Tips Liburan Ke Pantai

Pantai Botutonuo

“Libur telah tiba.. Libur telah tiba.. Horee, horee..” begitu kata Tasya, mantan penyanyi cilik yang kini sudah beranjak remaja. Banyak tempat-tempat wisata yang bisa anda kunjungi untuk mengisi waktu liburan, misalnya pergi ke pantai. Salah satunya pantai Botutonuo, pantai yang terletak tak jauh dari kota Gorontalo hanya 30 menit perjalanan dengan naik motor kecepatan 40 km/jam, belum termasuk mampir makan atau ngantri di SPBU. Jalan menuju pantai itu sudah diaspal mulus namun sedikit berkelok memutari gunung dan agak sempit hanya muat dua jalur mobil berukuran sedang, disarankan bagi anda yang masih dalam taraf kursus naik motor atau mobil sebaiknya didampingi oleh orang yang sudah memiliki sim C  atau A (asli) bukan sim “tembak” atau memesan di calo tanpa melalui prosedur yang resmi.

Foto: diperankan model, hihi

Sebelum pergi ke pantai tentu banyak yang harus dipersiapkan, jika anda pergi bersama keluarga mungkin hanya butuh sedikit persiapan tapi jika anda mengajak warga satu RT atau satu kampung berlibur ke pantai tentu butuh banyak waktu untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Berikut ada lima tips agar liburan anda di pantai menjadi lebih indah dan berkesan.

1. Membawa salin
Pergi ke pantai tanpa salin atau pakaian ganti sama seperti pergi ke medan perang tanpa membawa senjata. loh? ya iyalah. Pakaian basah yang dipakai secara terus menerus bisa mengundang berbagai macam hiasan kulit yang tidak diinginkan, misalnya panu, kadas, kurap dan lain sebagainya. Anda bisa juga membawa baju renang khusus (bikini) kalau tingkat ke-PD-an anda melebihi standar orang biasa. Sebaiknya bawa baju ganti dengan model yang berbeda, kalau model bajunya sama nanti dikira anda tidak ganti baju.

2. Membawa bekal
Jika ke pantai saat pagi hari, sebaiknya sarapan dulu sebelum berangkat atau membawa bekal dari rumah. Selain untuk menghindari perut kembung dan masuk angin, sarapan atau membawa bekal bisa juga menekan biaya konsumsi mengingat harga makanan di tempat wisata sudah pasti dua kali lipat dibanding dengan harga resmi yang ditetapkan oleh PPMI (Persatua Penjual Makanan Indonesia) *asalbanget*. Jika Anda ke pantai siang hari dan cuaca sedang panas terik, sebaiknya jangan berenang kecuali jika anda sudah bosan dengan warna kulit anda dan ingin ganti warna kulit secara instan dan gratis. Sebaiknya anda pergi ke pantai pada saat sore hari, selain karena sinar matahari sudah mulai bersahabat, anda juga bisa sekaligus mandi sore (tips bagi anda yang jarang mandi sore).

3. Membawa kamera
Bagi anda yang hobi fotografer atau suka nampang di depan kamera (selfie) tentu tidak boleh melupakan alat pengabadi gambar alias kamera, bisa kamera digital, kamera hape dan lebih bagus kalau anda memakai kamera DSLR guna menghasilkan kualitas gambar yang nyata dan tajam seperti aslinya. Anda akan sangat rugi jika pantai yang anda kunjungi memiliki panorama yang indah, pasir putih yang aduhai dan pemandangan bawah laut yang memanjakan mata tapi anda tidak mengabadikannya menjadi kenang-kenangan dalam bentuk gambar, itu sama seperti ketika anda pergi ke acara kawinan tapi tidak nyicipin makanan yang enak-enak di acara itu, pasti anda nyesel banget.

4. Gunakan ban
Khusus bagi anda yang belum mahir berenang, disarankan untuk menggunakan ban. Ingat, ban yang digunakan adalah ban dalam mobil, bukan ban dalam motor apalagi ban luar motor atau mobil. Perhatikan tekstur pantai yang anda kunjungi, apakah pantai itu dasarnya pasir atau batu karang yang tajam. Jika pantai itu dasarnya pasir yang lebut, anda bisa berenang tanpa menggunakan ban dan berenangnya cukup di pinggir pantai saja. Tetapi jika pantai itu dasarnya batu karang, sebaiknya gunakan ban untuk berenang, karena untuk menghindari karang yang tajam dan bisa melukai kaki anda.

5. Membilas badan
Setelah berenang, disarankan untuk membilas badan dengan air tawar (bukan dengan teh tawar), mengingat air laut mengandung garam dan bisa membuat kulit menjadi asin serta lengket, maka sebaiknya segera bilas badan anda dengan air ledeng atau air sumur yang ada di sekitaran pantai itu. Jangan lupa menyiapkan uang kecil, karena biasanya anda akan dikenakan tarif  Rp 3000 untuk mandi dan Rp 1000 untuk ganti pakaian. Sebaiknya anda membawa pelengkapan mandi dan perlengkapan make up agar wajah anda terlihat segar dan bercahaya.

Demikianlah tips singkat jika anda ingin berwisata ke pantai, semoga bermanfaat. Selamat Berenang dan Berendam!!

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE