Menebak Semifinalis Piala Eropa 2016

jadwal-perempat-final-euro-2016

Foto (http://7uplagi.com)

Putaran final Piala Eropa 2016 kini memasuki babak perempatfinal, delapan negara yang telah memastikan diri bertarung untuk meraih tiket ke babak semifinal yakni Polandia, Portugal, Wales, Belgia, Jerman, Italia, Prancis, dan Islandia akan mengerahkan segala kemampuan mereka untuk menjadi yang terbaik di daratan Eropa.

Para pengamat dan pencinta sepakbola di seluruh dunia tentu punya jagoan sendiri-sendiri negara mana yang akan merebut titel juara Eropa edisi ke-15 ini, setelah tim-tim unggulan seperti Inggris, Spanyol, dan Kroasia angkat koper di babak 16 besar kini persaingan di jalur juara yang melibatkan tim-tim unggulan hanya menyisakan Jerman, Italia, Prancis, dan Portugal.

Sayangnya Jerman dan Italia harus saling berhadapan di perempatfinal yang artinya tim unggulan yang diprediksi mampu melaju hingga semifinal hanya tuan rumah Prancis, pemenang antara Jerman vs Italia, Portugal, dan pemenang antara Wales vs Belgia.

*****

Partai perdana babak perempatfinal akan dibuka oleh Polandia dan Portugal, kedua tim menembus babak delapan besar dengan penampilan yang kurang meyakinkan di babak 16 besar. Robert Lewandowski cs dengan susah payah menaklukkan perlawanan Swiss dan pemenang harus ditentukan hingga adu penalti dengan skor tipis 4-5 untuk Polandia, sedangkan Portugal hanya mampu mencetak satu gol itupun di babak ekstra time tepatnya menit ke-117 untuk memaksa Kroasia pulang lebih cepat di Piala Eropa kali ini.

Portugal pun beruntung bisa masuk babak 16 besar meski berada di peringkat tiga grup F, hal tersebut berkat perubahan format turnamen dari 16 negara peserta menjadi 24 yang banyak menilai format baru tersebut mengurangi keseruan partandingan di tiap grup. Sedangkan Polandia melaju ke babak 16 besar dengan predikat runner up grup C mendampingi Jerman, penampilan anak asuh Adam Nawalka di babak penyisihan grup cukup menyakinkan dengan meraih dua kemenangan dan menahan imbang tim kuat Jerman.

Perhatian publik tentu akan tertuju pada pemain andalan kedua tim, Robert Lewandowski dan Cristiano Ronaldo. Meski Ronaldo sudah mencetak dua gol di Piala Eropa ini namun penampilan Lewandowski membawa Polandia melaju hingga perempatfinal patut diwaspadai para pemain Portugal, dengan permainan kolektifitas tim Polandia akan menjinakkan perlawanan Portugal.

Laga perempatfinal selanjutnya akan mempertemukan Wales kontra Belgia, Wales yang merupakan tim debutan di turnamen ini cukup sukses dengan lolos ke 16 besar sebagai pemuncak grup B mengangkangi Inggris sebagai runner up. Meski hanya menang 1-0 atas Irlandia Utara di babak 16 besar itupun gol bunuh diri McAuley namun peluang Gareth Bale dkk melaju hingga babak semifinal tetap terbuka lebar.

Sedangkan Belgia yang kini diisi pemain-pemain muda penuh talenta mampu berbicara banyak di ajang ini, meski menyandang status runner up grup E mendampingi Italia performa Eden Hazard cs cukup menyakinkan di babak 16 besar saat memberondong Hungaria empat gol tanpa balas. Pemain-pemain seperti Romero Lukaku, Cristian Benteke, Radja Nainggolan, Kevin de Bruyne cukup familiar di telinga para pencinta liga-liga top Eropa memberi andil pada penampilan apik Belgia.

Kans kedua tim melaju ke babak semifinal hampir seimbang meski secara pengalaman berlaga di turnamen sekelas Piala Eropa, Belgia masih lebih unggul dan rasanya tim yang terakhir kali merasakan perhelatan akbar antar negara-negara Eropa tahun 2000 ini pantas meraih tiket semifinal.

Jerman-Vs-ItaliaLaga Jerman vs Italia di babak perempatfinal ibarat partai final dini yang mempertemukan dua negara dengan sejarah sepakbola yang panjang. Laga tersebut juga menjadi partai ulangan semifinal Piala Eropa 2012 yang dimenangkan Italia dengan skor 1-2. Jerman memenuhi persyaratan sebagai tim unggulan yang banyak dijagokan sebagai peraih titel juara Piala Eropa 2016, memuncaki grup C dengan lini pertahanan solid yang membuat gawang yang dijaga Manuel Neuer masih perawan hingga memasuki babak perempatfinal.

Sedangkan Italia menjadi tim yang tak terlalu diunggulkan pada Piala Eropa kali ini, mengingat skuat yang dibawa Antonio Conte dianggap biasa-biasa saja dibanding tim-tim unggulan lain. Namun penampilan yang konsisten dan terorganisir terlebih lagi setelah menjungkalkan juara bertahan Spanyol di babak 16 besar membuat Daniel De Rossi Cs kini diunggulkan memenangi trophy Piala Eropa.

Dengan predikat tim yang belum terkalahkan di ajang ini dan lini pertahanan yang kokoh, Jerman cukup percaya diri menghadapi Italia. Namun lawan yang dihadapi anak asuh Joachim Low sejak penyisihan grup hingga babak 16 besar ralatif mudah, bandingkan dengan Italia yang sudah terbukti memiliki skema permainan yang mampu mengandaskan perlawanan tim sekelas Spanyol. Sehingga tiket semifinal pantas diberikan untuk Italia.

Selanjutnya, laga pamungkas babak perempatfinal mempertemukan tuan rumah Prancis dan Islandia. Laju Prancis di ajang Piala Eropa 2016 tak terlalu istimewa meski memuncaki grup A, penampilan Antoine Griezmann dkk sering terlambat panas. Catatan gol di menit-menit akhir pertandingan menjadi bukti, Prancis butuh menit ke-89 untuk memastikan kemenangan 2-1 atas Rumania. Dan kemenangan 2-0 atas tim debutan Albania diperoleh ketika laga memasuki perpanjangan waktu tepatnya menit 90.

Sedangkan Islandia merupakan tim kejutan yang baru pertama kali merasakan gegap gempita Piala Eropa cukup sukses melaju ke babak 16 besar sebagai runner up grup F. Islandia pun menjadi tim yang belum terkalahkan sejauh ini, dengan meraih dua hasil imbang dan sekali menang di penyisihan grup. Dan di babak 16 besar Aron Gunnarsson dkk mampu mengalahkan Inggris 1-2 dan menjadi tim yang patut diwaspadai anak asuh Didier Deschamps.

Bermodal dukungan penuh tuan rumah, Prancis sangat diunggulkan maju ke babak semifinal. Terlebih lagi lawan yang dihadapi hanyalah tim ‘kecil’ yang baru pertama kali merasakan euforia turnamen terakbar di benua Biru. Namun Prancis patut waspada jangan sampai nasib mereka sama seperti Inggris yang juga diunggulkan kala bertemu Islandia namun berakhir dengan raihan tiket mudik lebih cepat ke kampung halaman. Jika bermain fokus dan konsisten, Prancis akan maju ke semifinal.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE