Selamat Jalan Kawan

Pagi itu saya dikagetkan dengan status teman di Facebook yang mengabarkan bahwa ia telah berpulang.

Seperti biasa sebelum beraktivitas saya menyempatkan diri membaca-baca lini masa Facebook, dan seketika pandangan saya terhenti di status teman yang memosting foto seseorang dengan ungkapan belasungkawa. Teman seprofesi yang dulu sekampus dengan saya di kota Gorontalo, Amran Saad SE., M.Si yang sekarang menjabat sebagai dekan fakultan ekonomi, Unisan kini telah kembali ke sisi Allah SWT.

Meski saya hanya mengenalnya selama kurang lebih dua semester namun pertemanan kami terjalin cukup akrab, sosoknya yang tegas dan penuh tanggung jawab membuat pria asal Sidrap, Sulawesi Selatan itu dipercaya memimpin fakultas ekonomi setelah cukup lama duduk di kursi Wakil Dekan I. Di bawah kepemimpinannya banyak perubahan dan kemajuan yang dirasakan oleh jajaran staf, dosen, serta mahasiswa.

Alumnus S2 Unhas itu memiliki karakter keras dan penuh optimisme tinggi membuatnya disegani di kalangan mahasiswa, dan dihormati oleh sesama rekan-rekan dosen. Visi misinya jauh ke depan demi membawa kampus Unisan lebih baik. Saya pernah berbincang dengan beliau ketika hari terakhir saya di kampus tersebut, ia hanya berpesan agar saya tak berhenti untuk belajar. Belajar apa pun itu karena sebagai pendidik yang berkutat pada ilmu pengetahuan, meningkatkan wawasan dan kemampuan adalah modal utama.

Pemikirannya yang kritis tak jarang mendapat tentangan dari orang-orang yang tak sejalan dengan pendapatnya, namun hal tersebut bukan ia lakukan tanpa alasan. Tujuannya hanya satu yakni membawa kampus yang ia cintai lebih baik dan mampu bersaing dengan kampus lain. Banyak pelajaran yang bisa saya ambil dari sikapnya yang tegas dan pemikirannya yang kritis, meski tak semua orang menyukai karakter seperti itu tapi setidaknya ia konsisten.

Selamat jalan kawan, saya sangat kehilangan sosok berkarakter dan bijaksana seperti anda. Belajar dari pengalaman beliau yang konsisten untuk memajukan institusi serta membawa perubahan ke arah yang lebih baik, hal itu jadi pelajaran berharga buat saya.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE