Samsung GALAXY Note Edge, Smartphone Modern dan Unik

Tak ada yang meragukan kemampuan Samsung dalam meramu dan melahirkan produk-produk ponsel yang inovatif dan digemari banyak orang, mulai dari ponsel yang berfitur sederhana atau biasa disebut feature phone hingga yang berspesifikasi tinggi atau sering disebut smartphone kehadirannya selalu dinanti. Sejak sistem operasi Android booming pada kisaran tahun 2009 dan Samsung yang menjadi pioneer dengan membenamkan sistem operasi Android pada produk-produk smartphone-nya yang kala itu sebagian besar pasar ponsel dunia masih dikuasai oleh BlackBerry dan Nokia. Usaha keras Samsung dengan sistem operasi Android-nya membuahkan hasil, menurut data dari Counterpoint pada kuartal keempat tahun 2014 Samsung menguasai pasar smartphone khususnya di Indonesia dengan raihan 26,4%. Dengan portofolio produk disegala segmen tentu membuat vendor asal Korea Selatan itu semakin percaya diri bisa tetap merajai pasar smartphone di tanah air.

Samsung dikenal dengan jajaran produknya yang update khususnya di lini smartphone yang selalu mengikuti perkembangan teknologi dan penuh inovasi demi memenuhi kebutuhan para pecinta smartphone yang ingin tampil berkelas, mewah dan percaya diri. Seperti yang sudah saya tuliskan di awal bahwa Samsung menelurkan bermacam-macam jenis ponsel untuk memenuhi kebutuhan para pengguna alat telekomunikasi yang tentunya juga sangat beragam, mulai dari ponsel entry level yang menyasar konsumen dengan dana terbatas namun ingin menikmati kecanggihan teknologi seperti, Samsung Galaxy Star Plus S7262, Galaxy Young 2 dan masih banyak lagi jenis-jenis ponsel Samsung yang bisa anda sesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Begitupun Di level menengah dan level premium, Samsung membanjiri pasar dengan beragam smartphone dan tablet agar pengguna bisa memiliki ponsel idaman sesuai dengan dana dan kebutuhan sehari-hari.

Di era teknologi dan informasi yang semakin berkembang pesat, ponsel merupakan barang wajib yang harus dimiliki bahkan tak sedikit yang menganggap ponsel atau smartphone dengan merek dan model tertentu bisa meningkatkan status sosial seseorang. Peran ponsel sekarang ini bukan lagi hanya sebatas alat telekomunikasi namun lebih dari itu, ponsel merupakan bagian terpenting dari kehidupan manusia modern yang selalu ingin update dan tak ingin dikatakan gaptek. Saya termasuk orang yang suka mengikuti perkembangan teknologi khususnya ponsel yang semakin hari semakin canggih bahkan mampu mengganti peran komputer atau laptop. Sejak Nokia menahbiskan diri sebagai ponsel sejuta umat di tahun 90-an, saya pun ikut merasakan bagaimana menikmati kenyamanan berkomunikasi nirkabel dan berkirim pesan singkat yang tentunya menghemat waktu dan biaya.

Namun ketika smartphone BlackBerry naik daun pada awal tahun 2000 setelah menjungkalkan dominasi Nokia dengan sistem operasi Symbian, saya juga ikut menggunakan BlackBerry yang kala itu mampu menggantikan layanan SMS dengan fitu BBM (BlackBerry Messenger) serta kemudahan mengirim dan menerima email dengan jaminan proteksi keamanaan data tingkat tinggi. Seiring perkembangan teknologi yang penggunanya selalu menuntut pembaharuan dari apa yang sebelumnya mereka dapat, kini giliran Andriod yang merajai pasar ponsel dunia. Khusus di Indonesia penetrasi pasar Android mencapai 81% dan menggerus pasar BlackBerry hingga hanya menyisakan 9% (sumber: International Data Corporation).

Demi menunjang pekerjaan saya di bidang akademisi yang menuntu saya agar selalu update tentang dunia pendidikan, saya pun mengganti BlackBerry saya dengan Samsung Galaxy Tab 2 7.0. Layar 7 inci dengan sistem operasi Andriod 4.0 ICS, tablet tersebut memudahkan saya dalam mencari bahan ajar dan mengembangkan materi dengan bantuan internet serta membuat dokumen dalam format Power Point melalui aplikasi Polaris Office. Namun RAM yang hanya 1GB membuat saya tak leluasa menginstal beragam aplikasi dan game, kamera utama yang hanya 3.1 MP belum cukup nyaman digunakan untuk mengabadikan gambar dalam bentuk foto dan video. Jaringan konektivitas datanya pun masih sebatas 3G belum 4G LTE, layanan data generasi keempat yang kini sudah bisa digunakan di beberapa kota-kota besar di Indonesia.

Saya memimpikan smartphone yang memiliki kapasitas RAM yang besar, processor handal yang mampu berlari kencang tanpa lag, kualitas layar jernih, fitur kamera dengan resolusi tinggi dan support layanan data super cepat 4G LTE (Long Term Evolution), Samsung Galaxy Note Edge bisa menjadi solusi mimpi saya itu. Samsung yang merupakan produsen smartphone asal negeri gingseng yang tak pernah berhenti melakukan inovasi disetiap produk-produknya tak terkecuali pada Samsung Galaxy Note Edge smartphone modern, trendi dan unik. Kenapa modern? Karena beragam fitur mutakhir dan terkini tersemat dalam Samsung Galaxy Note Edge sehingga membuatnya mampu berakselerasi maksimal mengikuti keinginan penggunanya.

Samsung GALAXY Note Edge (sumber: www.samsung.com)

Dimulai dari tampilan layar, Samsung menerapkan desain yang tak biasa pada layar di mana pada sisi bagian kiri dibuat melengkung, inilah yang membuat Samsung Galaxy Note Edge unik dan lain dari yang lain. Layar bertipe Curved Edge Screen merupakan teknologi layar pertama di dunia yang diaplikasikan pada smartphone Andriod, gunanya untuk menampilkan notifikasi dan membuat icon aplikasi menjadi lebih menarik. Layar Samsung Galaxy Note Edge juga dilengkapi stylus pen multifungsi yang membuatnya semakin elegan. Kejutan di layar Samsung Galaxy Note Edge tak berhenti sampai di situ. Layar yang merupakan gerbang utama dalam menampilkan fitur-fitur pada smartphone menjadi perhatian penting bagi Samsung, layar Super Amoled dengan resolusi 2K (1600 x 2560) dan kerapatan pixel-nya mencapai 549 ppi menjanjikan gambar super jernih di layar yang berukuran 5,6 inch, layar dengan desain futuristik tersebut dilindungi oleh lapisan Corning Gorilla Glass 3 yang membuatnya aman dari goresan ketika disimpan dalam tas atau saku celana.

Beralih ke jeroan Samsung Galaxy Note Edge yang gahar. Samsung Galaxy Note Edge yang dirilis untuk pasar Indonesia menggunakan Chipset Exynos 5433 processor Octa Core dipadu processor Quad Core 1.3 GHz Cortex-A53 dan quad-core cortex-A57. Sedangkan GPU yang dimiliki Samsung Galaxy Note Edge adalah seri Mali-T760 Chipset seri terbaru yang dipadukan dengan RAM berukuran 3GB, melakukan beragam aksi multitasking dan menginstal banyak aplikasi atau game tentu bukan lagi masalah. Untuk urusan penyimpanan baik itu foto, video dan dokumen-dokumen lainnya, Samsung Galaxy Note Edge menyediakan ruang pada memory internal sebesar 32 GB jika merasa belum cukup bisa ditingkatkan hingga 64 GB melalui memory eksternal.

Kamera belakang Samsung Galaxy Note Edge mampu meringkus gambar dengan resolusi 16 MP (3456 x 4608 pixels) dilengkapi LED flash, autofocus, optical image stabilization yang membuat hasil gambar menjadi sangat luar biasa. Selain itu pada kamera depan untuk menunjang penggunanya melakukan selfie, resolusi 3.7 MP cukup handal menangkap gambar dan siap disebar di akun jejaring sosial media milik anda. Samsung Galaxy Note Edge juga sudah mendukung jaringan konektivitas data super cepat 4G LTE, salah satu kelebihan yang bisa saya manfaatkan untuk mengirim file berukuran besar, mendownload dokumen dan film lebih cepat atau menonton siaran streaming tanpa hambatan sehingga tak ada moment spesial yang terlewatkan begitu saja. Masih banyak fitur-fitur canggih yang ada pada Samsung Galaxy Note Edge, smartphone super yang komplit dan cocok untuk orang-orang yang ingin tampil modern, trendi dan unik seperti mimpi saya.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE