Refreshing

Tiba juga saatnya refreshing. Mencoba menghilangkan keletihan raga, dan mengistirahatkan pikiran yang sekian lama bergelut dengan masalah dan persoalan. Kali ini agenda perjalanan sedikit lain dari sebelumnya, karena aku akan berangkat bersama keluarga. Hari libur yang disambut dengan pagi yang cerah, membuat perjalanan semakin menyenangkan. Tujuan kita ke Pulau Kayangan, pulau yang terletak diseberang kota tempat tinggalku. Terakhir kali aku kesana waktu masih duduk di sekolah dasar, bayangan pulau itu sedikit terkikis oleh kenangan dan kisah hidupku selama ini.

Setelah tiba di loket, aku dan keluarga segera bergegas ke dermaga untuk menaiki perahu yang sudah menunggu. Langkah kaki pun menapak jembatan kayu diiringi hembusan angin pantai yang begitu sejuk. Tak berapa lama perahu motor yang mengangkut aku, keluarga dan beberapa penumpang yang lain melaju membelah birunya air laut. Dalam perjalanan pandanganku tertuju pada dua laki-laki atau tepatnya Bapak-bapak, dan di sampingnya ada dua cewek remaja (ABG). Mereka terlihat mesra, saling bergandeng tangan dan sedikit berpelukan. Aku pikir mereka mungkin Bapak dan anak, tapi setelah diperhatikan sepertinya ada yang ganjil.

Ah, aku kesini buat liburan. Bukan untuk jadi detektif Conan, yang sedang menyelidiki kasus perselingkuhan. Setelah 15 menit berlalu, akhirnya aku sampai di Pulau Kayangan. Perahu pun merapat di dermaga yang ramai dengan orang yang sedang memancing. Aku kembali berjalan menapaki jembatan kayu yang sedikit rapuh, tak ada perubahan yang berarti setelah sekian lama tak ke sini. Tak perlu menunggu lama, aku segera ganti baju dan nyebur ke laut. Ayah dan ibu sibuk mengurus makanan dan tempat untuk istirahat. Sungguh menyegarkan.

Setelah puas mandi dan bermain air, aku pun kembali ke darat untuk mengisi perut yang keroncongan. Ikan, udang dan cumi adalah menu andalan, meski badan bau asap itu tak mengurangi hasratku untuk melahap semua hewan laut itu. Selesai makan, aku berjalan-jalan mengelilingi pulau yang telah padat dengan bangunan (penginapan), namun keadaan tak begitu rame walau bertepatan dengan hari libur sekolah. Mungkin sekarang sudah banyak tempat rekreasi yang lebih menarik, hingga tempat ini tak serame dulu. Tak terasa waktu sudah sore, sinar sunset pun telah menghiasi langit yang cerah, setelah puas berfoto dan bermain pasir putih. Akhirnya aku dan keluarga pulang.