Ubah Kuota Video Jadi Kuota Reguler Biar Tidak Mubazir

Pengguna internet dengan operator Telkomsel sering mendapatkan bonus kuota video yang lumayan banyak dibanding kuota utama dan tentu saja penggunaannya terbatas hanya untuk layanan video di aplikasi tertentu saja.

Sebagian pengguna internet Telkomsel mengeluhkan bonus kuota video tersebut yang kadang tak terpakai hingga masa berlaku kartu habis, saya sering mengalami hal tersebut bahkan kuota video semakin banyak saat saya memperpanjang paket internet atau mendaftar dengan paket lain yang hampir semuanya punya bonus kuota video.

Mungkin itu salah satu cara Telkomsel menarik perhatian pengguna selain memberikan kuota khusus chat dan kuota midnight sehingga kuota yang ditawarkan terlihat banyak namun dengan harga yang sebenarnya lumayan mahal dibanding operator lain. Namun kelebihan Telkomsel yang tak dimiliki oleh pesainnya adalah jangkauan dan ketangguhan sinyalnya yang tak perlu diragukan lagi, jadi memang wajar jika paket internet operator Merah ini termasuk yang mahal di antara operator lain.

Membiarkan bonus kuota video hangus begitu saja tentu sangat merugikan khususnya bagi pengguna yang punya budget internet pas-pas setiap bulannya, tentu lebih baik kuota video tersebut diubah menjadi kuota reguler atau kuota flash yang bisa digunakan 24 jam untuk browsing, main game online, nonton Youtube, atau eksis di semua aplikasi media sosial.

Di internet banyak tutorial baik dalam format teks atau video cara mengubah kuota video Telkomsel menjadi kuota reguler, namun kadang cara tersebut tak bisa berjalan dengan sukses. Saya sudah mencoba beberapa cara dan memang awalnya gagal, kuota utama tetap berkurang dan kuota video tak berubah sedikit pun.

Hingga akhirnya saya menemukan aplikasi bernama AnonyTun. Aplikasi VPN (Virtual Private Network) ini sudah sangat familiar dikalangan para pengguna internet gratisan atau pengguna yang ingin mengakses situs yang diblokir oleh operator.

Memang aplikasi sejenis yang menawarkan fungsi serupa sangat banyak bertebaran di dunia maya, saya juga pernah mencoba aplikasi KPN Tunnel, HTTP Injector, Psiphon, dan lain sebagainya namun semuanya gagal. Hanya AnonyTun yang berhasil saya gunakan untuk mengubah kuota video menjadi kuota reguler. Bagaimana caranya? Berikut ini ulasannya.

  1. Aplikasi AnonyTun sudah tersedia di Play Store untuk pengguna Android, versi yang tersedia gratis jadi banyak iklan yang sesekali muncul saat aplikasi dijalankan. Download di smartphone anda yang mendukung hampir semua versi Android. Namun sebaiknya gunakan Anonytun Pro yang selain bebas iklan juga memiliki akses yang cepat.
  2. Setelah itu, buka aplikasi AnonyTun untuk melakukan beberapa pengaturan.
  3. Klik “Stealth Setting” yang terletak di pojok kanan atas lalu scroll ke arah kanan untuk mengaktifkan Stealth Tunnel.
  4. Pada item Connection Protocol pilih “SSL”
  5. Lalu di bawahnya ada Connection Port isi angka “443”
  6. Kemudian pada bagian Connect Via Parent Proxy biarkan tetap off
  7. Sedangkan bagian Costum TCP/HTTP Headers scroll jadi on lalu klik “Edit Costum TCP/HTTP Headers” untuk melakukan pengaturan. Isi URL/Host dengan “play.supersoccer.tv”, Request Methode pilih “CONNECT”, Injection Methode pilih “Normal”, lalu pada Extra Header centang “Keep-Alive” kemudian klik Generate, lalu Save.
  8. Selanjutnya pada Advanced SSL Setting scroll ke arah kanan untuk on lalu klik “EDIT SSL SETTING” untuk melakukan pengaturan. Centang “True SSL dan Spoof Host” kemudian isi Spoof Host dengan “play.supersoccer.tv” dan Spoof Port “443” lalu ok. Kemudian Save.
  9. Setelah melakukan pengaturan di aplikasi AnonyTun hal yang paling penting adalah membuat APN (Acces Point Names) di pengaturan jaringan pada smartphone. Pilih tambah APNs (biasanya berlogo + di pojok kanan atas) pengaturan jaringan.
  10. Cukup isi nama : manishrm1 (kalau gagal bisa diganti dengan manishrm2 dan seterusnya) lalu APN isi dengan : manishrm1 kemudian save.
  11. Langkah terakhir klik “Connect” pada aplikasi AnonyTun lalu tunggu hingga tersambung dan muncul tanda kunci pada layar smartphone anda. Itu artinya aplikasi sudah berjalan dengan sukses.

*****

Penggunaan aplikasi AnonyTun bukannya tanpa kekurangan. Kecepatan akses internet yang lambat, tidak mendukung wifi tethering, dan baterai smartphone yang cepat terkuras jadi kelemahan aplikasi berlogo lonceng ini. Namun solusi yang ditawarkan AnonyTun untuk anda yang ingin berhemat dengan memanfaatkan kuota video menjadikan kelemahan tersebut bisa diterima daripada membiarkan kuota internet kita terbuang percuma? Selamat mencoba.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE