Trio MSN Cemerlang, Mimpi Treble Juve Melayang

judi-bola-final-liga-champions-2015

 Final Liga Champions musim 2014/2015 mempertemukan dua tim yang sama-sama mengincar tiga gelar juara dalam semusim, Barcelona ingin menjadi tim pertama yang meraih dua kali treble winners di kompetisi elit Eropa sedangkan Juventus ingin mengikuti jejak Inter sebagai tim Italy pertama yang lebih dulu merasakannya pada musim 2009/2010.

Kompetisi liga-liga Eropa resmi berakhir namun masih ada laga pamungkas bertajuk final Liga Champions yang mempertemukan jawara liga Spanyol, Barcelona dengan penguasa Serie A Italia Juventus. Kedua tim telah sama-sama mengoleksi dua trofi domestik sehingga siapapun yang menang di partai puncak kali ini akan menyandang satus sebagai tim peraih treble winners musim 2014/1015.

Stadion Olimpiade Berlin, Jerman menjadi saksi sejarah pertemuan Bercelona dan Juventus dalam final Uefa Champions League (UCL) yang berlangsung minggu (7/6/2015) dini hari. Barca menatap final dengan torehan yang mengesankan, sejak penyisihan grup Los Cules mengandaskan perlawanan para jawara liga-liga Eropa musim lalu. Ajax dan APOEL yang merupakan juara liga Belanda dan Siprus disingkirkan dengan skor agregat 5-1 dan 5-0, selanjutnya PSG yang merajai liga Perancis menemani Barca ke babak 16 besar.

Di babak 16 Besar, Blaugrana mematahkan perlawanan Manchester City yang menyandang status jawara Premier League setelah menang agregat 3-1. Berlanjut ke perempat final, Messi dkk mengeliminasi PSG dengan meraih kemenangan kandang dan tandang dengan skor 1-3 dan 0-2. Langkah Barca makin tak terbendung setelah mendepak sang juara liga Jerman, Bayern Munich dengan menang agregat 5-3 di semifinal.

Sedangkan Juventus yang tak diunggulkan sebagai finalis Liga Chmpions musim ini mampu membuktikan bahwa mereka layak tampil di liga paling bergengsi di Eropa. Lolos dari penyisihan grup sebagai runner-up menemani Atletico Madrid, penampilan Tevez dkk mulai membaik di babak 16 besar dengan menyingkirkan Borussia Dortmund dengan dua kali kemenangan 2-1 dan 3-0. Di perempat final giliran AS Monaco yang jadi korban meski dengan agregat tipis 1-0, berlanjut di semifinal tim tangguh sekelas Real Madrid dibuat tak berkutik dengan menang 2-1 di laga kandang lalu imbang 1-1 di Santiago Bernabeu.

*****

Sejak peluit kick off babak pertama berbunyi, Barca langsung menggebrak pertahanan Juventus dengan umpan-umpan pendek ciri khas mereka. Hasilnya di menit keempat, Ivan Rakitic sudah menjebol gawang Gianluigi Buffon dan skor 1-0 bertahan hingga akhir babak pertama. Selepas turun minum, permainan Juventus tampil lebih ofensif hasilnya pun terlihat di menit 55 gol Alvaro Morata mengubah papan skor menjadi imbang 1-1 memunculkan asa treble Juve kembali mencuat.

Namun gol Suarez yang memanfaatkan bola reboud hasil sepakan Lionel Messi di menit 68 membuat asa treble Juve kembali meredup, hingga akhirnya gol Neymar di masa injury time membuat harapan skuat Hitam Putih untuk merengkuh treble pertama benar-benar tertutup. Absennya Giorgio Chiellini membuat lini belakang Juventus kurang solid menahan gempuran trio Barcelona MSN (Messi, Suarez, dan Neymar), terbukti dengan leluasanya trisula Blaugrana mengobrak-abrik pertahanan Juventus yang digalang Andrea Barzagli dan Leonardo Bonucci.

2015-06-06_JUVE_-_FCB_017-Optimized.v1433627772

The Winner of UEFA Champions League

Skor akhir 1-3 untuk kemenangan Azulgrana membuat tim asal Catalan menjadi tim Eropa pertama yang merasakan dua kali treble winners, setelah musim 2008/2009 Messi dkk juga sukses merengkuh tiga gelar juara bersama Josep Guardiola. Performa apik Barcelona tak lepas dari peran trio maut mereka, Messi, Suarez, dan Neymar. Musim ini ketiga pemain tersebut telah menyumbang 122 gol, Lionel Messi berada diurutan pertama dengan torehan 58 gol dan 27 assist sedangkan Neymar di urutan kedua dengan 39 gol serta delapan assist, sedangkan Luis Suarez di musim debutnya yang gemilang ikut menyumbang 25 gol dan 21 assist membuatnya jadi pemain asal Uruguay pertama yang meraih treble bersama Barcelona.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE