ampuh mencegah dehidrasi seperti berikut ini :

Tomat

Siapa sih yang tak kenal dengan buah yang satu ini. Tomat memang memiliki banyak kandungan air yang cocok untuk menangkal dehidrasi. Selain itu, tomat juga kaya vitamin C dan likopen yang baik bagi daya tahan tubuh. Menyantap tomat secara teratur akan membantu mencukupi kebutuhan gizi harian kita.

Beragam menu makanan bisa dikombinasikan dengan tomat, tak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tombat juga biasa digunakan untuk merawat kulit dan kecantikan, seperti mengencangkan pori-pori wajah, menghilangkan jerawat, mengatasi masalah kulit berminyak, serta melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Dan masih banyak lagi manfaat tomat yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan dan juga perawatan kulit.

Semangka

Buah semangka dingin paling enak disantap saat cuaca panas. Hal ini tak mengherankan sebab semangka memang kaya akan kandungan air. Bahkan semangka juga mengandung vitamin A, vitamin C, natrium, dan kalium yang bermanfaat untuk keseimbangan metabolisme tubuh. Semangka biasanya dikonsumsi sebagai menu pencuci mulut namun untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh pengolahan semangka yang dipadukan dengan buah lain tentu sangat disarankan.

Havermut

Pasti tak banyak orang yang menyangka kalau semangkuk havermut atau oatmeal sangat baik untuk mencegah dehidrasi. Faktanya, havermut memang mengandung banyak air. Karena tekstur havermut yang menyerupai spons mampu menyerap air dan susu saat dimasak. Kita tak akan mudah mengalami dehidrasi jika kerap menikmati seporsi havermut. Selain itu beragam manfaat terkandung dalam havermut salah satunya menguatkan sistem imun atau kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit khusus dalam kondisi peralihan cuaca.

Apel

Bila tubuh kita butuh asupan mineral dan air dalam jumlah banyak, buah apel adalah jawabannya. Sebuah apel berukuran sedang mengandung kadar air mencapai 110 ml. Sementara untuk kandungan mineralnya, kita bisa memperoleh zync, kalsium, magnesium, zat besi, dan potasium. Buah apel yang lezat, segar, dan praktis memang cocok disantap di berbagai kesempatan.

Timun

Timun juga menjadi salah satu buah yang paling banyak mengandung air di antara buah lainnya. Uniknya, timun juga dapat mendukung proses detoksifikasi tubuh. Sehingga sistem pencernaan akan terbebas dari racun dan zat berbahaya lainnya bila kita menyantap timun secara teratur. Selain untuk hidangan makanan, timun juga bisa diolah menjadi minuman. Khasiatnya pun tidak perlu diragukan lagi, selain mudah dalam pengolahan timun juga mampu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mengatasi dehidrasi.

*****

Di antara kelima makanan tersebut, manakah yang paling istimewa dan menggiurkan? Tentu pilihan tiap orang akan berbeda-beda namun yang pasti bahan makanan tersebut sangat mudah ditemukan bahkan ada yang selalu tersedia di dalam lemari pendingin di rumah. Kita bisa menyantapnya secara bergantian agar tidak mudah bosan dan tubuh pun mendapatkan manfaat gizi maksimal dari aneka bahan makanan tersebut.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE