Penjara

Tak ada yang ingin merasakan tersiksanya hidup di penjara. Segalanya serba terbatas, tak ada kebebasan dan tak ada semangat untuk menjalani hidup. Tak ada yang bilang penjara itu indah, walau dengan segudang fasilitas serba mewah sekalipun, tetap tak merubah citra buruk tempat yang bernama penjara. Suasana penjara tak harus dirasakan saat kita berada di penjara. Dalam hidup kebebasan pun kadang kita merasa seperti hidup dalam dekap penjara, perasaan yang terbelenggu dengan aturan dan ikatan yang mengekang kebebasan yang sejati. Berusaha berontak, tapi apa daya kekuatan hati yang tak sebanding dengan emosi yang lebih dulu mendominasi.

Kehidupan yang serba tak terbatas seperti membawa arus yang deras, dan memaksa kita untuk bersikap tegas dengan apa yang kita rasakan. Tak mudah memang, apalagi yang berhubungan dengan cinta dan perasaan kasih sayang. Secara tidak langsung kita seperti berada dalam penjara, bila “kebebasaan” yang kita idamkan terenggut oleh aturan-aturan dan rambu-rambu yang mengatas namakan cinta. Setiap orang mendambakan kebebasan, baik secara lahir dan batin. Kebebasan bukan dalam artian lepas dari belenggu penjara, tapi kebebasan yang mampu mengeksplorasi perasaan cinta dan sayang menjadi wujud yang lebih indah.

Namun tak ada kebebasan yang murni, karena dalam hidup ini dibutuhkan filter, untuk memproteksi diri dari pengaruh buruk yang diakibatkan oleh kebebasan tanpa kontrol. Hanya hati yang bisa dijadikan filter alami bagi tubuh, karena hati merupakan pusat dari segala aktifitas dalam diri dan merubahnya menjadi aksi nyata dalam hidup. Bersikaplah wajar dalam membuat aturan bagi orang lain, jangan sampai aturan itu mengekang kebebasan orang lain yang pada akhirnya berdampak buruk bagi diri kita sendiri. Hargailah kebebasan orang lain, karena dengan demikian kita akan mengerti bahwa sesungguhnya cinta itu untuk membebaskan perasaan dari kecewa dan sakit hati bukan sebaliknya.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE