Obrolan Seputar Smartfren 4G LTE Advanced #goforit

CPgTmHKUYAA9AIh.png large

Layanan 4G LTE merupakan teknologi baru yang kini telah diimplementasikan pada perangkat telekomunikasi selular tanah air, jaringan 4G LTE yang menjadi penerus dari jaringan 3G menjanjikan koneksi data lebih cepat dan stabil. Namun sosialisasi tentang manfaat layanan 4G LTE masih belum maksimal, masih banyak pengguna internet belum mendapatkan beragam informasi seputar teknologi generasi keempat sehingga mereka masih enggan untuk berpaling dari jaringan 3G bahkan 2G.

Untuk mendekatkan pengguna internet dengan jaringan 4G LTE dan berbagi informasi seputar layanan generasi keempat tersebut, Smartfren mengadakan SmartChat dengan menghadirkan bapak Munir Syahda Prabowo (Head of Network Special Project PT Smartfren Telecom, Tbk) yang tentu saja disambut antusias oleh netizen dan para pecinta gadget mania. Obrolan interaktif via jejaring sosial Twitter tersebut juga memperkenalkan jaringan Smartfren 4G LTE Advanced yang merupakan layanan mutakhir dari Smartfren dalam memenuhi kebutuhan akses internet super cepat, stabil dan punya cakupan wilayah sangat luas.

Mengawali obrolan malam itu, pak Munir coba memberi gambaran bagaimana evolusi teknologi jaringan mulai dari generasi pertama atau lebih dikenal dengan 1G hingga 4G yang tentu saja banyak mengalami peningkatan. Dari gambar yang disajikan terlihat jelas bagaimana perbedaan yang mencolok khususnya dari kecepatan akses data, 2G yang hanya maksimal 1 Mbps, 3G dikisaran 28 Mbps, sedangkan 4G mampu mencapai kecepatan hingga 100 Mbps. Bisa dibayangkan menjalankan beragam aplikasi yang membutuhkan koneksi data berkecepatan tinggi tak lagi menjadi masalah jika dilakukan pada jaringan 4G LTE.

CPgbZqQUwAAuNzV.jpg largeSedangkan Smartfren 4G LTE Advanced merupakan teknologi paling mutakhir yang dihadirkan Smartfren agar pelanggan dapat menikmati layanan 4G LTE dengan optimal serta cakupan wilayah yang luas. Selain itu, Smartfren 4G LTE Advanced juga didukung oleh kapasitas bandwidth yang lebih besar sehingga pelanggan jadi lebih nyaman berselancar di dunia maya dengan akses internet cepat dan stabil.

Selama SmartChat berlangsung pengguna Twitter bisa mengajukan pertanyaan seputar jaringan Smartfren 4G LTE Advanced. Seperti yang ditanyakan akun @NiawanY mengenai dampak positif dan negatif dari adanya jaringan 4G LTE Advanced. Beragam dampak positif yang bisa dilakukan dengan jaringan 4G LTE, seperti makin berkembangnya e-commerce, memudahkan user melakukan video live streaming, teleconference untuk menunjang pekerjaan dan masih banyak lagi manfaat dari 4G LTE. Di sisi negatif, pengguna internet harus mengganti perangkat yang berteknologi 4G ready, jawab pak Munir.

Selanjutnya mention dari @rihanurduni yang bertanya tentang kelebihan yang dimiliki 4G LTE Advanced dibanding kompetitor dalam hal kestabilan jaringan. Smartfren 4G LTE Advanced memadukan dua teknologi yakni FDD/Frequency Division Duplex (850 MHz) untuk cakupan wilayah yang sangat luas dan TDD/Time Division Duplex (2300 MHz) untuk kapasitas bandwidth yang jauh lebih besar dibanding operator lain. Perpaduan dua frequency tersebut memberi keseimbangan akan kebutuhan koneksi data yang stabil serta kecepatan akses yang maksimal.

Peserta SmartChat semakin bersemangat mengajukan pertanyaan namun karena waktu yang terbatas, beberapa pertanyaan yang serupa dijawab sekaligus oleh pak Munir, seperti akun @nurul-weye, @yueka_rin, dan @triadicl yang menanyakan tentang perbedaan 4G LTE GSM dan 4G LTE CDMA. Jaringan 4G LTE merupakan teknologi netral sehingga tak ada lagi perbedaan antara 4G LTE versi GSM dan versi CDMA, jadi pelanggan Smartfren tak perlu ganti nomor ketika ingin keluar kota untuk menikmati layanan internet cepat 4G LTE Advanced.

Software dan hardware yang digunakan pada jaringan 4G LTE merupakan perangkat baru bukan peningkatan atau upgrade dari jaringan sebelumnya (3G) seperti yang ditanyakan akun @Dickkeyyy, karena secara teknologi 4G LTE yang juga digunakan oleh negara-negara lain merupakan hal baru dalam industri telekomunikasi dan Smartfren sebagai perusahaan telekomunikasi selalu berkomitmen untuk memberi pelayanan yang terbaik untuk pelanggan.

Meski tak semua pertanyaan dijawab oleh pak Munir Syahda Prabowo karena keterbatasan waktu, namun beberapa pertanyaan yang diutarakan oleh peserta SmartChat cukup mewakili sampai sejauh mana keingintahuan para pengguna internet tentang 4G LTE Advanced yang merupakan terobosan di era teknologi selular tanah air. Seluruh peserta SmartChat sangat puas dengan dialog interaktif yang digagas oleh Smartfren, semoga kedepannya acara-acara bertema teknologi informasi makin sering diadakan untuk memberi inspirasi dan motivasi bagi pengguna internet tanah air.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE