Saatnya Berpaling ke ZenBook terbaru ASUS

Saya tipikal pengguna laptop yang ringkas dan tentu saja bobotnya juga harus ringan agar tak menjadi beban, apalagi beban hidupku saat ini sudah sangat berat (loh, kok malah curhat?).

Makassar, Januari 2019

Sejak dulu saya selalu menghindari memilih laptop dengan ukuran 15 inci karena sudah terbayang ukurannya yang besar dan bobotnya yang berat saat dibawa bepergian serta bikin keringat mudah bercucuran, ngalahin derasnya keringat saat menyantap rawon setan atau ketika berlari mengejar mantan yang tiba-tiba hilang entah ke mana (loh, kok malah curhat lagi?). Skip aja.

Jadi sejak mengenal laptop dan bisa beli laptop sendiri, saya selalu mencari yang luas layarnya maksimal 13 inci atau tak lebih dari 13,3 inci. Bobot laptop dengan ukuran segitu saja dulunya sudah cukup berat apalagi yang 15 inci, belum lagi ditambah dengan charger, air mineral, seperangkat alat masak, dan alat mandi (mau sekalian traveling nih ceritanya). Beratnya malah bisa ngalahin berat badan saya sendiri saat masih sekolah karena teknologi yang tertanam di dalam laptop zaman dulu belum secanggih sekarang.

Tapi itu dulu. Sekarang saat era negara api menyerang dan teknologi di dunia laptop berkembang pesat jangan bayangkan laptop 15 inci zaman now dimensinya dan bobotnya sama dengan 15 inci zaman old, apalagi laptop dulu yang ukurannya sudah 13 inci dibanding laptop sekarang dengan ukuran yang sama sudah pasti beda Ferguso!

Apalagi setelah ASUS memperkenalkan tiga tipe ZenBook terbarunya yakni ZenBook UX333, ZenBook UX433, dan ZenBook UX533 pada 17 Januari 2019 lalu. Kamu-kamu pasti langsung percaya bahwa laptop ringkas dengan desain elegan, performa menawan, serta seabrek fitur dan teknologi masa kini yang ada pada sebuah laptop memang benar-benar nyata dan bikin kamu jatuh hati, kelepek-kelepek.

Saya beruntung bisa hadir saat ASUS meresmikan tiga varian ZenBook terbarunya itu, bertempat di Grand Ballroom Pullman Hotel, Central Park. Acara yang digelar meriah dengan konsep futuristis itu membawa saya dan para undangan lain seolah berada di masa depan. Jajaran produk-produk laptop ASUS dari masa ke masa semakin memanjakan mata dan rasa memiliki sebuah laptop dengan tulisan ASUS pun seketika membuncah.

Tentu saja saya tak melewatkan pengalaman merasakan sensasi ZenBook terbaru ASUS yang digadang-gadang sebagai laptop premium teringkas di dunia dengan ritual towel-towel ZenBook di lokasi acara. Biarlah awalnya hanya towel-towel siapa tahu suatu saat nanti bisa memiliki seutuhnya, ciaaah.

Rahasia Laptop Ringkas Ala ASUS

Pengalaman ASUS merakit laptop, notebook, dan perangkat teknologi lainnya sudah tak perlu diragukan lagi, 2019 ini genap 30 tahun usia ASUS berkecimpung di industri teknologi sejak memulainya di tahun 1989 dan hingga kini selalu setia menghadirkan produk-produk yang revolusioner. Di antaranya seri ZenBook yang baru-baru ini diperkenalkan.

Sebagai mantan pengguna laptop dengan bezel tebal serta bobotnya yang juga berat, perhatian saya langsung tertuju pada bezel ketiga ZenBook terbaru ASUS yang sangat tipis. Bukan hanya bezel kiri dan kanan yang ringkas namun keempat sisi ZenBook series itu pun terlihat sangat tipis, sehingga laptop dengan bentang layar 15 inci sekalipun terlihat sangat kompak.

Rahasianya, ASUS menerapkan teknologi yang disebut NanoEdge Display yang membuat bezel layar ZenBook series itu hanya 2,8 mm untuk bezel kanan dan kiri, 3,3mm untuk bezel bawah, dan 5,9mm saja untuk bezel atas. Bandingkan dengan laptop zaman dulu yang bezelnya bisa mencapai 20 mm, tentu sebuah lompatan inovasi yang positif karena dengan meminimalisir ukuran bezel membuat bodi laptop jadi lebih ringkas.

Selain itu dengan teknologi NanoEdge menjadikan screen-to-body ratio ZenBook series lebih tinggi dibanding laptop konvensional, yaitu mancapai 95 persen. Tentu saja dengan screen-to-body ratio seluas itu membuat pengalaman visual lebih menyenangkan dan hampir tanpa batas.

Untuk kualitas layar, ketiga ZenBook series ASUS ini dibedakan berdasarkan ukuran layar dan sesuai dengan kode produknya. ZenBook UX333 mengusung layar 13 inci, ZenBook UX433 mengusung layar 14 inci, dan ZenBook UX533 mengusung layar 15 inci.

Semuanya sudah beresolusi Full HD (1920×1080 pixel) dengan tingkat reproduksi warna yang tinggi, yakni mencapai 100% dalam color space sRGB. Tampilannya jernih, tajam, dan view angel sangat lebar mencapai 178 derajat serta dilengkapi beragam teknologi visual. Seperti ASUS Splendid dan ASUS Tru2Life Video untuk memberikan pengalaman visual yang sempurna. Keren gak tuh!

Fitur Unik & Teknologi Inovatif

Di ZenBook UX333 dan UX433 terdapat fitur unik, yakni Numpad (NumberPad) Virtual yang terintegrasi dengan touchpad, cara mengaktifkannya cukup tekan tombol khusus yang ada di pojok kanan atas area touchpad dan seketika numpad akan muncul di touchpad dengan LED khusus.

Di ZenBook seri terbaru ini juga dilengkapi dengan kamera infra merah yang terintegrasi dengan sistem face login menggunakan Windows Hello. Selain itu hadir juga teknologi Ergolift Design, yaitu sebuah inovasi yang kembangkan ASUS agar pengguna lebih nyaman saat mengetik, keluaran audio jadi lebih maksimal, serta sirkulasi udara semakin lancar karena bodi bagian bawah laptop terangkat dan membentuk sudut tiga derajat ketika layarnya dibuka. Tentu sebuah solusi yang ergonomis dan menambah kenyamanan saat mengetik.

Ergolift Design

Kualitas keyboard di ZenBook ASUS ini juga melengkapi kenyamanan saat digunakan mengetik karena hadir dengan full-size backlight dan LED backlight yang tetap bisa digunakan saat kondisi gelap, serta menggunakan key travel sejauh 1,4mm sehingga jari-jari akan dimanjakan saat menekan deretan tombol di ZenBook terbaru ini.

Spesifikasi Premium

ZenBook series ASUS ini dibekali prosesor bertenaga Intel Core generasi ke-8 yang disesuaikan dengan tiap viarian, untuk laptop 13 inci seperti ZenBook UX333 yang menggunakan Core i5 dan varian tertinggi dengan Core i7 tentu sudah sangat ideal digunakan oleh pengguan profesional yang modis dan juga stylish serta sebagai pusat hiburan. Selain itu ASUS juga menyematkan discrete GPU NVIDIA untuk memberikan performa grafis yang powerful, tentu berbeda dengan laptop kebanyakan yang hanya menggunakan integrated GPU.

Jika di ZenBook UX333 dan UX433, ASUS melengkapinya dengan GPU NVIDIA MX150 yang cukup mumpuni untuk kebutuhan pekerjaan dan hiburan yang hemat daya. Lain halnya di ZenBook UX533 yang menggunakan GPU NVIDIA GeForce GTX 1050 Mx-Q yang pastinya sangat bisa diandalkan untuk menjalankan beragam aplikasi yang membutuhkan performa grafis ekstra, seperti video editor dan tentu saja game-game kekinian bisa bejalan dengan lancar

Performa jajaran ZenBook terbaru ini semakin optimal karena menggunakan NVMe SSD sebesar 512GB. NVMe sendiri merupakan pengembangan dari AHCI yang sebelumnya digunakan oleh SSD sebagai media penyimpanan utama pada sebuah laptop. NVMe SSD memiliki kecepatan baca dan tulis lebih cepat dibanding SSD STA Standar. Ditemani kapasitas RAM hingga 16GB membuat seri ZenBook terbaru ASUS ini dipastikan mampu menemani aktivitas penggunanya sehari-hari.

Konektivitas Komplit

Jika dulu fitur pemindai sidik jari sudah jadi fitur umum pada sebuah laptop, kini ASUS membekali varian ZenBook terbarunya dengan teknologi face recognition (sistem pengenal wajah) yang terintegrasi dengan Windows Hello. Tentu ini sebuah kemajuan teknologi yang memudahkan pengguna sehingga tak perlu repot-repot mengetik password, PIN, atau menempelkan jari. Cukup hadapkan wajah ke webcam dan taraaaa, pengguna langsung masuk ke dalam sistem.

Teknologi face recognition di ZenBook series ini menggunakan infra merah khusus yang dirancang untuk memindai wajah dengan akurat, bahkan saat pengguna menggunakan aksesoris seperti topi atau kacamata, kamera di ZenBook masih bisa mengenali.

Selain hadir dengan sistem keamanan yang canggih, seri ZenBook terbaru ini juga dilengkapi dengan konektivitas yang lengkap. Seperti dual-band WiFi 802.11ac (2×2) untuk koneksi cepat dan stabil dan Bluetooth 5.0 untuk konektivitas nirkabel, sedangkan untuk port tersedia USB Type-A dan Type-C, HDMI, hingga combo- audio jack untuk kebutuhan data, audio, dan vidoe. Cukup komplit kan?

Dan yang paling utama adalah ketiga ZenBook ASUS ini punya kemampuan Military Grade dan telah lulus beragam uji ketahanan yang ekstrim. Seperti uji ketinggian, uji getaran, uji temperatur, uji kelembaban, dan drop tes. Tentu pengguna tak perlu khawatis saat membawa ZenBook ASUS bepergian bahkan ketika digunakan saat kondisi ekstrim sekalipun.

Kesimpulan

Tak salah jika ASUS menobatkan ZenBook UX333, UX433, dan UX533 sebagai laptop premium teringkas di dunia, untuk ukuran 13/14/15 inci memang ZenBook sukses menjadi laptop dengan dimensi paling kompak dibanding kompetitornya. Rahasianya tentu saja teknologi dan inovasi yang diterapkan ASUS seperti NanoEdge Display hingga Ergolift Design membuat ZenBook terbaru ASUS ini lebih futuristik dan eksentrik.

Untuk performa juga tak main-main, meski ringkas dan tipis ZenBook terbaru ini membawa prosesor kencang Intel Core generasi ke-8 serta pengolah grafis terbaik tentu menjadi perpaduan yang sempurna untuk ukuran laptop seringkas ini. Belum lagi untuk urusan audio yang dipercayakan pada speaker Harman Kardon untuk menikmati konten hiburan jadi lebih maksimal. Selain itu ketahanan baterai ZenBook ASUS ini juga perkasa di 14 jam untuk penggunaan normal.

Beragam keunggulan-keunggulan yang dibawa ketiga varian ZenBook ASUS ini memang membuat siapa saja akan berpaling dari laptop lama mereka, termasuk saya. Dibanderol mulai Rp 15.299.000 sejatinya harga ZenBook ini sesuailah dengan kualitas, fitur, serta teknologi-teknologi yang dibawanya. Semoga suatu saat nanti saya bisa punya satu saja varian dari ZenBook terbaru ASUS ini. Aamiin.

Untuk info spesifikasi lengkap ZenBook terbaru ASUS bisa klik di sini. Sebagai bahan pertimbangan sebelum meminang laptop premium paling ringkas di dunia.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE