Mobile Security, Internet & Gerakan Warga

Anging Mammiri, komunitas blogger Makassar kembali menggelar acara buat para penggiat dunia maya, para blogger & pengguna social media yang ada di Makassar dan sekitarnya. Acara yang bertajuk Tudang Sipulung Ngabuburit-IT dengan tema “Mobil Security + Internet & Gerakan warga” berlangsug di gedung menara Bosowa lt. 6. Sejatinya acara di mulai pada pukul 16.00 Wita, namun berhubung para peserta yang hadir belum semuanya datang, jadi acara di mulai tepat pukul 17.00 Wita, (ah, indonesia pasti jam ngaret).

Host nya Daeng Ipul

Acara di buka oleh Daeng Ipul Gassing, ketua komunitas Anging Mammiri yang juga seorang blogger handal, tulisannya banyak menghias media online dan situs komunitas Anging Mammiri, serta punya misi dan visi meningkatkan motivasi seluruh blogger khususnya blogger Makassar agar terus berkarya. Jika ingin mengenal lebih dekat dengan Daeng Ipul silahkan berkunjung di blognya yang keren daenggassing.com

Kanan : Bapak Johar Alamsyah (IDC Indonesia)

Selanjutnya, pembicara pertama ada perwakilan dari IDC Indonesia, yakni bapak Johar Alamsyah. Pak Johar menjelaskan sedikit tentang IDC Indonesia, pasti ada yang belum tahu apa itu IDC Indonesia (termasuk saya, hehe..) IDC Indonesia atau singkatan dari Internet Data Center adalah pusat server yang menguhubungkan antara penyedia jasa internet dengan pengguna internet.

Singkatnya, bagaimana IDC Indonesia menyediakan fasilitas penyimpanan data bagi penjual layanan internet dan konten, agar bisa dinikmati dengan harga murah. Sebenarnya topik yang diusung cukup membuat saya garuk-gruk kepala (bukan karena banyak ketombe), tapi wawasan saya belum sampai ke situ, pemahaman saya hanya sebatas pengguna internet saja bukan pelaku atau ‘pemain’ internet yang berorientasi bisnis.

Kanan : Bapak Adrian (Norton)

Pembicara kedua ada bapak Adrian perwakilan dari Norton, wah ini yang seru membahas tentang mobile security. “44% pengguna mobile di Indonesia tidak memahami apa itu mobile securty.” Kata pak Adrian. Mobile Security adalah cara untuk mengamankan data-data yang ada di gadget yang kita miliki. Di jaman internet sekarang ini dan semakin mudahnya orang mengakses dan beriteraksi di dunia maya membuat kejahatan maya (cybercrime) juga semakin merajalela.

Norton sebagai salah satu penyedia anti virus memberikan solusi agar kita terhindar dari serangan virus dan mencegah kita menjadi korban cybercrime. Pak Adrian juga memberitakan tips agar kita berselancar di dunia maya dengan aman dan nyaman, “set password anda dengan kuat, jangan mudah terpancing dengan notif link yang tidak dikenal, waspadalah jika menggunakan jaringan publik seperti Wi-fi, lebih selektif dalam menerima pertemanan via Facebook,” kata pak Adrian singkat.

Selanjutnya, berhubung adzan Magrib telah berkumandang maka acara dilanjutkan dengan buka puasa bersama dan shalat Magrib secara berjamaah. Setelah itu Acara pun berlanjut dengan topik “internet dan gerakan warga” oleh bapak Onno W. Purbo. Meski tak muda lagi namun semangat pak Onno sungguh luar biasa membakar semangat peserta acara yang hadir.

Kiri – Kanan : Matahari Timoer, Daeng Ipul dan Bapak Onno

“Bagaimana jika ada calon presiden yang berkampanye akan membatasi akses internet dan mengawasi secara ketat penggunaan internet. Maukah kalian memilihnya?” Tanya pak Onno. Sontak para pesera berteriak “tidaaaak!!” Itulah dialog seru yang membuka topik ini. Gerakan warga adalah bagaimana internet sangat bermanfaat menyebarkan informasi secara realtime baik dalam penanganan bencana alam maupun dalam mengangkat isu-isu sosial, ekonomi, politik dan budaya di negeri ini.

Informasi dari warga melalui internet dan media sosial lebih cepat ter-ekspose dibanding informasi dari pemerintah. Dengan budget yang terkoneksi internet dan bermodal paket data 20ribu-50ribu perbulan warga bisa berbagi informasi secara cepat dibanding pemerintah yang bermodal triliunan. Itulah internet yang apabila digunakan secara bijak dan positif akan menghasilkan manfaat yang luar biasa.

Diakhir acara panitia membagi-bagikan suvenir dan kenang-kenangan bagi peserta yang bertanya pada nara sumber. Saya dan seluruh peserta yang hadir merasa sangat antusias mengikuti acara ini dari awal hingga akhir, selain menambah wawasan tentang penggunaan internet secara cerdas, saya juga berharap bisa menjadi inspirasi dan pelopor internet dalam gerakan warga yang menginformasikan realita yang terjadi di Makassar secara up to date. Sampai bertemu lagi di acara blogger selanjutnya.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE