Smartphone Gaming yang Bikin Lupa Charger dan Powerbank

Zenfone Max Pro M1

Jika zaman dulu ponsel punya desain biasa, fitur yang itu-itu saja, dan performa yang bikin elus-elus dada. Kini kita patut bersyukur, kecanggihan teknologi melahirkan smartphone yang bikin hidup kita jadi luar biasa.

Sebagai pengguna ponsel yang merasakan transformasi teknologi khususnya pada perangkat telepon genggam dari awal tahun 2000-an hingga sekarang, tentu saya sangat bersyukur bisa menikmati kecanggihan dan kemudahan yang ditawarkan oleh sebuah smartphone.

Jika dulu saya cukup puas dengan ukuran RAM dan memori handphone yang sekian megabit saja, ukuran baterai yang ratusan mAh, serta fitur-fitur standar sebuah ponsel di zaman itu rasanya sudah lebih dari cukup. Kebutuhan dasar pengguna ponsel pun hanya untuk telepon dan mengirim pesan singkat.

Punya ponsel canggih zaman itu ibarat mimpi buat saya, menggunakan ponsel dengan spesifikasi dan fitur terbaik kala itu berarti harus mengorbankan uang yang tak sedikit.

Namun kini, eranya teknologi tumbuh dan berkembang seolah tanpa jeda. Setiap bulan bahkan dalam hitungan minggu lahir terobosan baru seputar kecanggihan teknologi di lini smartphone. Beragam fitur dan kemampuan tersemat pada perangkat telekomunikasi masa kini, bahkan menyasar segmen khusus yang tentu saja membawa “amunisi” yang kelak jadi andalan.

Smartphone Gaming Idaman

Sebagai pengguna yang melek teknologi, saya tentu tak mau melewatkan beragam fitur dan ingin merasakan sendiri bagaimana menggunakan smarphone dengan spesifikasi kekinian. Kalau bisa semua fitur terbaru yang ada saat ini saya coba atau minimal teknologi atau fitur yang sedang jadi perhatian banyak orang, wajib saya coba.

Seperti mencoba smartphone dengan kemampuan menjalankan beragam game-game populer masa kini. Semisal AOV, Mobile Legends, PUBG Mobile, Asphalt 9, dan masih banyak lagi game-game dengan tampilan grafik yang memukau dan jadi favorit para gamer.

Ya, akhir-akhir ini saya sering menonton para gamer mengulas game-game tersebut di Youtube dan sangat tertarik dengan game PUBG Mobile. Game Battle Royale yang kini sudah diunduh kurang lebih 50 juta kali di Play Store itu memang menawarkan grafik terbaik dan permaian yang menantang.

Sebagai pengguna smartphone yang juga suka bermain game tentu menginginkan sebuah ponsel yang andal dan nyaman saat digunakan bermain game, khususnya game PUBG Mobile dengan kualitas grafik terbaik agar lebih nikmat memainkannya.

Jika disuruh menyebutkan kriteria smartphone gaming versi saya. Yang pertama itu harus punya bentang layar yang lega agar pandangan lebih luas saat bermain game, selanjutnya penggunaan prosesor yang bertenaga serta GPU yang mumpuni sebagai syarat utama agar game-game populer bisa berjalan mulus dengan grafis tinggi. Selain itu kapasitas baterai yang besar agar durasi bermain game tak perlu dibatasi oleh kabel charger atau powerbank. Apakah ada smartphone gaming yang komplet seperti itu?

Zenfone Max Pro M1 Jawabannya

Dirilis 23 April 2018 di Jakarta dan jadi yang pertama secara global menjadikan Zenfone Max Pro M1 terasa begitu spesial. Terlebih lagi segmen yang disasar adalah kalangan gamer sejati seperti saya yang menginginkan sebuah smartphone dengan paket komplet untuk bermain game di perangkat mobile. Punya smartphone yang mampu memenuhi hasrat bermain game tentu jadi kebahagiaan tersendiri buat saya.

Perkembangan dunia game saat ini memang luar biasa, beberapa game yang populer di PC atau laptop kini merambah perangkat mobile sekelas smartphone. Seperti game PUBG Mobile yang kini sedang naik daun. Saya pun ikut terjangkit demam game tembak-tembakan buatan Tencent Games tersebut dan tentu saja memimpikan memainkannya di Zenfone Max Pro M1.

Saya tak perlu ribet membawa laptop ke mana-mana jika ingin bermain game favorit, cukup menenteng Zenfone Max Pro M1 beragam game-game terbaik yang ada di Play Store bisa dinikmati di smartphone buatan ASUS ini.

Karena dikhususkan sebagai ponsel gaming, maka spesifikasi dan fitur yang dibawa Zenfone Max Pro M1 menurut saya sudah layak dikategorikan sebagai smartphone gaming.

  • Layar lega: Dibekali penampang layar seluas 6 inch atau tepatnya 5.99 inch tentu sangat lega untuk ukuran smartphone masa kini. Belum lagi layar tersebut beresolusi Full HD+ 2160×1080 piksel dengan aspek rasio kekinian 18:9 menjadikan pengalaman bermain game jadi lebih nyaman berkat dukungan layar yang luas serta kualitas layar tajam dan jernih.
  • Prosesor powerfull: Di sektor dapur pacu yang menjadi jantung sebuah smartphone penggunaan chipset Snapdragone 636 yang merupakan prosesor terbaru dari Qualcomm merupakan sebuah keputusan yang tepat. Untuk performa dan manajemen daya chipset ini nyaris dua kali lebih baik di banding pendahulunya yakni Snapdragon 625. Apalagi ditandem dengan GPU Adreno 509 yang disokong RAM 3/4/6 GB dan memori internal 32/64 GB tentu jadi jaminan pengalaman bermain game tanpa lag atau frame drop.
  • Baterai jumbo: Dengan kapasitas beterai 5000 mAh bermain game dengan Zenfone Max Pro M1 dalam waktu lama tentu bukan masalah. Saya pernah menggunakan Zenfone 3 Max ZC553KL dengan baterai 4100 mAh, dengan baterai tersebut saya bisa beraktivitas seharian lebih tanpa takut kehabisan daya. Apalagi dengan ponsel 5000 mAh tentu saya tak perlu pusing cari colokan listrik atau menenteng powerbank jika ingin bepergian.
  • Pure Android: Penggunaan Pure Android 8.1 di Zenfone Max Pro M1 juga jadi keunggulan, sebab dengan OS tersebut pengguna bisa lebih leluasa meng-install beragam game atau aplikasi favorit dengan sangat mudah.

Fitur Lain Tak Kalah Menarik

Selain spesifikasi mumpuni yang dibawa Zenfone Max Pro M1 untuk memberi pengalaman terbaik saat bermain game mobile, masih ada beberapa fitur lain yang dimiliki ponsel berbahan metal ini dan menurut saya penting untuk smartphone masa kini. Apa saja itu?

Desain Solid dan Elegan

Berbalut lapisan metal yang solid membuat kesan elegan dan kokoh saat melihat tampilan fisik Zenfone Max Pro M1. Menggenggamnya pun terasa pas di tangan karena ketebalannya yang proporsional dan juga bobotnya yang tak terlalu berat padahal di dalam body-nya tertanam baterai sebesar 5000 mAh. Untuk sebuah smartphone gaming, ASUS tak hanya memberikan spesifikasi terbaik di kelasnya namun juga tampilan desain dan material yang dibawa Zenfone Max Pro M1 menjadi yang paling worth it di harga dua jutaan.


Slot SIM Lengkap

Selain bisa menampung dua kartu SIM yang mendukung jaringan 4G semua operator tanah air, di Zenfone Max Pro M1 juga tersedia slot microSD dedicated. Sehingga pengguna tak perlu dilema saat ingin menggunakan tiga kartu sekaligus.

Di saat kebutuhan hiburan semakin tinggi, utamanya bagi mereka yang gemar berfoto dan merekam video atau menyiman file-file berukuran besar tentu ketersediaan slot khusus untuk kartu memori tambahan sangat penting.

Untuk varian terendah dari Zenfone Max Pro M1 punya kapasitas RAM 3 GB dan memori internal 32 GB. Buat saya ukuran tersebut masih kurang besar, sehingga solusi untuk menambah kapasitas penyimpanannya adalah dengan memanfaatkan slot microSD sesuai kebutuhan.


Dual Kamera Utama

Sebagai ponsel gaming bukan berarti mengorbankan kualitas kamera. Zenfone Max Pro M1 dibekali setup dual kemera di belakang yang masing-masing lensa beresolusi 13 megapiksel dengan aperture f/2.2 dan 5 megapiksel aperture f/2.4 untuk menghasilkan efek bokeh yang kini sedang tren.

Fitur kamera yang ada di Zenfone Max Pro M1 ini cukup banyak seperti HDR, portrait mode, landscape mode, night mode, candlelight, beach mode, snow mode, sunset mode, back light, flowers, dan sports. Serta pengaturan kamera yang juga lengkap seperti ISO, exposure, white balance yang bisa diatur sesuai dengan keinginan pengguna.

Sedangkan untuk kamera depan yang beresolusi 8 megapiksel bisa juga menghasilkan foto dengan efek bokeh, sehingga pengguna yang hobi selfie tetap bisa eksis dengan Zenfone Max Pro M1. Dari spesifikas kamera depan dan belakang yang dibawa tentu saja hasil jepretan Zenfone Max Pro M1 sudah cukup bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan fotografi sehari-hari.


Speaker Tak Biasa

Keluaran audio Zenfone Max Pro M1 memang tak biasa untuk ponsel gaming seharga 2 jutaan. Berbekal lima magnet speaker dan punya tingkat tekanan suara atau biasa disebut sound pressure level mencapai 93 dB-SPL membuat suara yang terdengar lebih jernih dan nyaman di telinga meskipun di set ke tingkat volume paling tinggi.

Selain itu dengan penggunaan lima magnet mampu meredam getaran hingga 730 Hz sehingga output suara jadi lebih smooth dan empuk untuk ukuran telinga manusia, apalagi jika menggunakan earphone atau headphone tentu kualitas audio Zenfone Max Pro M1 bisa lebih maksimal.


 
Flash Charge

Baterai jumbo 5000 mAh jadi salah satu keunggulan dari Zenfone Max Pro M1, tak perlu butuh lama untuk mengisi ulang daya baterai sebesar itu karena Zenfone Max Pro M1 sudah mengukung flash charge. Mengisi ulang daya mulai dari 0-100% hanya butuh waktu 2 jam 42 menit, tentu ini sangat berguna khususnya bagi anda yang mobile dan tak ingin lama-lama ketika sedang charge smartphone.

*****

Asus cukup jeli melihat peluang pasar dan merilis smartphone gaming dengan harga yang terjangkau. Zenfone Max Pro M1 jadi ponsel paling recommended untuk pengguna yang gemar bermain game di perangkat smartphone, dengan prosesor bertenaga dan hemat daya, layar lega yang jernih dan juga tajam, baterai kapasitas besar, serta beragam fitur-fitut terkini yang tersemat pada Zenfone Max Pro M1 menjadikan ponsel tersebut jadi yang terbaik di kelasnya.


Berikut spesifikasi lengkap Zenfone Max Pro M1:
– CPU: Qualcomm® Snapdragon™ 636, 64-bit Octa-core Processor
– GPU: Qualcomm® Adreno™ 509
– 13MP+5MP Dual Rear Camera with Portrait Mode for Bokeh Effect
– 8MP Front Camera with Softlight LED Flash
– 6inch Full HD+ screen (2160 x 1080)
– 4K UHD (3840 x 2160) video recording
– Face Unlock Support
– 0.3s ultrafast fingerprint sensor
– 5,000 mAH battery
– Triple slots, Dual Nano-SIM and one MicroSD.
– Pure Android 8.1 Operating System

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE