Penetrasi 4G Dan Internet Murah

IMG_2015061

image by http://ucubz.web.id

Kuota melimpah dengan harga murah menjadi idaman pengguna internet, Telkomsel yang merupakan operator seluler terbesar tanah air dalam berapa bulan ini memberi beragam pilihan internet murah khusus bagi pelanggan Simpati dan As yang memiliki usia kartu minimal tiga tahun.

Besaran kuotanya mulai dari 1 GB seharga Rp 10.000, 3 GB senilai Rp 20.000, 5 GB seharga Rp 30.000 hingga 8 GB yang dibanderol hanya Rp. 50.000 tentu saja ini menjadi kabar gembira bagi pengguna smartphone, tablet, atau modem yang membutuhkan kuota besar dengan harga yang bersahabat.

Namun kini paket internet murah ala Telkomsel telah berakhir, hal tersebut saya ketahui saat ingin memperpanjang paket internet yang beberapa bulan ini saya gunakan tak ada lagi pilihan kuota 8 GB seharga Rp 50.000 atau 5 GB seharga Rp. 30.000 pun dengan kode *550*890# serta kode-kode lain yang tak bisa lagi diakses dan diarahkan oleh sistem untuk melakukan pembelian paket internet di *363#.

Bisa ditebak, meski beberapa pilihan terdapat promo kuota internet namun tak ada yang semurah paket internet terdahulu dan sepertinya tarif internet Telkomsel kembali ke tarif awal yang lebih mahal dibanding operator lain. Saya yang sebelum menggunakan paket internet murah tersebut lebih memilih untuk gonta-ganti kartu sesuai dengan promo yang ditawarkan oleh operator seluler lain, toh kalau ada yang murah kenapa harus pilih yang mahal.

*****

Daya tarik pengguna smartphone saat memilih operator seluler sebagai penyedia jasa telekomunikasi berbasis data tentu saja tarif yang murah namun dengan kapasitas kuota yang besar, kebutuhan pengguna internet yang beragam mulai dari akses media sosial, menikmati layanan video streaming, hingga menonton film online harus ditunjang dengan kuota internet yang besar. Meski penetrasi jaringan internet belum merata khususnya untuk jaringan 4G namun kebutuhan akses data di area yang telah ter-cover internet setara 3G semakin lama semakin meningkat.

Tujuan operator seluler menggelar promo paket internet murah selain untuk menarik minat pengguna agar merasakan sensasi menjelajah dunia maya, juga sebagai bentuk apresiasi bagi pelanggan yang loyal. Dan program tersebut ampuh membuat sebagian pelanggan yang punya kebiasaan gonta-ganti operator demi mendapatkan kuota internet murah kini setia pada satu operator dan berlangganan paket internet murah setiap bulan.

Dan harus diakui Telkomsel merupakan operator dengan jangkauan jaringan terluas, tercepat, dan paling stabil untuk memenuhi kebutuhan akses internet pengguna smartphone di Indonesia. Pelanggan yang loyal bahkan tak keberatan untuk membayar lebih mahal agar dapat merasakan kualitas jaringan yang prima, namun bagaimana dengan pelanggan yang berada di area yang masih ter-cover jaringan setara 2G dan 3G apakah harus juga membayar mahal untuk menikmati jaringan standar tersebut.

Seharusnya internet murah menjadi kompensasi bagi pelanggan yang belum ter-cover internet cepat sekelas 4G, bahkan di beberapa daerah pelanggan sudah cukup puas berinternet di jaringan 3G. Keterbatasan cakupan jaringan menjadi pertimbangan pelanggan jika harus bermigrasi dari jaringan 3G ke 4G sehingga membuat penetrasi jaringan 4G di beberapa kota menjadi terhambat.

Internet murah menjadi solusi bagi pelanggan yang ingin menyicipi internet cepat 4G tanpa harus membayar mahal, buat apa internet cepat jika koneksinya tidak stabil dan mahal pula. Lebih baik menikmati kualitas jaringan standar yang meski tak secepat 4G namun menawarkan koneksivitas yang stabil.

*****

Anggapan internet cepat itu mahal harus ditepis oleh operator dengan memberikan layanan internet murah berbasis teknologi 4G, beragam promosi dan edukasi sudah dilakukan oleh operator seluler tanah air seperti penukaran kartu SIM yang support layanan 4G gratis serta bonus kuota ekstra bagi pelanggan yang mau merasakan sensasi internet cepat sekelas 4G. Penetrasi layanan 4G juga harus diimbangi dengan jangkauan cakupan jaringan yang merata di setiap daerah agar pelanggan bisa memanfaatkan internet cepat secara maksimal.

Namun dalam bisnis promo tetaplah promo yang memiliki masa berlaku, pelanggan tak bisa selamanya menikmati layanan promo. Suatu saat akan berganti dengan promo baru yang bisa jadi tak semenarik dengan promo sebelumnya, namun hal itu tak menyurutkan pengguna internet untuk mencari layanan internet murah meski harus bergonta-ganti kartu.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE