Selamat Datang Liga-Liga Top Eropa

liga-top-eropa

Image by i2.wp.com

Setelah beberapa bulan rihat, kini kompetisi liga-liga top Eropa akan segera bergulir. Persiapan tim-tim yang bersaing memperebutkan gelar juara sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari, memanaskan mesin dengan melakukan tour pramusim ke berbagai negara.

Para penikmat dan pecinta sepakbola kini bersiap disuguhi tontonan adu taktik dan unjuk skill pemain-pemain kelas dunia yang berlaga di Ligue 1 Prancis, English Premier League, Liga Spanyol, Serie A Italia, dan Bundesliga Jerman. Tontonan yang berlangsung di akhir pekan tersebut menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat pecinta sepakbola di tanah air, warung-warung kopi dan kafe akan kembali ramai oleh komunitas-komunitas klub suporter yang menggelar nonton bareng. Kick Off liga Prancis dan Liga Inggris akan dibuka pada Sabtu, 8 Agustus 2015. Disusul Bundesliga Jerman akan dimulai pada15 Agustus 2015 kemudian Serie A Italia dan La Liga Spanyol digelar pada 22 dan 23 Agustus 2015.

Sebuah tim tentu membutuhkan persiapan yang matang sebelum mengikuti kompetisi yang panjang dan mengembalikan fisik para pemain setelah kembali dari masa liburan. Tour pramusim menjadi ajang yang sangat penting bagi tim-tim untuk mencoba ragam taktik dan mengasah fisik pemain agar siap mengarungi musim kompetisi yang baru. Selain itu tour pramusim tersebut juga dijadikan pihak manajemen klub sebagai ladang bisnis untuk memperluas pasar mereka agar pendapatan di sektor penjualan jersey dan pernak-pernik klub semakin meningkat.

Tak ada yang salah dengan strategi marketing tim-tim Eropa khususnya tim sekelas Barcelona, Real Madrid, MU, Liverpool, Juventus, Inter Milan mereka rela menempuh perjalanan ribuan kilometer agar bisa lebih dekat dengan fans-fans setia mereka. Pengorbanan waktu dan tenaga mereka setelah menempuh perjalanan panjang akan segera sirna ketika mendengar riuh teriakan suporter yang memadati stadion kala melihat pemain idola mereka berlatih ataupun saat menggelar pertandingan persahabatan dengan tim lokal atau tim nasional negara tersebut.

ROMA, ITALY - MAY 31: AS Roma players pose for photographers with their children at the end of the Italian Serie A soccer match between AS Roma and US Citta di Palermo at Stadio Olimpico in Rome, Italy, on May 31, 2015. (Photo by Claudio Pasquazi/Anadolu Agency/Getty Images)

Kunjunga AS Roma ke Indonesia (Photo by Claudio Pasquazi/Anadolu Agency/Getty Images)

Seperti yang dilakukan oleh klub Italia AS Roma ketika berkunjung ke Indonesia pada 25 Juli 2015, meski sepakbola Indonesia dilanda beragam polemik dan kontroversi yang tak kunjung terselesaikan puncaknya ketika FIFA menjatuhkan sanksi untuk PSSI sehingga Indonesia dilarang untuk menggelar turnamen ataupun melakukan pertandingan uji coba baik lokal atau internasional. Disaat itupula klub-klub Eropa yang telah mengagendakan Indonesia sebagai salah satu tujuan tour pramusim mereka memilih untuk membatalkannya, namun tidak dengan AS Roma yang tetap memenuhi janji mereka untuk datang ke Indonesia meski kunjungan mereka dianggap kurang berkesan oleh sebagian Romanisti.

Lima pemain AS Roma tertahan di Bandara Soekarno Hatta karena terganjal izin imigrasi, kelima pemain tersebut adalah Gervinho, Seydou Doumbia, Antonio Sanabria (Paraguay), Victor Ibarbo (Kolombia), dan Adem Ljajic (Serbia) dan mereka akhirnya tak bisa ikut bergabung dengan rekan-rekannya karena harus dipulangkan ke Italia. Atas kejadian tersebut kabarnya pihak AS Roma kecewa sehingga membatalkan sesi coaching clinic serta meet and greet dengan para pendukung setianya. Namun latihan terbuka Francesco Totti dan kawan-kawan tetap berlangsung meriah dan menghibur puluhan ribu Romanisti yang memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Selain Indonesia, klub raksasa La Liga Spanyol Real Madrid dan Barcelona, Bayern Munchen, Milan, Chelsea, Manchester City, PSG menjadikan Australia, China, dan Amerika Serikat sebagai tujuan tour pramusim mereka yang bukan saja menjadi ajang pemanasan bagi seluruh skuat yang akan bertarung di kompetisi masing-masing namun sekaligus memuaskan dahaga para pendukung setia mereka yang telah lama merindukan pemain-pemain idolanya beraksi di atas lapangan. Jadi siapkan diri anda begadang hingga larut malam demi menyaksikan tim kesayangan berlaga memperebutkan titel juara.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE