Perjuangan Seorang Istri

1443161659383

Istri tercinta

Melihat perjuangan istri yang sedang hamil tersirat kekaguman dan rasa tak percaya pada makhluk yang diciptakan Allah sebagai pendamping kaum pria. Sekilas wanita terlihat lemah dengan penampakan fisik yang terkesan lembut dan gemulai, namun dibalik semua itu ada kekuatan dan kesabaran luar biasa besar yang belum tentu dimiliki oleh pria. Persepsi tentang manusia kuat yang identik dengan badan kekar, otot berbukit-bukit, dan wajah yang terlihat sangar seketika terpatahkan oleh wujud wanita yang sedang hamil.

Saya pun merasakan bagaimana beratnya perjuangan seorang istri menjaga kehamilan sejak minggu pertama hingga tiba saatnya persalinan nanti, Insya Allah. Terlebih ketika masa kehamilan memasuki bulan kedelapan, ukuran perut sudah semakin membesar diikuti gerak tubuh yang mulai terbatas dan rasa tak nyaman ketika ingin terlelap. Tak jarang sang istri mengeluh dengan segala ketidaknyamanan itu namun saya hanya bisa menyemangati dan mendukungnya dengan doa.

Kehamilan seorang istri merupakan anugerah terindah yang diidamkan oleh setiap pasangan suami istri, menjaga sang calon bayi agar tumbuh sehat dan kelak lahir sempurna menjadi impian semua calon orangtua. Saya dan istri pun demikian, sebulan sekali melakukan konsultasi rutin dan melihat perkembangan janin merupakan secuil kebahagiaan yang kami rasakan. Sejauh ini kami sangat menikmatinya dan menurut prediksi dokter sang calon bayi akan lahir kira-kira sebulan lagi, Insya Allah.

Sebagai seorang istri yang baru pertama kali hamil tentu banyak pengalaman baru yang ia rasakan, dan semakin mendekati hari persalinan beragam kecemasan pun melanda. Semua masih wajar selama hal itu tak berpengaruh negatif pada perkembangan janin, dan tugas seorang suami untuk menenangkan dan memberi semangat agar sang istri tak merasa jika ia berjuang sendirian. Ada seorang suami yang senantiasa berada di sampingnya, mencurahkan segala perhatian dan kasih sayang demi calon penerus keluarga.

Kehamilan adalah proses metamorfosis dan regenerasi manusia dalam kehidupan untuk mempertahankan hidup dan keturunan, seperti perjuangan manusia bertahan hidup, mempertahankan kehamilan hingga tiba saatnya kelahiran merupakan perjuangan yang tak kalah beratnya. Seorang istri punya peran krusial terhadap perkembangan janin, menjaganya selama sembilan bulan bukanlah perkara mudah meski peran seorang suami juga tak kalah penting dalam me-support istri yang sedang hamil.

Suami dan istri punya peran sendiri-sendiri dalam rumah tangga, saat sedang hamil mungkin ia tak mampu melaksanakan tugasnya secara sempurna sebagai seorang istri. Dan disitulah tugas seorang suami menggantikan peran istri agar roda dalam biduk rumah tangga bisa tetap berjalan. Perjuangan seorang istri yang sedang hamil bukanlah perjuangan seorang diri yang harus ia hadapi sendiri, dibutuhkan sosok suami yang mampu menjadi pelapis atau penyokong dalam menjalani masa kehamilan.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE