Menjajal Kemampuan Dual Layar Laptop atau PC

dual layar laptop

Kebutuhan multitasking tak melulu didominasi pengguna smartphone, jauh sebelum era mobile OS booming pengguna PC dan laptop sudah lebih dulu merasakan kemudahan menjalankan multitasking.

Seiring kebutuhan pengguna teknologi yang semakin beragam tentu harus sejalan dengan kemudahan menjalankan perangkat yang digunakan, seperti membuka dua aplikasi atau browser secara bersamaan. Hal itu sangat penting terutama buat orang-orang yang kerjaannya tak jauh-jauh dari internet. Menjalankan program MS Word sambil nonton video favorit atau menulis artikel di blog sembari melihat channel Youtube merupakan beberapa aktivitas pengguna gadget masa kini, seperti yang sering saya lakukan.

Saya lebih tertarik mengulas kemudahan sebuah perangkat dalam membuka dua browser sekaligus dalam satu layar, hal ini menjadi rutinitas yang wajib dilakukan ketika laptop terhubung ke internet. Saya sering melakukannya ketika ingin mencari referensi tulisan atau sekadar mengisi waktu luang dengan membaca artikel sembari menonton Youtube.

Di smartphone kemudahan membuka dua aplikasi sekaligus lebih efektif berjalan pada sistem Android 7 atau Nougat yang disebut multi window, dengan fitur ini pengguna bisa menjalankan aplikasi pada dua layar sekaligus. Misalnya saat anda sedang asyik nonton video dan disaat yang bersamaan ada juga ingin membalas pesan BBM atau WhatsApp, maka tampilan layar akan terbagi dua sehingga ada bisa tetap bisa membalas BBM tanpa harus me-minimize aplikasi lain yang sedang berjalan.

Namun saya lebih senang menggunakan multi window pada laptop atau PC, selain karena ukuran layar yang lebih lega juga keleluasaan mengerjakan dua aktivitas sekaligus tentu lebih nyaman pada perangkat laptop atau notebook. Untuk laptop yang berjalan di OS Windows 8 sangat mudah menjalankan dua browser sekaligus, cukup menekan tombol widows dilanjutkan dengan tombol arah ke kanan atau kiri bersamaan sesuai keinginan.

Maka tampilan layar akan terbagi 50:50 dan kedua aplikasi atau browser sama-sama aktif tanpa perlu me-minimize ketika ingin digunakan. Saya bisa membaca beragam artikel atau referensi tulisan sebelum mengolahnya menjadi sebuah gagasan yang menarik, sembaru menulis atau kadang saya ingin rehat sejenak dengan menonton cuplikan gol-gol klub kesayangan di Youtube dengan hanya melirik ke layar yang ada di sebelahnya.

Mungkin tips ini terkesan jadul namun saya memang baru merasakan menfaatnya beberapa pekan ini, dengan memaksimalkan kemampuan dual layar on sebuah laptop, notebook, atau PC pengguna bisa jadi lebih produktif dan punya banyak pilihan untuk melakukan multitasking.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE