Mudahnya Menjadi Penulis Kreatif

Menjadi seorang penulis bisa dilakukan oleh siapa saja namun hanya orang yang punya semangat dan keinginan yang kuatlah sehingga cita-cita menjadi seorang penulis sukses bisa terwujud. Ipnu Rinto Nugroho dalam bukunya yang berjudul “Menjadi Penulis Kreatif” coba berbagi kiat menjadi seorang penulis yang kelak mampu bersaing di dunia tulis menulis dengan memberi sentuhan kreatif dari karya yang dihasilkan. Buku ini akan menuntun para penulis pemula yang ingin melahirkan karya dalam bentuk buku fiksi, non fiksi, novel, cerpen dan lain sebagainya. Mas Ipnu juga mengulas bagaimana memilih tema buku yang diminati pasar, cara mengembangkan ide, tip membuat kalimat pembuka dan ending cerita yang menarik hingga bagaimana agar tulisan diterima di media massa semua diuraikan lengkap dalam buku setebal 320 halaman ini.

Selain untuk penulis pemula, buku ini juga wajib dimiliki oleh siapa saja yang punya passion dalam dunia tulis menulis atau bagi yang ingin merintis karir sebagai seorang penulis, buku ini sangat cocok dijadikan sebagai buku panduan. Mas Ipnu merupakan penulis buku best seller 3 Pocong Idiot dan telah diangkat ke layar lebar dengan judul yang sama, beberapa buku juga telah ditulis oleh cowok pengagum Dewi ‘Dee’ Lestari, John Grisham dan Vira Basuki menjadi bukti bahwa menulis adalah bagian dari hidup mas Ipnu. “Untuk menulis, seseorang tidak perlu memiliki titel. Pengamen, pengusaha, politikus dan berbagai profesi lainnya bisa menjadi seorang penulis selama mereka mau untuk mengusahakannya,” Tutur pria yang kini berusia 32 tahun.

Di Bab pertama buku ini, mas Ipnu mengawalinya dengan judul “Menulis Itu Mudah”. Kalimat “Dunia kepenulisan memang sangat indah” membuat pembaca tertarik menelusuri setiap paragraf yang ada di halaman awal hingga akhir. Profesi menulis tidak hanya dilakukan oleh seorang penulis, para pengusaha, pejabat, motivator, guru, dokter bahkan para artis kini banyak yang berubah haluan menjadi seorang penulis. Hilary Duff dengan novelnya Devote, bintang  Beverly Hills 90210 Tori Spelling menulis buku sTori Telling (2008) hingga penyanyi sekaliber Rihanna semakin tenar setelah menulis sebuah buku berjudul R. Di dalam negeri ada Dewi Lestari yang kini lebih kenal sebagai seorang penulis dibanding penyanyi, lalu siapa yang tidak kenal Andrea Hirata yang populer dengan novel Laskar Pelangi dan masih banyak lagi orang-orang yang sukses dengan menulis.

Menulis bukan sekadar minat, bakat atau anugerah yang turun dari langit. Banyak yang menganggap jika menulis butuh bakat yang juga bisa diartikan sebagai potensi atau kemampuan seseorang yang telah dimiliki sejak dia dilahirkan, namun ada bakat yang bisa terbentuk dari kepribadian seseorang. Jika ada orang yang lebih senang berbicara atau berpidato, maka ia bisa dipastikan memiliki bakat dalam bidang public speaking. Orang yang lebih senang menulis dan mudah mengolah kata, maka bisa dipastikan bahwa ia punya bakat menjadi seorang penulis (kutipan dihalaman 30), menulis tidak mutlak harus memiliki minat dan bakat melainkan sebuah keterampilan yang perlu terus dilatih untuk mengasahnya. Meskipun ada seseorang yang berbakat dalam kepenulisan tapi jika bakat tersebut tidak pernah dilatih makan akan sia-sia.

Dalam buku ini mas Ipnu juga memberi tip dan trik bagaimana mengambangkan ide. Ide dalam sebuah tulisan ibarat ruh yang mampu menghidupkan karya atau tulisan agar lebih menarik dan nyaman untuk dibaca. “Ide adalah modal utama seorang penulis untuk melahirkan karya-karya, tanpa adanya ide seorang penulis diibaratkan kehilangan separuh nyawanya,” kata Mas Ipnu. Namun bagaimana jika ide tersebut tidak kunjung datang? Di buku Menjadi Penulis Kreatif ini ada beberapa tip menemukan ide seperti, banyak membaca, bertanya pada ahlinya, membaca pengalaman orang lain dan masih banyak lagi cara menemukan ide yang mas Ipnu uraikan dalam bukunya. Dan bagi yang ingin memulai menulis novel, buku ini menjelaskan tahapan-tahapan menulis novel yang baik. Seperti conflict at the beginning, improve the characters, atur sudut pandang novel anda, hidupkan novel dengan dialog yang menarik dan masih banyak lagi tahapan-tahapan menarik lainnya.

Persaingan dalam melahirkan karya dalam bentuk buku tentu harus dibarengi dengan strategi menulis yang baik agar karya kita diminati banyak pembaca, di pasaran banyak beredar buku novel, fiksi, non fiksi, puisi dengan beragam tema dan karya kita harus bisa bersaing dengan buku-buku yang lebih dulu terbit bahkan dengan ide-ide yang telah lebih dulu mereka angkat. Buku Menjadi Penulis Kreatif coba memberi alternatif menjadi penulis dengan ciri khas tersendiri, menciptakan karakter yang berbeda dengan hasil karya orang lain. Mas Ipu juga coba menggali lebih dalam bakat yang terpendam pada diri seseorang yang gemar menulis dengan metode menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri, agar dalam proses menulis tidak mengalami hambatan dan mampu menghasilkan karya yang berkualitas. Jadi tunggu apalagi, segera miliki dan koleksi buku “Menjadi Penulis Kreatif” karena menulis kreatif itu mudah dan menyenangkan.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE