Tren Smartphone Tahun 2016

Spesifikasi-Samsung-Galaxy-S7-Premium-Edition-Ponsel-dengan-Layar-4K

Desain, fitur, dan spesifikasi smartphone kian hari mengalami perkembangan yang pesat. Setiap saat pengguna ponsel akan dihadapkan pada revolusi perangkat nirkabel yang semakin mengagumkan.

Seperti itulah siklus teknologi yang selalu mencari sesuatu yang baru kemudian dikembangkan menjadi sebuah solusi bagi kebutuhan hidup manusia. Perkembangan perangkat telekomunikasi nirkabel seakan tak pernah berhenti berevolusi, dari yang hanya ponsel biasa dengan fitur ala kadarnya hingga ponsel dengan beragam fungsi layaknya PC dan laptop berwujud smartphone, phablet, hingga tablet.

Semua demi memuaskan dahaga pengguna akan kecanggihan teknologi, memenuhi keinginan pemakainya yang menjadikan smartphone sebagai gaya hidup, hingga menyokong pemiliknya yang menyejajarkan sebuah smartphone dengan kebutuhan primer yang harus dipenuhi.

Memasuki tahun 2016 geliat industri smartphone semakin bergairah, pengguna ponsel kini semakin cerdas memilih mana handset yang berkualitas mana handset yang lawas. Tren smartphone yang beredar di pasar pun berkembang mengikuti keinginan penggunanya, akan seperti apa tren smartphone di tahun 2016 ini? berikut ulasannya.

Bodi Material Logam/Metal

gresso-regal-r1_1Bisa dikatakan Apple dengan iPhonenya merupakan pionir vendor ponsel pintar yang menggunahan bahan metal pada setiap produk yang diluncurkannya. Iphone memang dibuat untuk menyasar pengguna kelas atas yang menginginkan smartphone tak hanya digunakan sebagai perangkat telekomunikasi, namun bisa menambah value seseorang. Dengan bodi berbalut material logam semakin menegaskan kesan kuat, mewah, dan elegan pada sebuah smartphone.

Kesuksesan Apple dengan iPhonenya coba ditiru oleh para kompetitor, bedanya mereka membuat smartphone berbahan metal namun dengan harga yang terjangkau. Desain mewah iPhone memang harus ditebus dengan banderol harga selangit, sejak rilis pertama kali tahun 2007 Apple memasang harga USD 500. Cukup wah untuk sebuah smartphone dengan fitur biasa saja kala itu.

Seiring kecanggihan teknologi, vendor smartphone seperti Samsung, LG, Sony, HTC dan vendor merek global lainnya mulai bisa mengimbangi kekuatan Apple dengan iPhonenya. Mereka mulai rajin merilis smartphone dengan material logam, bahkan vendor lokal yang dulu hanya menjadi pemanis di industri ponsel kini mulai unjuk kekuatan.

OPPO, ZTE, Huawei, Lenovo, Xiaomi merupakan beberapa vendor lokal yang mampu melahirkan smartphone berbahan magnesium allumunium alloy atau biasa disebut metal yang membuat perangkat terlihat lebih mewah dan elegan namun tak menguras isi dompet terlalu dalam.

Tren smartphone berbahan metal akan semakin marak di tahun 2016 ini, terlebih lagi pengguna menjadikan smartphone sebagai penunjang penampilan dan pergaulan. Produsen smartphone yang tahun ini menelurkan produk-produk terbaru tentu masih menganggap jika penggunaan bahan metal merupakan daya tarik tersendiri untuk meningkatkan penjualan.

Kapasitas RAM 4 GB

ram-4gbKapasitas RAM yang besar menjamin kinerja smartphone ketika menjalankan beragam perintah hasil terjemahan prosesor jadi lebih lancar. Sejak ASUS merilis Zenfone 2 pada April 2015 dengan RAM 4 GB banyak pengguna smartphone tertegun, smartphone dengan RAM 2G saja masih terhitung langka di pasaran, kalaupun ada pengguna harus menebusnya dengan harga tinggi.

ASUS Zenfone 2 saat itu menjadi pembuka jalan bagi produsen smartphone lain untuk menghadirkan spesifikasi andal pada sebuah perangkat telepon genggam. RAM yang lega membuat akselerasi ponsel ketika menjalankan beragam fitur dan aplikasi baik secara sendiri-sediri ataupun simultan menjadi gesit, lancar, minim lag, dan pengguna bisa lebih memaksimalkan fungsi smartphone secara keseluruhan.

Untuk smartphone dengan kapasitas RAM 4 GB jumlahnya masih minim di tahun 2015, pengguna masih menikmati smartphone dengan besaran RAM 2 GB hingga 3 GB yang dianggap sudah cukup memenuhi kebutuhan akan performa smartphone yang mumpuni dan stabil. Namun seiring perkembangan aplikasi, game, dan fitur-fitur mutakhir yang membutuhkan ruang RAM yang lebih lega, besaran RAM 4GB akan menjadi kapasitas standar smartphone yang lahir di tahun 2016.

Kamera Depan Ganda

88lenovo vibe s1 2Fitur kamera pada sebuah smartphone kini menjadi spesifikasi penting yang wajib ada, hasil gambarnya pun semakin meningkat bahkan hampir menyamai kualitas kamera digital ataupun kamera profesional. Untuk kamera belakang yang menjadi prioritas ketika mengabadikan moment berharga, tentu menjadi wajar jika resolusi yang tersemat di dalamnya harus lebih baik dari kamera depan.

Sejak aktivitas selfie populer di kalangan pengguna smartphone dan pihak pabrikan berlomba-lomba meluncurkan smartphone dengan fitur kamera depan sebagus kamera belakang, membuat pengguna tak lagi mengandalkan kamera belakang sebagai kamera utama. Untuk saat ini resolusi 13 megapixel menjadi standar ukuran kamera depan paling tinggi, memang kualitas gambar yang dihasilkan cukup jernih dan tajam.

Namun inovasi di sisi kamera terus berjalan, vendor ponsel yang tak puas dengan satu kamera meski beresolusi besar kini memikirkan penambahan satu unit lagi untuk kamera depan. Kombinasi dua kamera depan diharapkan mampu menghasilkan gambar yang lebih baik lagi terutama untuk menunjang aktivitas selfie maupun wefie.

Tercatat baru vendor asal Tiongkok dengan smartphone Lenovo VIBE S1 yang memiliki kamera ganda, gaungnya memang kurang terdengar mengingat ini merupakan teknologi baru dan perlu edukasi yang masif agar dikenal luas oleh pengguna. Mungkin di tahun 2016 ini perpaduan resolusi besar pada dua unit kamera depan bisa lebih maksimal dan hadirkan beragam kreasi untuk berfoto selfie.

Baterai Kapasitas Jumbo

Power-Bank-Terbaik-Kapasitas-Besar-Paling-Banyak-Diburu-450x244Apalah arti smartphone canggih jika tak diimbangi asupan tenaga yang mumpuni. fitur dan spesifikasi smartphone yang terus berkembang membuat kebutuhan akan daya juga semakin meningkat, penggunaan yang intens khususnya pada fitur-fitur yang memakan banyak sumber tenaga membuat pengguna kadang memilih gadget lain semisal powerbank untuk mem-backup supply power pada sebuah smartphone.

Di tahun 2015 hadir beberapa smartphone yang dipersenjatai baterai dengan kapasitas besar, salah satunya ASUS Zenfone Max yang memiliki baterai sebesar 5000 mAH. Dengan kapasitas baterai sebesar itu pengguna tak lagi direpotkan dengan powerbank atau menenteng kabel charger ke mana-mana.

Bermain game, menonton film, mendengarkan lagu dalam jangka waktu yang lama tak lagi masalah jika ditopang dengan kapasitas baterai yang besar, tahun 2016 ini diyakini akan semakin banyak smartphone dengan kapasitas baterai jumbo. Selain untuk memanjakan pengguna yang mobile dengan segala rutinitasnya yang tak bisa lepas dari smartphone, baterai kapasitar raksasa membuat pengguna lebih puas memanfaatkan segala fitur yang tersemat pada smartphone tersebut.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE