Pilihan Smartphone Harga Dua Jutaan yang Makin Ramai

Perang smartphone di harga dua jutaan kini semakin sesak dengan hadirnya Realme 3 dan tak lama lagi Redmi Note 7, dengan budget hanya dua jutaan rupiah pengguna sudah bisa memiliki ponsel menengah yang cukup komplit.

Dari deretan smartphone yang beredar resmi di tanah air dan dibanderol dua hingga tiga juta rupiah, seperti Redmi Note 5, Realme 2, Redmi S2, Samsung Galaxy J6 Plus, Zenfone Max Pro M1, Zenfone Max Pro M2, Zenfone Max M2, Realme U1, yang terbaru ada Samsung Galaxy M20, Realme 3, dan tak lama lagi yang paling ditunggu yakni Redmi Note 7 cukup membuat bingung pengguna yang saat ini ingin meminang ponsel di harga dua jutaan.

Bayangkan di rentang harga kelas menengah tersebut ada begitu banyak ponsel yang bisa dipilih oleh pengguna yang menginginkan sebuah smartphone masa kini dengan desain modern, spesifikasi mumpuni, dan beragam fitur-fitur kelas atas yang tak hanya bisa dinikmati oleh pengguna ponsel premium.

Kalau anda punya budget mentok di tiga juta rupiah dan memimpikan smartphone yang cukup oke di semua lini, tentu butuh waktu tujuh hari tujuh malam buat menentukan ponsel mana yang terbaik di kisaran harga segitu. Namun kembali ke selera pengguna itu sendiri, mengingat tiap brand punya kelebihan dan kekurangan yang mau tidak mau harus dimaklumi mengingat banderolnya menyasar segmen kelas menengah.

Penantang Baru Bernama Realme 3

Setelah bulan lalu Samsung merilis Samsung Galaxy M20 dengan membawa desain baru, spesifikasi yang cukup oke, dan baterai berukuran jumbo. Kini hadir Realme 3 yang coba menantang kedigdayaan brand asal Korea Selatan itu.

Dari sisi harga memang Realme dibanderol lebih murah, yakni Rp 1.999.000 untuk varian 3/32 dan dijual perdana pada tanggal 20 Maret besok seharga Rp 1.799.000 di Lazada. Bandingkan dengan Galaxy M20 yang dijual Rp 2.799.000 untuk varian paling rendah 3/32, tapi jangan lupa ini Samsung bukan kaleng-kaleng.

Namun jika dibandingkan dengan smartphone lain di harga yang sama tentu Relame 3 tak akan melenggang dengan nyaman. Ada pemain lama namun masih cukup bertaji seperti Zenfone Max Pro M1, Zenfone Max M2, Redmi Note 5, Redmi Note 6, dan sekali lagi Redmi Note 7 yang secara spesifikasi dan fitur cukup bisa diadu dengan Realme 3.

Yang Kurang Dari Realme 3

Realme 3 hadir dengan beberapa peningkatan yang cukup signifikan dibanding pendahulunya, Realme 2. Selain desain layar dengan dewdrop notch yang lebih kekinian meski resolusinya hanya HD+ namun sudah dilengkapi dengan pelindung layar Corning Gorilla Glass 3. Buat saya yang terbiasa dengan layar beresolusi Full HD+ tentu karakter warna dan kenyamanan saat melihat ponsel dalam waktu lama bisa jadi pembeda.

Lain halnya jika buat gamer, kualitas layar HD+ di Realme 3 justru jadi kelebihan karena ponsel tak perlu daya lebih untuk kinerja prosesor dan mengolah grafis sehingga performa game jadi lebih ringan saat dijalankan, serta konsumsi baterai lebih irit. Belum lagi dipadukan dengan SoC Mediatek Helio P60 yang cukup bertenaga jadi peningkatan paling mencolok dibanding Realme 2 dengan Snapdragon 450-nya.

Sektor kamera juga mengalami peningkatan, khususnya di kamera depan. Jika Realme 2 punya kamera selfie 8MP, di Realme 3 resolusi kamera depannya jadi 13MP. Sedangkan untuk kamera belakang masih sama yakni dual kamera dengan resolusi 13MP+2MP, tapi fitur kamera di Realme 3 lebih beragam. Seperti nighscape mode untuk foto di kondisi minim cahaya dan chroma boost mode untuk meningkatkan ketajaman warna.

Sedangkan di sektor video untuk kamera belakang, Realme 3 mampu merekam hingga resolusi Full HD meski tanpa kehadiran EIS kualitas gambar yang ditangkap Realme 3 hampir sama dengan ponsel di kelasnya

Redmi Note 7 Siap Menggebrak

Xiaomi sudah memastikan bahwa jagoannya untuk seri Redmi siap melenggang di Indonesia pada 21 Maret mendatang, yakni Redmi Note 7. Jauh sebelum Samsung Galaxy M20 rilis nama Redmi Note 7 terdengar lebih nyaring meski di pasar online ponsel tersebut sudah bisa dibeli namun dengan garansi distributor.

Seperti ponsel-ponsel Xiaomi sebelumnya, kehadiran Redmi Note 7 memang sukses membuat gaduh pengguna smartphone tanah air. Apalagi kalau bukan karena spesifikasi dan fitur yang dibawanya selalu mampu menyita perhatian, jika dibandingkan dengan ponsel brand lain diharga yang sama.

Sekilas tampilan desain Redmi Note 7 tak berbeda jauh dengan ponsel kebanyakan, bagian depan ada layar 6.3 inch full HD+ dengan aspek rasio 19.5:9 plus notch ala tetesan air. Lalu sisi belakang terdapat dual kamera yang berjejer vertikal yang masing-masing beresolusi 12MP dengan ukuran piksel 1,25 mikron atau 48MP dengan ukuran piksel 0,8 mikron dengan aperture f/1.8, sedangkan kamera kedua beresolusi 5MP sebagai depth of field untuk hasilkan efek bokeh.

Sementara untuk kamera depan, Redmi Note 7 dibekali satu kamera beresolusi 13MP dengan bukaan f/2.2 yang dilengkapi fitur HDR. Kamera belakang Redmi Note 7 juga sudah dibekali teknologi AI untuk menghasilkan foto yang lebih baik.

Di sektor jeroan Redmi Note 7 disematkan prosesor Snapdragon 660 dengan RAM dan ROM yang kabarnya tersedia dalam beberapa varian, selain itu ponsel tersebut langsung berjalan di sistem Android 9.0 Pie dengan tampilan antar muka MIUI 10. Untuk port Redmi Note 7 sudah menggunakan konektor charger type-C yang tentunya lebih kekinian dan canggih.

Untuk harga memang Xiaomi Indonesia belum membocorkannya sebelum tanggal rilisnya 21 Maret mendatang, namun berkaca pada harga Redmi Note 7 yang sudah rilis di India yang dibaderol Rp 2 jutaan tentu harga untuk pasar Indonesia biasanya tak jauh-jauh dari angka tersebut. Patut ditunggu kejutan dari Xiaomi Indonesia untuk smartphone Redmi Note 7-nya.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE