Nasib Pioli Ditentukan Napoli

Stefano Pioli

Stefano Pioli kabarnya sudah mengajukan surat pengunduran diri ke manajemen Inter, namun ditolak. Pihak klub menginginkan Pioli bertahan setidaknya hingga akhir musim.

Apalagi kalau bukan hasil minor yang diraih Inter dalam lima laga terakhir yang tanpa kemenangan, Pekan lalu Nerazzurri menyerah 5-4 di kandang Fiorentina di lanjutan Serie A sekaligus menipiskan peluang Mauro Icardi dan kawan-kawan berlaga di Eropa untuk musim depan. Inter kini berada di posisi tujuh dengan 56 poin, tertinggal delapan poin dari Atalanta yang berada di posisi lima dan sudah bermain satu laga lebih banyak.

Dengan menyisakan lima laga sebelum musim 2016/17 berakhir peluang Inter untuk berlaga di Eropa belum sepenuhnya tertutup, namun jika melihat permainan tim-tim yang ada di atasnya serta performa Inter sendiri yang belum konsisten. Tentu saja kegagalan meraih tiket Eropa untuk musim depan bisa menjadi kabar buruk bagi pasukan Biru Hitam.

Sebenarnya penampilan La Beneamata di bawah asuhan Stefano Pioli cukup menjanjikan, seperti kala membukukan sembilan kemenangan beruntun yang dibuat taktikan asal Italia itu pada awal periode kepelatihannya. Hanya saja menjelang akhir kompetisi, entah kenapa performa Inter kembali menurun. Hasil dari lima laga terakhir yang hanya mampu meraih dua poin dari maksimal 11 poin yang bisa dikumpulkan jadi cerminan merosotnya kualitas permainan Ular Besar.

Efek inkonsistensi penampilan Inter juga membawa dampak lain, dalam beberapa hari ini tersiar kabar kalau pria berusia 51 itu telah mengajukan surat pengunduran diri namun ditolak oleh pihak klub dengan alasan manajemen Inter masih mendukung Pioli untuk tetap menjadi pelatih kepala Nerazzurri hingga kontraknya berakhir 30 Juni 2018. Selain hasil buruk yang dicatatkan Inter di bawah kendali Pioli, dukungan para pemain yang juga ikutan mengendur membuat mantan pelatih SS. Lazio itu berniat hengkang dari Giuseppe Meazza.

Meski hal tersebut sudah dibantah oleh sang kapten Mauro Icardi yang mengatakan seluruh pemain tetap percaya pada pelatih dan bersiap bangkit di laga selanjutnya, namun rumor pengunduran diri Pioli semakin kencang berhembus. Bahkan laga Inter kontra Napoli akhir pekan nanti jadi laga penentu nasib pelatih yang menggantikan Frank De Boer itu.

Inter Berburu Pelatih Anyar

Di tengah rumor masa depan Stefano Pioli yang kabarnya kian dekat dengan pintu keluar Giuseppe Meazza, media-media Italia justru makin gencar memberitakan nama-nama pelatih yang kelak akan menggantikan posisi pria berusia 51 tahun itu. Mulai dari Diego Simeone, Antonio Conte, hingga Luciano Spalletti. Sudah jadi rahasia umum jika La Beneamata sangat ngebet dengan mantan pemainnya yang kini mengarsiteki klub Spanyol, Atletico Madrid. Yakni Diego Simeone.

Berbekal keberhasilannya mengangkat derajat Antoine Griezmann dan rekan-rekan sebagai tim yang mengusik dominasi Real Madrid dan Barcelona dengan merajai Liga Spanyol pada musim 2013/14, juga musim ini berhasil membawa Los Rojiblancos ke semifinal Liga Champions. Pria asal Argentina itu dianggap cocok menukangi Inter yang kini sedang dilanda krisis.

Namun usaha Inter mendatangkan pelatih berusia 46 tahu tidaklah mudah, meski sudah mengiming-iminginya dengan gaji selangit namun hingga saat ini Diego Simeone masih belum merespon tawaran menggiurkan itu. Bahkan media-media Spanyol mengklaim jika mantan pemain Inter di era 90-an itu masih betah di kota Madrid dan berniat menghabiskan sisa kontraknya hingga tahun depan.

*****

Laga Inter kontra Napoli yang akan berlangsung senin dini hari nanti menjadi laga yang menentukan, kemenangan atas Partenopei akan membuka kembali peluang Il Biscione untuk berlaga di Eropa tahun depan sekaligus meredam isu pengunduran diri sang pelatih Stefano Pioli. Namun jika hasilnya imbang atau bahkan kalah, tentu saja rumor pergantian kursi panas pelatih Inter akan berhembus lebih kencang. Dan bisa saja masa depan Pioli akan berakhir setelah laga Inter vs Napoli.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE