Smartphone Baru Samsung, Prosesor Setara Snapdragon 660 Seharga 2,1 Juta

Samsung baru-baru ini merilis dua varian smartphone terbarunya untuk pasar India yakni Galaxy M10 dan M20. Dengan harga 2,1 juta untuk Galaxy M20 dengan prosesor yang mampu bersaing dengan Snapdragon 660 terdengar seperti petir di siang bolong, ini Samsung loh!

Seri M memang merupakan varian baru dari Samsung yang pertama kali resmi hadir di India, menilik desain, spesifikasi dan harga jelas bahwa ponsel anyar brand asal Korea Selatan ini menyasar pengguna kelas menengah yang saat ini memang tumbuh sangat pesat. Persaingan antar ponsel di harga dua hingga tiga jutaan khususnya di Indonesia memang ketat, setiap brand berusaha melahirkan ponsel kekinikan dengan desain serta spesifikasi yang juga tak main-main.

Samsung sepertinya sadar, untuk bertahan di industri ponsel yang dinamis tak mungkin hanya mengandalkan nama besar. Siapa sih yang tak kenal dengan kualitas dan purna jual produk-produk keluaran Samsung? Hingga kini nama Samsung memang masih sangat menjual di Indonesia termasuk dalam jajaran lini produk-produk smartphone yang mereka telah luncurkan selalu laris di pasaran.

Namun gempuran brand-brand dari China dengan ponsel-ponsel revolusionernya memaksa Samsung untuk segera berbenah, pengguna pun semakin cerdas dalam memilih smartphone yang sebanding antara spek dan harga yang ditawarkan. Maka dari itulah Samsung merilis Galaxy M10 dan M20 yang secara spesifikasi dan harga smartphone ini sejatinya bukan tipikal Samsung banget.

Layar Infinity V

Tak ingin mengekor jejak iPhone yang mengusung desain layar notch ala poni, Samsung memilih desain layar tetesan air atau waterdrop notch yang mirip ponsel Oppo dan Vivo untuk letak kamera depan yang lebih minimalis di Galaxy M10 dan M20. Yang membedakan keduanya adalah resolusi layar M10 yang hanya HD+ 720p sedangkan di M20 sudah Full HD+ 1080p meski jenis layar yang digunakan adalah TFT bukan Amoled seperti ponsel Samsung kebanyakan.

Kehadiran ponsel Samsung dengan desain notch memang jadi perhatian, setelah banyak ponsel dari brand-brand China sukses dengan desain notch ala iPhone tersebut kini Samsung mencoba peruntungan dengan tren desain layar notch tapi bukan seperti iPhone namun mirip ponsel Oppo yang lebih dulu lahir pada Oppo F9.

Dengan desain layar waterdrop notch itu membuat dimensi layar 6.2 inch Galaxy M10 dan 6,3 inch di M20 jadi sangat luas, ditambah lagi dengan rasio layar mencapai 19.5:9 membuat pengalaman menikmati konten multimedia di layar M10 dan M20 jadi lebih menyenangkan.

Prosesor Exynos 7904 dan 7870

Di sektor dapur pacu Galaxy M10 menggunakan prosesor Exynos 7870 Octa Core yang dipadu GPU Mali-T830 yang performanya dikabarkan setara dengan Snapdragon 625. Sedangkan Galaxy M20 ditenagai prosesor Exynos 7904 Octa Core yang tandem dengan GPU Mali-G71 yang kinerjanya diklaim setara dengan Snapdragon 660.

Untuk kapasitas RAM dan penyimpanan internal, M10 tersedia dalam varian RAM 2/3GB dan ROM 16/32GB sedangkan M20 punya varian RAM 3/4GB dan ROM 32/64GB. Keduanya sama-sama punya slot microSD dedicated untuk ekspansi penyimpanan internal.

Kamera Dan Baterai

Di sektor kamera kabarnya Galaxy M20 punya resolusi 13MP+5MP untuk kamera belakang dan 8MP untuk kamera depan, selain itu smartphone terjangkau mereka juka punya kemampuan Ultra Wide Lens. Kualitas kamera tersebut memang sudah umum untuk kelas menengah atau smartphone di harga 2 – 3 juta, namun lain halnya jika itu buatan Samsung tentu sudah tak diragukan lagi hasil foto dan videonya.

Sedangkan kamera Galaxy M10 membawa set up dual kamera belakang yang sama dengan M20 yakni 13MP+5MP namun untuk kamera depan hanya 5MP. Baterai keduanya juga berbeda yakni 5000mAh untuk Galaxy M20 dan 3400mAh untuk Galaxy M10.

Yang membuat Galaxy M20 lebih spesial selain sokongan baterai yang jumbo juga dilengkapi kemampuan fast charging dan sudah menggunakan USD Type-C. Sedangkan di M10 belum mendukung fast charging dan masih menggunakan port microUSB untuk mengisi daya atau transfer data.


Patut ditunggu akan seperti apa wujud asli dan performa ponsel fenomenal dari Samsung ini jika nanti rilis resmi di Indonesia. Sebagai gambaran, di harga 2-3 jutaan sudah banyak beredar ponsel dengan desain kekinian dan spesifikasi mumpuni. Jika Samsung berani ikut terjun di pasar yang sama dan dengan spesifikasi yang juga mirip tentu jadi kabar baik buat pengguna khususnya fans Samsung mania. Kita tunggu saja.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE