Penyebab Siklus Haid Tidak Berjalan Dengan Baik

Mestruasi menurut ilmu kedokteran merupakan peristiwa fisiologis dan siklus pada wanita dewasa yang sedang dalam masa reproduksi, ditandai dengan keluarnya darah dari rahim sebagai akibat pelepasan selaput lendir rahim.

Secara umum, siklus menstruasi dianggap normal jika itu terjadi setiap 21 hingga 35 hari. Memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur tentunya menjadi hal yang sangatlah menyebalkan.

Bagi kebanyakan wanita, periode menstruasi berlangsung dari empat hingga tujuh hari. Jika dirasa siklus menstruasi anda tidak normal dan itu mengganggu anda, maka penting bagi anda untuk mengenali seperti apa siklus menstruasi yang benar dan untuk memastikan bahwa tubuh anda berfungsi sebagaimana mestinya.

Periode ketidakteraturan sangat umum dialami oleh para wanita. Sedangkan untuk faktor haid tidak lancar ini pun juga disebabkan karena banyak hal. Setiap wanita tentunya memiliki penyebab yang berbeda-beda yang menjadikan siklus menstruasinya tidak berjalan dengan baik.

Untuk mengetahui penyebabnya, maka anda dapat mengetahuinya melalui beberapa ulasan yang ada di bawah berikut ini:

1. Penyakit Tiroid

Jika periode Anda menjadi lebih sering dan lebih ringan, itu bisa menjadi tanda hipotiroidisme. Penyakit tiroid sering terjadi pada wanita, dan biasanya didiagnosis pada usia 20-an atau 30-an sehingga mengembangkan siklus tidak teratur pada siklus menstruasi Anda.

2. Sindrom Ovarium Polikistik

Sporadis, periode tak terduga adalah tanda ciri PCOS (polycystic ovary syndrome), ketidakseimbangan hormon yang mengganggu kemampuan tubuh untuk berovulasi secara normal. PCOS juga merupakan penyebab infertilitas yang paling umum pada wanita.

3. Menopause Dini atau Kegagalan Ovarium Prematur

Ketika usia ovarium Anda, ovulasi mulai terjadi di awal siklus Anda setelah beberapa bulan dari periode Anda datang, maka Anda mungkin berakhir melewatkan satu bulan. Biasanya ini terjadi pada wanita di usia 40-an saat perimenopause dimulai.

4. Stres

Stress bisa jadi penyebab haid tidak lancar yang menyebabkan anovulasi, ketika tubuh Anda tidak mengeluarkan telur setiap bulan seperti yang seharusnya.

*****

Mengingat bahwa menstruasi memang akan dialami oleh para wanita, maka jika memiliki siklus menstruasi yang tidak lancar tentunya hal ini pun juga menjadi hal yang sangat mengganggu para wanita. Sedangkan penyebab dari menstruasi yang tidak teratur ini pun juga disebabkan karena banyak hal, seperti pada ulasan yang ada di atas.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE