Suasana Car Free Day Makassar

view Anjungan Pantai Losari

Setiap hari minggu mulai pukul 06.00 Wita hingga pukul 10.00 Wita, jalan sepanjang Jalan Penghibur khususnya di kawasan Anjungan Pantai Losari ditutup untuk kendaraan bermotor. Beragam kegiatan pun dilakukan warga kota Makassar baik secara perorangan ataupun yang tergabung dalam komunitas untuk meramaikan car free day yang sudah berlangsung sejak Juni 2009, yang saat itu bertepatan dengan hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Selain kawasan Anjungan Pantai Losari, ada juga Lapangan Karebosi, dan Lapangan Hasanuddin yang setiap minggu rutin dijadikan sebagai ruang publik yang bebas dari lalu lalang kendaraan bermotor. Kesempatan itu digunakan masyarakat untuk bersantai, berkumpul, dan berolahraga, atau sekadar menikmati suasanan kota yang lengang tanpa terganggu asap knalpot dan suara bising klakson kendaraan.

Saya termasuk orang yang jarang ikut car free day, hari libur lebih banyak saya habiskan dengan bersih-bersih atau berkumpul bersama keluarga di rumah. Namun entah kenapa hari minggu kemarin tiba-tiba saya ingin merasakan suasana car free day khususnya di Pantai Losari yang memang terkenal kawasan padat pengunjung saat weekend dan hari libur.

Meski jarum jam sudah menunjukkan pukul 07.00, saya pun bersama keluarga segera bergegas ke kawasan Anjungan Pantai Losari yang terkenal dengan view-nya yang menawan dan merupakan ikon kota Anging Mammiri.

Suasana car free day sekitar pukul delapan pagi masih cukup ramai, beberapa komunitas terlihat masih berkumpul seperti para pecinta fotografi, pecinta hewan, komunitas sepeda, dan penyuka olahraga semisal sepatu roda, skate board, dan masih banyak lagi. Tak ketinggalan para penjaja makanan di tempatkan tepat di dalam kawasan Anjungan, beragam menu makanan dan minuman tersaji dan bisa menjadi penawar lapar dan dahaga sesaat setelah berolahraga.

Suasana car free day

Oh iya, saya masih ingat beberapa tahun yang lalu di tempat yang sama, setiap car free day pasti diramaikan oleh pedagang kaki lima yang menggelar lapak di kawasan Anjungan. Dagangan yang ditawarkan juga beragam mulai dari baju, celana, tas, aksesoris, hewan peliharaan, alat elektronik, hingga sembako dan aneka bumbu dapur pun tersedia.

Namun aktivitas PKL tersebut mengusik kenyamanan warga yang ingin jogging atau sekadar berkeliling menikmati susasan Pantai, mereka harus berjibaku dengan pengunjung yang sengaja datang untuk melihat-lihat atau mencari barang yang dijual dengan harga yang cukup murah. Belum lagi dalam hal kebersihan yang selalu menyisakan pekerjaan rumah bagi pengelola kawasan Anjungan Pantai Losari ketika jam car free day usai.

Mungkin atas dasar itulah sehingga PKL-PKL yang kerap berdagang saat Car free day ditata dan di tempatkan di area lain agar tak menganggu kenyamanan warga ketika menikmati hari bebas kendaraan. Pengunjung pun bisa menikmati suasana car free day dengan lebih nyaman.

Selain PKL-PKL, ada juga penyedia jasa perahu bebek-bebek yang ada di Anjungan Pantai Losari juga yang seharusnya ditata, terutama dalam hal kebersihan. Ketika pengunjung ingin naik ke atas perahu, pengunjung harus pergi ke dermaga buatan yang terbuat dari plastik keras yang mengambang. Beberapa plastik tersebut terlihat keropos sehingga air bisa naik sampai ke permukaan dermaga, tentu itu sangat berbahaya bagi keselamatan pengunjung.

Belum lagi perahu-perahu berbentuk bebek itu tak menyediakan pelampung bagi penumpangnya, tentu sangat berisiko jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Mengingat tepi pantai Losari punya kedalaman hingga kurang lebih tiga meter, sangat riskan jika perahu yang membawa penumpang terutama anak-anak tidak dilengkapi dengan fasilitas keselamatan seperti pelampung.

Tapi secara keseluruhan menikmati suasan car free day di Anjungan Pantai Losari kini lebih nyaman tanpa kehadiran PKL-PKL yang justru mengurangi gairah jogging, dan kebersihan yang lebih terjaga. Bagi anda yang ingin merasakan suasan pantai Losari yang lengang dari deru kendaraan datanglah saat car free day.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE