Trik Terhindar Dari Penipuan Saat Belanja Online

Belanja online kini sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian orang, tingginya minat pengguna internet yang gemar berbelanja online kadang dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu untuk melakukan penipuan.

Menurut survey yang dihimpun statista.com Indonesia berada diurutan kelima setelah China, Korea Selatan, Inggris, dan Jerman sebagai negara dengan tingkat penetrasi belanja online tertinggi pada kuartal kedua tahun 2017. Pengguna internet tanah air yang gemar belanja online mencapai 79 persen dari jumlah populasi penduduk Indonesia, angka tersebut masih lebih tinggi dibanding Amerika Serikat dan India yakni 77 persen dari keseluruhan jumlah penduduknya yang sering membeli produk secara online.

Dari hasil riset tersebut dapat digambarkan bahwa aktivitas belanja online kini sudah menjadi kegiatan yang lumrah, bukan lagi sesuatu hal yang mewah atau menunjukkan sisi hedonis bagi masyarakat Indonesia. Bahkan belanja online sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan bagi pengguna internet yang menawarkan banyak kemudahan, seperti kemudahan memilih barang hanya dengan browsing di beberapa toko online atau marketplace. Jaminan keamanan saat bertransaksi hingga potongan harga yang jarang ditemukan pada toko konvensional.

Namun segala kemudahan saat belanja online kadang dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu dengan melakukan tindak penipuan, beragam modus penipuan pun banyak menimpa pengguna yang gemar belanja online dan tentu saja sangat merugikan. Bagaimana menghindari tindak penipuan saat belanja online? Berikut ini trik-trik yang harus dilakukan.

Cek Review dan Testimoni yang Asli

Setiap produk online atau toko online hampir semuanya menyediakan kolom ulasan atau review produk bagi konsumen yang telah membeli produk di toko mereka. Isinya pun pasti beragam, mulai dari pelayanan, ketepatan pengiriman, hingga kualitas produk setelah digunakan. Namun sayangnya tak semua online store menunjukkan testimoni dan review yang jujur, konsumen harus jeli membedakan mana testimoni asli dan mana yang palsu.

Testimoni palsu biasanya berisikan kalimat-kalimat positif mengenai online store yang seakan dibuat-buat untuk meyakinkan konsumen bahwa toko online mereka memang terpercaya dan berkualitas. Tak hanya itu di beberapa toko online dan marketplace menggunakan jasa buzzer untuk membuat review produk ataupun online store secara keseluruhan.

Agar terhindar dari penipuan, sebaiknya cari beberapa testimoni atau review yang benar-benar objektif. Toko online atau marketplace yang terpercaya dan berkualitas tak mungkin semuanya berisi komentar-komentar positif, pasti ada beberapa yang negatif. Jadi sebaiknya anda lebih bijak saat memilih toko online atau marketplace di internet.

Track Record

Trik selanjutnya agar terhindar dari penipuan saat belanja online, sebaiknya cari toko online yang punya track record bagus yang bisa dilihat dari berapa lama toko online tersebut beroperasi. Umur merupakan salah satu indikator untuk menunjukkan track record sebuah toko online, semakin lama umur toko online maka semakin banyak konsumen yang dimilikinya dan percaya dengan kualitas toko online tersebut.

Anda akan dengan mudah menemukan review-review konsumen di toko online itu meski tak selamanya toko online yang berumur tua lebih terpercaya daripada toko online yang berumur muda. Tak sedikit toko online baru yang langsung dipercaya oleh konsumen karena layanan dan produk-produk yang ditawarkan memang berkualitas.

Cek Situs atau Akun Media Sosial

Mengecek situs atau akun media sosial sebuah toko online bisa menjadi langkah tepat agar terhindar dari penipuan, sebaiknya anda cek lebih detail alamat situs atau keaslian akun media sosial dari toko online yang bersangkutan. Toko online profesional pasti memiliki situs atau akun media sosial untuk mempromosikan produk mereka, desain situs toko online yang profesional berisikan elemen-elemen fundamental layaknya online shopping  seperti size chart, shopping chart, spesifikasi produk, dan lain-lain.

Sedangkan untuk akun media sosial, baik itu Instagram, Twitter, atau Facebook coba cek apakah online store tersebut memberikan informasi toko yang jelas dan menunjukkan foto-foto produk yang lengkap. Online store yang berkualitas dan trusted biasanya menyediakan akun khusus untuk katalog produk. Jangan pula terpaku dengan jumlah followers pada sebuah toko online karena yang terpenting adalah sistem kerjanya apakah profesional atau tidak.

Jangan Tergiur Harga Murah

Konsumen mana yang tak tergiur dengan harga murah, potongan harga pada sebuah produk memang selalu menggoda para konsumen dan jadi tujuan akhir saat belanja online. Tak mengherankan  jika sebagian besar orang memiliki sense of fashion yang sangat buruk, orang seperti itu lebih memilih produk berharga murah meskipun dengan kualitas yang rendah.

Banyak modus penipuan yang menawarkan harga produk sangat murah, bahkan jauh dari harga yang ada di pasaran. Anda harus cerdas saat ingin membeli sebuah produk tertentu yang dibanderol dengan harga yang tak wajar, di beberapa online store banyak produk-produk tiruan yang dijual dengan label “original”. Jadi sebaiknya teliti sebelum membeli.

Jika anda ingin membeli produk yang berkualitas namun dengan harga yang lebih murah maka manfaatkanlah voucher Blibli. Blibli merupakan marketplace yang sangat trusted, jadi anda tak perlu khawatir mengenai kualitas produk-produknya. Untuk mendapatkan voucher Blibli 2017, pastikan anda terus berbelanja lewat marketplace satu ini.

Simpan Data-data Transaksi

Terkadang, tindakan penipuan memang tak bisa dihindari. Jadi untuk mencegahnya sehingga anda tidak mengalami kerugian, sebaiknya anda simpan data-data transaksi seperti bukti transfer, nomor resi, screenshoot percakapan chatting, dan lain-lain. Jadi ketika ada penipuan, anda bisa menjadikan data-data transaksi tersebut sebagai bukti bahwa anda memang telah ditipu.

*****

Belanja online memang sangat menyenangkan namun sekaligus sangat berisiko. Jika anda tak waspada dan berhati-hati, maka uang anda bisa saja raib karena produk yang anda beli lewat toko online tidak juga sampai di rumah. Pastikan anda selalu waspada dan jangan malas-malas untuk mengunjungi beberapa toko online untuk mengetahui produk-produk dan juga layanannya. Selamat berbelanja!

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE