Tips Memancing Ide

Image by franchiselaundry.com

Ide ibarat pondasi dalam sebuah tulisan, ide juga bisa merupakan bahan bakar bagi penulis agar tulisannya tidak macet di tengah jalan dan tetap konsisten melahirkan karya-karya yang digemari oleh pembaca. Tulisan seperti apa sih yang disukai banyak orang? jawabannya pasti bermacam-macam tergantung dari minat dan kesenangan setiap orang terhadap suatu bacaan, ada yang gemar membaca cerpen, novel, artikel motivasi, puisi dan masih banyak lagi. Namun semua tulisan itu berasal dari sebuah ide yang dikemas sedemikian rupa sehingga melahirkan beragam hasil karya yang tentunya menarik untuk dibaca, tanpa ide yang kuat seorang penulis atau siapa saja yang bergelut di dunia tulis menulis akan sulit membuat tulisan yang memikat namun tanpa ide sekalipun seseorang bisa tetap menulis. 

Seperti yang dikatakan oleh penulis terkenal dari luar negeri (saya lupa namanya, hehe) “Tetaplah menulis meskipun kau tak punya ide untuk menulis” emang bisa? jawabannya, bisa. Tulis saja apa yang sedang kamu pikirkan, apa yang mengusik hati dan perasaan itu merupakan ide yang bisa dijadikan tulisan. Banyak kok penulis-penulis terkenal yang berangkat dari kegalauan hatinya, kisah pengalaman hidupnya bahkan mimpi-mimpi dalam tidurnya yang ia tuangkan dalam tulisan kemudian digemari banyak orang. Jangan biarkan semangat menulis yang menggebu-gebu kemudian membiarkannya meredup bahkan hilang karena tidak ada ide yang tersangkut di kepala. Sudah menjadi hal yang wajar bagi seorang penulis atau anda yang hobi menulis mengalami yang namanya writer’s block. Apaan tuh writer’s block

Writer’s block itu sejenis camilan, loh? hehe. Istilah bagi penulis entah itu penulis profesional atau penulis pemula yang mengalami saat-saat di mana ide susah banget muncul, mau dicari di manapun si ide tidak ketemu-ketemu. Padalah kalau kita sedikit peka, ide itu banyak bertebaran di sekitar kita cuma butuh sedikit trik untuk menangkap dan mengolahnya menjadi sebuah tulisan yang menarik. Saya coba memberikan beberapa tips cara memancing ide ketika mengalami writer’s block.

1. Selalu bahagia.
Percayalah, ide rajin menghampiri mereka yang bahagia. Meski tidak jarang saat kita sedih pun ide sering mondar-mandir dan minta ditangkap, namun porsi ide saat bahagia jauh lebih besar dibanding saat kita sedang sedih karena dengan perasaan bahagia, seseorang akan lebih nyaman menulis ide-ide yang menggeliat dan membayang dalam pikiran. Misalnya, ketika sedang jatuh cinta.

2. Ide harus di cari.
Segala sesuatu tidak ada yang tiba-tiba jatuh dari langit, ide pun demikian. Perlu usaha untuk mencarinya di mana pun anda berada dan ke mana pun anda pergi, melakukan perjalanan ke tempat-tempat bersejarah atau taman hiburan bisa dijadikan ide tulisan. Sekarang eranya internet, browsing ke situs-situs yang menarik minat anda, blogwalking ke blog-blog teman atau mencari tahu informasi yang lagi tren di media sosial adalah usaha untuk menemukan ide.

3. Sering-seringlah menghayal
Banyak orang mengatakan kalau menghayal adalah pekerjaan buat orang yang tidak ada kerjaan. Iya sih, kalau menghayalnya yang eheem, eheem. Coba anda berandai-andai “bagaimana kalau Romeo & Juliet matinya bukan karena racun tapi karena es krim” atau “bagaimana jika Cinderella bukan sepatunya yang tertinggal tapi handphone” masih banyak ide-ide yang bisa lahir dari menghayal.

4. Gabung dengan banyak komunitas
Di setiap daerah tentu banyak komunitas-komunitas menulis, bergabunglah ke komunitas tersebut untuk mengasah kemampuan menulis anda agar lebih tajam, komunitas itu sering mengadakan kegiatan yang berhubungan dengan minat anggotanya. Anda bisa mendapat ide dari agenda kegiatan komunitas yang anda ikuti kemudian mereview-nya atau sharing dengan orang-orang yang terlibat dalam komunitas untuk memperdalam hobi anda.

5. Banyak membaca dan tukar pikiran.
Rajin membaca merupakan kewajiban bagi setiap penulis atau siapa saja yang hobi menulis. Ide kadang lahir dari apa yang kita baca, baca apa saja untuk memperkaya kosa kata, untuk menambah pengetahuan tentang metode penulisan atau untuk mengenal jenis-jenis tulisan. Selain itu, bertukar pikiran dengan orang lain juga bisa menumbuhkan segudang ide. Pendapat, saran dan kritik orang lain tentang sesuatu hal bisa dijadikan ide tulisan.

Demikianlah beberapa tips cara memancing ide jika mengalami writer’s block masa di mana seseorang merasa kehabisan ide untuk menulis, tidak mempunyai bahan atau materi yang bisa dijadikan tulisan. Menemukan ide saat writer’s block itu gampang-gampang susah (gampangnya dua kali) jadi tidak ada alasan bagi yang hobi menulis untuk berlama-lama kehilangan ide menulis. Salam blogger!

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE