Tips Merawat Laptop

P_20160901_101659

my laptop

Memiliki barang kesayangan yang berfungsi dengan baik dan tetap terawat dalam jangka waktu lama tentu menjadi dambaan setiap orang, namun tak semua orang mampu melakukannya. Merawat laptop misalnya.

Khususnya barang elektronik yang memiliki masa ekonomis dan masa pakai perangkat baik hardware maupun software yang terbatas, jika tak diberi perhatian lebih dalam hal perawatan tentu akan berdampak pada tugas dan fungsinya yang semakin menurun. Seperti laptop misalnya, perangkat yang memiliki tingkat sensivitas tinggi terhadap keadaan sekitar, tingkat kinerja yang dijalankan, dan karakteristik penggunanya.

Saya termasuk orang yang pemahamannya tentang laptop masih kurang, saat pertama kali ingin membeli laptop yang sesuai dengan kebutuhan saya harus mengajak adik sepupu yang memang banyak tahu tentang laptop. Namun dalam hal perawatan, orang awam seperti saya pun bisa melakukannya meski dalam hal-hal tertentu saya masih butuh bantuan orang lain yang ahli di bidang komputer.

Merawat laptop sebenarnya mudah, kita hanya perlu sedikit tahu tentang apa saja yang penting dari sebuah laptop. Seperti jumlah memory internal yang tersisa agar performa laptop tetap stabil jika diajak kerja berat atau ringan, tidak sembarangan menginstal program atau aplikasi yang tidak sesuai spesifikasi pada sebuah laptop, dan sebisa mungkin menghindari laptop dari benturan dan guncangan mengingat perangkat yang ada di dalam laptop sangat rentan rusak.

Saya ingin berbagi pengalaman cara merawat laptop karena dengan parawatan yang benar selain bisa memperpanjang usia pakai laptop seperti laptop saya yang kini memasuki tahun ketujuh, juga bisa menghemat tabungan meski gempuran perangkat elektronik yang lebih canggih semakin gencar, toh selama apa yang kita miliki masih bisa digunakan dan berjalan normal tentu lebih baik berhemat.

Jauhi Program/Aplikasi Bajakan

Untuk pecinta game tentu membeli game bajakan merupakan solusi untuk merasakan game-game yang lagi populer namun dengan mengeluarkan biaya yang minim, namun dibalik itu tersimpan dampak jangka panjang yang bisa mempengaruhi performa laptop khususnya pada elemen CD drives. Pemutar CD atau CD-ROM akan bekerja ekstra untuk membaca piringan CD game atau program bajakan, hal tersebut akan memangkas usia CD drives sehingga lama kelamaan elemen tersebut tak bisa lagi membaca piringan CD baik itu format VCD, DVD, ataupun CD-RW.

Dari segi kinerja, penggunaan program atau aplikasi bajakan memang tak terlalu nampak bahkan sekilas sulit dibedakan selama spesifikasi laptop mendukung untuk menjalankan program atau aplikasi tersebut, namun sebaiknya jauhi hal-hal yang berbau bajakan cobalah untuk menghargai hasil karya orang lain dengan menggunakan produk-produk original.

Pasang Screen Dan Keyboard Protector

Untuk melindungi layar dari baret atau goresan sebaiknya pasang screen protector, penggunaan pelindung layar juga memudahkan ketika ingin membersihkan layar dengan kain tanpa perlu takut layar tergores dan lecet. Sedangkan pengggunaan keyboard protector mampu menjaga fungsi tombol laptop yang bisa saja terganggu akibat debu atau tumpahan air, gunakanlah pelindung keyboard yang memiliki sensivitas tinggi agar kegiatan mengetik tetap nyaman.

Melakukan Maintenance

Hal yang lumrah jika tiba-tiba kinerja laptop melambat, muncul panas yang berlebih, dan bahkan tiba-tiba mati mendadak. Hal tersebut disebabkan oleh perangkat keras yang menjadi sumber tenaga laptop butuh perhatian lebih, pengisian daya ulang yang terus menerus akan mengurangi usia baterai. Jika pengisian daya sudah mencapai 100 persen sebaiknya lepaskan charger dari sumber listrik.

Membersihkan komponen hardware laptop seperti kipas, saluran udara, dan socket juga penting khususnya dari debu, maka dari itu penggunaan screen dan keyboard protector mampu meminimalisir perangkat keras dari hamparan debu.

Sedangkan untuk maintenance software bisa dilakukan dengan disk defragment agar file-file yang berserakan lebih tertata dengan rapi, lalu bersihkan recycle bin secara berkala selain untuk menghemat memory mengosongkan recycle bin juga bertujuan untuk menjaga performa laptop agar tidak lemot. Selanjutnya melakukan update sistem operasi, perkembangan teknologi membawa banyak kemudahan dan penyempurnaan dari model sebelumnya.

Melakukan update OS sangat penting untuk menjaga kinerja laptop agar tetap optimal, menggunakan sistem operasi terbaru tentu akan menambal kekurangan di OS sebelumnya, namun tak semua laptop mampu menjalankan sistem operasi terbaru ada kriteria khusus yang harus dimiliki sebuah laptop agar bisa menggunakan OS terbaru. Tapi jika memenuhi syarat sebaiknya lakukan update OS untuk memaksimalkan kinerja sebuah laptop.

*****

Tips di atas merupakan cara sederhana merawat laptop agar performa dan tampilannya tatap awet dalam waktu lama, saya sudah mencoba dan terbukti meski pengetahuan saya tentang laptop masih minim tak menyurutkan niat saya untuk merawat perangkat yang telah menemani segala kegiatan saya selama hampir tujuh tahun. Di luar sana sudah banyak beredar laptop yang lebih canggih dengan spesifikasi tingkat tinggi, namun memiliki laptop jadul dengan performa yang tetap mumpuni menjadi sebuah kebanggan tersendiri.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE