Tips Memilih Lensa Kamera Murah

Perkembangan teknologi pengabadi foto atau video seperti kamera profesional semakin pesat, kecanggihan fitur dan spesifikasi sebuah kamera seolah menjadi garansi untuk menghasilkan foto atau video yang berkualitas dan sesuai dengan harapan penggunanya. Namun kadang untuk menghasilkan gambar yang sedap dipandang dibutuhkan kelengkapan kamera yang bagus pula, salah satunya lensa yang kadang harus ditebus dengan harga yang tak murah.

Memilih lensa kamera yang terbaik namun dengan harga yang terjangkau memang susah-susah gampang, karena pada dasarnya lensa termasuk kelengkapan pendukung sebuah kamera yang terbilang mahal, bahkan bisa lebih mahal dari harga kamera itu sendiri. Tapi ternyata dengan beberapa tips sederhana, kita bisa mendapatkan lensa kamera yang murah dan sesuai budget kita. Bagaimana caranya?

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum anda memutuskan untuk membeli lensa kamera.

Perhitungkan Budget

Sebelum membeli sebuah lensa kamera, sebaiknya ketahui dulu dan hitung budget anda. Dengan mengetahui anggaran budget, maka anda dapat menetapkan batasan rentang harga lensa yang mampu anda beli dan yang sepatutnya anda sisihkan dari daftar belanja anda karena harganya di luar kemampuan. Namun jika anda adalah pehobi, mungkin budget yang dianggarkan berbeda dengan fotografer professional yang memang mengalokasikan dana khusus untuk belanja lensa kamera.

Faktor Kebutuhan

Tips kali ini anda perlu membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Saat melihat dan tertarik pada salah satu lensa maka pikirkan baik-baik apakah anda memang membutuhkan lensa itu atau hanya keinginan semata. Pikirkan juga apakah lensa itu akan berguna terus atau hanya untuk kebutuhan mendadak saja, jika anda tidak terlalu membutuhkan atau masih dalam batas keinginan lebih baik tundalah niat untuk membeli lensa tersebut.

Tentukan Jenis Lensa

Sebelum memutuskan untuk membeli lensa sebaiknya ketahui dulu jenis lensa kamera anda, ada dua jenis kamera yang dapat dilihat berdasarkan ukuran sensornya, yaitu full frame dan APSC. Dengan adanya dua jenis lensa tersebut maka tentu saja lensa pun mengikuti ukuran sensor kameranya.

Lensa untuk full frame memiliki ukuran bulatan lensa yang lebih besar supaya bisa meng-cover ukuran sensor kameranya. Nah, sebaliknya lensa untuk APSC lebih kecil dari lensa full frame karena sensor APSC lebih kecil daripada full frame.

Dan dari segi harga, lensa kamera murah dipegang oleh APSC dibanding full frame karena ukurannya lebih kecil. Untuk itu, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu jenis kamera apa yang anda miliki. Apakah full frame atau APSC? Karena jika lensanya tidak sesuai, otomatis lensa tidak maksimal fungsinya atau mungkin saja tidak dapat Anda pergunakan.

Memilih Lensa Pabrikan atau Third Party

Dari segi harga, tentu saja berbeda antara lensa Canon (pabrikan) atau Tamron (third party). Mengapa begitu? Karena kualitas dan material dari lensa third party tidak sama dengan lensa pabrikan yang mutunya dijaga ketat. So, mau pilih yang mana? Semua pilihan ada di tangan Anda.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE