Sabar yang Tak Terbatas

Siapa yang bisa mengukur batas kesabaran? setiap orang memiliki batas kesabaran, itu yang sebagian orang katakan. Tapi menurutku, kesabaran itu tak ada batasnya, dan tak ada seorang pun yang bisa mengukur sampai mana batas kesabaran itu. Bila kita memilik kesabaran yang tak terbatas tentu tak ada yang namanya pertengkaran, setiap orang akan berpikir secara tenang dan berhati dingin. Bila pikiran galau dan hati bergejolak karena emosi yang meledak-ledak, maka orang berpendapat bahwa disitulah letak batas kesabaran, karena telah meluapkan tindakan di luar keinginan diri. Namun bila kita mau berpikir secara logika, hati mampu manahan emosi tinggkat tinggi dan pikiran bisa melawan tindakan yang diakibatkan oleh emosi.

Semua masalah hidup kadang menguras kesabaran, kita dipaksa untuk selalu berfikir negatif dan mengambil tindakan yang “salah”. Begitu kuatnya peran emosi dalam diri sehingga bisa merubah semua yang ada dalam diri kita, dan hanya kesabaran yang bisa mencegahnya. Intinya kesabaran itu tak ada batasnya, dan hanya sebagian orang yang bisa melakukan itu. Kita pun bisa belajar untuk mencapai kesabaran yang tak terbatas, yakni dengan selalu melawan ego dan dampak dari emosi yang tak terkendali. Berfikir rasional dan sehat adalah salah satu hal yang harus dilakukan, menetralisir pikiran negatif yang akan berakibat buruk bila dibiarkan.

Belajarlah manahan emosi, walau terasa berat dan terasa sampai diubun-ubun, toh itu tak akan memecahkan kepala. Jangan mengikuti amarah yang meluap-luap dan merugikan orang lain, walau nyata akan merugikan diri sendiri. Toh semua itu lebih baik tanpa harus mengorbankan perasaan orang lain. Kesabaran sejati adalah bila kita mampu menahan emosi tinggkat tinggi, dan menuntuh hati kita untuk berbuat yang benar. Mengatur alur jantung yang berdetak abnormal, agar kita menjadi manusia yang sempurna.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE