Ponakanku Semata Wayang

Suaranya nyaring dan bicaranya pun kurang jelas… Num, Yuyun, ndong,, itulah sebagian kecil dari tata bahasanya yang tidak lengkap. Maklum umurnya masih 1,5 tahun. Saat keasyikan bermain kadang tiba-tiba dia nangis karena terjatuh. Jalannya masih “sempoyongan”, ogal-ogel, makannya masih diemut. Namun dia pintar dan cepat nangkap apa yang diajarkan. Sekarang dia udah bisa salim, sun pipi, joget, apa lagi saat digamelin oleh eyangkungnya semua menjadi terhibur dengan tingkah lakunya.

Aku sangat dekat dengan dia, saat aku baru tiba dari berpergian belum sempat aku masuk pintu rumah, dia sudah berlari keluar sambil membawa mobil-mobilannya. Om di’, biasa dia memanggilku. Satu-satunya ponakanku, anak dari kakak perempuanku. Aku jadi betah di rumah karena punya teman bermain, semakin terhibur dan menghilangkan segala beban pikiran. Tiap sore setelah aku mandi dan berpakaian rapi, dia selalu mendekatiku dan berkata “Om di,, ndong, ngeng-ngeng”. aku pertama juga bingung sikecil ini ngomong apa? tapi lama kelamaan aku mulai ngerti kalau dia pengen digendong trus pengen diajak jalan-jalan naik motor.

Segeralah aku membawanya mengelilingi kompleks, dia melambaikan tangannya “da..da..da..bu..”. Ibunya hanya tersenyum dan balas melambaikan tangan. Sepanjang jalan mata bulatnya tak henti-hentinya mencari sesuatu yang baru, pemandangan yang belum pernah dia lihat sebelumnya. Kadang dia berucap “pi…” saat melihat sapi, atau “yam..” ketika malihat ayam melintas di tengah jalan. Aku pun tak kuasa menahan tawa.

Beberapa bulan yang lalu adalah hari ulang tahunnya, tak ada perayaan spesial yang aku dan keluarga berikan. karena setiap hari kami sekeluarga memberikan kasih sayang, dan perhatian melebihi dari apapun yang kami miliki. “Happy Birthday Adly.. moga menjadi anak yang shaleh dan berbakti kepada orang tua, dan berguna bagi nusa dan bangsa.. Amin”.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE