Selfie, Tren Pengguna Smartphone Masa Kini

IMG_-t16wf7

Selfie di resepsi pernikahan

Selfie, memotret diri sendiri atau berkelompok dengan menggunakan kamera depan smartphone sudah menjadi pemandangan yang biasa, tren tersebut ditunjang dengan semakin menjamurnya smartphone berkamera depan dengan resolusi tinggi.

Pengguna smartphone tentunya sudah akrab dengan selfie, foto selfie banyak bertebaran di media sosial dengan beragam pose dan background. Foto selfie seakan menjadi rutinitas wajib bagi pengguna ponsel pintar untuk mengekspresikan jiwa seni mereka dan berbagi kebahagiaan dengan orang lain. Tren selfie menjangkit semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Bahkan orang tua yang pada jaman mereka tak mengenal Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya kini ikut-ikutan berfoto selfie.

Produsen smartphone pun tak menutup mata dengan tren selfie yang semakin menjamur, fitur kamera belakang yang menjadi salah satu nilai jual pada sebuah smartphone kini memiliki rival yaitu kamera depan. Kamera depan (front camera) yang dulu dianggap sebagai pelengkap kini berubah menjadi fitur penting yang banyak dicari oleh pengguna smartphone yang hobi berfoto selfie. Keberadaan kamera depan sama pentingnya dengan kamera belakang, bahkan bagi mereka yang doyan selfie kehadiran kamera depan tentu menjadi sebuah prioritas.

Lihatlah di beberapa acara seperti pernikahan atau event-event yang sebagian besar pengunjungnya lebih menikmati berfoto selfie bersama teman, sahabat, dan kerabat. Dengan foto selfie mereka bisa lebih menunjukkan ekspresi wajah dan keceriaan mereka dibanding dengan menyuruh orang lain untuk memotret mereka. Meski secara kualitas dan ketajaman objek yang dipotret belum bisa menandingi kamera belakang yang memang dibuat khusus untuk menunjang aktivitas fotografi.

Saya sendiri orang yang tak terlalu hobi berfoto selfie, selain resolusi kamera depan smartphone saya hanya 2Mp bandingkan dengan kamera belakang yang 8Mp, tentu lebih nyaman berfoto dengan kamera belakang. Berfoto selfie juga sangat merepotkan kecuali jika menggunakan tongsis yang cukup membantu ketika ingin ber-selfie ria di tempat yang membutuhkan space foto yang lebih luas. Namun tak bisa dipungkiri jika tren selfie juga menular pada saya yang tak bisa melewatkan moment istiwewa tanpa melakukan selfie meski hasilnya kadang tak memuaskan.

Demam selfie telah menjadi hal yang lumrah dalam kehidupan sehari-hari, disetiap aktivitas pengguna smartphone masa kini tak lengkap rasanya tanpa memposting foto selfie agar terlihat eksis dan kekinian. Produsen smartphone pun tak lagi menganak tirikan kamera depan yang dulu dianggap sebagai penghias sebuah smartphone, mungkin kelak keberadaan kamera depan akan menggantikan kepopuleran kamera belakang selama foto selfie masih diminati oleh pengguna ponsel pintar.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE