Peran Blogger Melestarikan Makassar

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah, menjadikan sejarah sebagai identitas bangsa yang patut dibanggakan dan wajib dilestarikan. Bangsa Indonesia punya banyak cerita sejarah khususnya di kota Makassar, mulai dari kisah perjuangan Sultan Hasanuddin bersama rakyat melawan kolonial Belanda dan sekutu yang pada saat itu menguasai perdagangan dan rempah-rempah, cerita dibalik berdirinya benteng Somba Opu dan Benteng Fort Retterdam yang sangat megah dan bersejarah, keindahan pantainya yang menawan serta beragam menu kuliner khas Makassar menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan untuk menginjakkan kaki di kota yang terkenal dengan sebutan kota Daeng.

Sunset Pantai Losari, Makassar

Sekilas tentang kota Makassar, Ibukota provinsi Sulawesi Selatan yang juga dikenal dengan julukan kota Angin Mammiri (Angin yang berhembus sepoi-sepoi) dijuluki demikian karena letak kota Makassar berada di pesisir pantai sehingga tak heran bila sinar sunset-nya menjadi salah satu yang terindah di dunia.
Makassar punya kisah sejarah panjang, terbukti dengan banyaknya situs peninggalan sejarah dari zaman raja-raja yang masih terawat hingga saat ini. Keberagaman suku yang telah lama hidup rukun dan damai, kemolekan tempat-tempat wisata dan hamparan pulau-pulau nan eksotik menjadi daya tarik tersendiri buat wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke Makassar.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melestarikan sejarah bangsa atau memperkenalkan adat istiadat masyarakat yang tinggal di suatu daerah, keanekaragaman budaya dan tempat-tempat pariwisata yang prospektif sehingga mendatangkan keuntungan finansial bagi daerah tersebut, salah satunya dengan menulis. Menghasilkan karya orisinil, berkualitas dan bermartabat hingga membuat bangsa lain melirik dan menjadikan bangsa Indonesia khususnya kota Makassar sebagai tempat tujuan wisata dan pusat investasi bisnis. Kita bisa tahu peradaban sejarah bangsa melalui tulisan yang diuraikan oleh para ahli yang hidup di zaman itu. Namun tidak sedikit orang di zaman modern seperti sekarang ini melakukan penelitian untuk memperjelas alur cerita sejarah yang sebagian masih menjadi misteri dan hasil penelitian itu mereka tuangkan dalam tulisan, sehingga kita bisa tahu dan ikut mempelajarinya.

Sekarang ini eranya globalisasi saat dimana informasi sudah menjadi kebutuhan sehari-hari dan perkembangan teknologi berbanding lurus dengan penyajian konten informasi yang semakin beragam. Blog menjadi salah satu pelopor penyedia informasi digital yang cukup menarik saat ini, blog merupakan wadah bagi para penulis untuk unjuk ide dan aspirasi sehingga melahirkan gagasan baru yang inspiratif dan inovatif. Penulis blog atau biasa disebut dengan blogger kadang melahirkan ide yang menjadi acuan para pemburu informasi, khususnya bagi mereka yang menginginkan informasi yang lebih personal dan mendetail. Blog yang dikelola dengan baik dan berisi informasi yang menarik tentu akan digemari oleh banyak pembaca, pembaca tersebut adalah aset yang sangat berharga buat si blogger (blog for business). Dengan menjaga agar pengunjung blog tetap setia dan makin meningkat maka diperlukan perhatian khusus untuk menyediakan beragam informasi yang memang dibutuhkan oleh pembaca.

Aktivitas ngeblog menghasilkan duit? Kenapa tidak. Perkembangan teknologi dan informasi yang super cepat adalah salah satu faktor pendukung bagi siapa saja yang ingin menjadikan blog sebagai sumber pendapatan, mengembangkan blog sebagai bisnis yang prospektif dan kompetitif. Syaratnya tentu saja harus memiliki konten blog yang menarik, kreatif, inovatif, fokus serta konsisten pada informasi yang disuguhkan untuk pembaca. Meski syarat tersebut tak mutlak namun setidaknya menjadi dasar para blogger untuk mendatangkan banyak pembaca di blog. Sukses dalam dunia blog tidak diraih secara instan, ada proses pembelajaran, ketekunan dan kerja keras. Menjadi anggota komunitas blog, mengikuti seminar tentang blog merupakan langkah awal yang tepat, atau belajar secara otodidak dengan buku panduan dan searching di internet kiat-kiat menjadi blogger handal seperti yang diulas oleh Blogging for Fun yang juga merupakan penulis buku tentang blog.

Kopdar Blogger Nusantara 2012, Makassar

Sebagai blogger pemula, saya pernah mengikuti event tahunan Blogger Nusantara 2012. Event tersebut diadakan pada tanggal 9-10 November 2012 bertempat di gedung LAN Baruga Antang, kota Makassar. Acara yang mempertemukan para Blogger, Facebooker, Kaskuker, Tweeps dan semua pengguna internet dalam satu ruangan, juga menjadi ajang berbagi ilmu dan berbagi pengalaman antar peserta. Event berskala nasional yang dihadiri oleh peserta dari berbagai daerah di seluruh Indonesia sekaligus menjadi momentum eksistensi Blogger Indonesia. Makassar sebagai tuan rumah tak menyia-nyiakan kesempatan berharga ini dengan memperkenalkan budaya dan keunggulan pariwisata yang dimiliki. Makassar Bisa Tonji (Makassar bisa juga) adalah yel-yel pembakar semangat saat itu untuk membuktikan bahwa pesona Makassar dalam hal keunikan adat istiadat, panorama alam dan perkembangan bloggernya tak kalah dengan daerah lain.

*Tulisan ini diikutkan pada lomba blog Blogger Nusantara 2012 yang diadakan salah satu media partner: Lintas.Me

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE