Penerus Ponsel Gaming ASUS Rilis 11 Desember 2018

Sudah bukan rahasia lagi kalau ASUS Indonesia akan segera menyegarkan lini smartphone gaming-nya, kabarnya Zenfone Max Pro M2 dan satu flagship gaming akan resmi mendarat di tanah air.

Pertengahan Mei 2018 lalu ASUS Indonesia menghadirkan ZenfoneMax Pro M1 yang diluncurkan secara global di Jakarta. Respons pasar terhadap smartphone dengan tagline “Limitless Gaming” tersebut memang sukses mencuri perhatian khususnya pengguna yang hobi bermain game di ponsel, bahkan sempat dijuluki sebagai smartphone gaib karena selalu habis terjual dalam waktu singkat dengan skema flash sale yang diadakan oleh beberapa marketplace tanah air.

Kini suksesor Zenfone Max Pro M1 siap melenggang, tepatnya tanggal 11 Desember 2018 yang sumbernya berasal dari akun resmi ASUS Indonesia. Berdasarkan teaser yang beredar di media sosial memang belum terlihat jelas wujud keseluruhan dari smartphone yang kabarnya bernama Zenfone Max Pro M2 itu, hanya clue bagian depan yang kini punya notch, layar yang sudah ter-cover Corning Gorilla Glass 6, kapasitas baterai yang masih sama yakni 5000 mAh, durability yang lebih baik, serta kualitas kamera yang lebih menjanjikan dari pendahulunya.

Ngomong-ngomong soal notch atau umum disebut poni, smartphone gaming ASUS yang akan rilis kali ini bakalan punya poni seperti ponsel kebanyakan. Bagi beberapa pengguna, kehadiran poni pada sebuah smartphone bisa mempercantik tampilan dan membuatnya terlihat seperti ponsel flagship. Seperti Zenfone 5 2018 dan Zenfone 5Z yang lebih dulu rilis punya desain dengan lekukan poni di layar dan menurut saya sukses membuat tampilannya lebih elegan dan kekinian.

Namun di sisi lain kehadiran poni pada smartphone malah dianggap terlalu mainstream bagi sebagian pengguna, membuat layar kurang lega, dan mengurangi kenyamana dalam bermain game karena ada bagian sisi layar yang terpotong, semoga di Zenfone Max Pro M2 ada fitur yang bisa menyamarkan atau menyembunyikan notch seperti pada Zenfone 5 yang bisa digunakan oleh pengguna yang kurang sreg dengan tren proni.

Untuk kapasitas baterai Zenfone Max Pro M2 masih sama yakni 5000 mAh, saya rasa sudah sangat perkasa mengakomodir kebutuhan pengguna yang hobi bermain game. Seperti pengalaman saya menggunakan Zenfone Max Pro M1 yang selalu bisa diajak beraktivitas seharian penuh, bahkan mampu bertahan hampir 24 jam meski digunakan intens bermain game, nonton Youtube, berfoto, dan merekam video.

Sedangkan di sektor spesifikasi memang masih misterius, namun berdasarkan informasi yang banyak beredar di internet. Zenfone Max Pro M2 akan dibekali prosesor Snapdragon 660 tentu ini jadi kabar yang bagus bagi pengguna yang gemar bermain game di perangkat smartphone.

Chipset buatan Qualcomm tersebut memang secara kinerja lebih baik dari Snapdragon 636 yang digunakan Zenfone Max Pro M1, namun selama ini saya sudah cukup puas dengan performa Snapdragon 636 di Zenfone Max Pro M1. Bermain game semisal PUBG Mobile dan game-game berat lainnya cukup nyaman dimainkan. Tak hanya itu, menjalankan multitasking dan buka tutup aplikasi mampu dieksekusi dengan smooth dan bebas lag.

Namun mengingat kualitas game masa kini semakin berkambang dengan tampilan grafis yang memukau tentu dibutuhkan prosesor yang juga sebanding dengan kualitas game tersebut, agar bisa dimainkan dengan lancar dan nyaman. Penggunaan Snapdragon 660 bisa menjadi solusi begi pencinta game mobile sejati.

Di sisi kamera Zenfone Max Pro M2 sudah pasti mengalami peningkatan, bocoran yang diberikan ASUS jika ponsel gaming yang kini membawa tagline “Next Generation Gaming” itu masih dengan set up dual kamera utama namun kini dilengkapi 3 Axis EIS serta menggunakan sensor terbaru SonyIMX486 dengan aperture f/1.8. Memang masih belum jelas berapa megapiksel resolusi yang dibawanya, namun petunjuk tersebut cukup memberi gambaran jika kamera Zenfone Max Pro M2 secara kualitas bakal lebih baik dari Zenfone Max Pro M1.

Untuk desain, fitur, dan juga spesifikasi lengkap dari Zenfone Max Pro M2 akan jelas di tanggal 11 Desember 2018 dan seperti event-event sebelumnya ASUS kemungkinan akan menyiapkan kejutan lain, apakah ROG Phone juga ikut diresmikan? Kita tunggu saja.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE