Masalah Umum Smartphone Yang Bikin Sebal

image www.zopini.com

Sebagai orang yang tak bisa LDR-an atau berpisah dalam waktu lama dengan ponsel tentu berharap si doi selalu dalam keadaan sehat tanpa masalah, namun kadang ada saatnya si doi ngambek dan bikin sebal.

Sebagai perangkat yang memiliki beragam fitur canggih untuk menjalankan banyak fungsi, ponsel zaman sekarang sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia modern. Seperti saya yang tak bisa lepas dari smartphone untuk menunjang segala aktivitas sehari-hari, mulai dari browsing, chatting, kirim email penting, main game racing, sampai mendengar lagunya Ayu Tingting semua terakomodasi dalam sebuah perangkat yang namanya smartphone.

Namun yang namanya buatan manusia apalagi smartphone yang sangat rentan mengalami beragam masalah hingga kadang membuat si empunya sebal, apalagi tak semua orang mengerti tentang seluk-beluk ponsel pintar yang saat ini sudah sedemikian canggihnya. Berikut ini beberapa masalah umum yang sering dialami sebuah smartphone dan cara mengatasinya.

Baterai Cepat Habis

image jagatreview.com

Baterai ibarat nyawa bagi ponsel, dulu sebelum media sosial dan Android merajalela. Pengguna ponsel Nokia, Motorola, Sony Ericsson bisa bertahan hidup hingga tiga hari atau lebih jika jarang dipakai, bahkan ada yang sampai lupa dimana chargernya tersimpan saking jarangnya mereka gunakan charger. Namun sekarang, ponsel yang bisa bertahan sehari saja itu sudah luar biasa.

Meski sekarang ada powerbank dan makin menjamurnya smartphone dengan ukuran baterai besar hal itu kadang dirasa masih kurang jika si pengguna termasuk saya biasanya menggunakan ponsel dengan tak berperikeponselan. Seperti bermain game berat berjam-jam, nonton Youtube seharian, atau bersosial media dan chatting hingga lupa tidur dan makan. Tentu sebesar apapun baterai ponsel anda jika digunakan secara tak bijak maka akan koit juga.

Selain menggunakannya secara normal ada beberapa cara agar baterai smartphone bisa tahan lama, seperti kurangi kecerahan layar dan mengaturnya pada level terendah saat digunakan di dalam ruangan. Ganti wallpaper atau warna layar dengan warna-warna polos cenderung gelap agar mengurangi konsumsi daya baterai. Terakhir, matikan wifi, GPS, dan Bluetooth jika tak digunakan atau kalau perlu non-aktifkan paket data saat jam-jam istirahat selain memperpanjang masa aktif baterai juga menghemat kuota.

 

Lambat Loading Bahkan Hang

Ini yang kadang bikin super sebal, saat sedang asyik-asyik main game, BBM-an, atau nonton streaming bola tiba-tiba ponsel melambat bahkan macet tidak bisa diapa-apakan. Atau saat mau FB-an terus pindah ke Twitter lalu Instagram ponsel terasa lambat loading, buka satu aplikasi saja bisa sampai dihinggapi sarang laba-laba tentu bikin hati gondok. Hal tersebut terjadi karena sistem yang berjalan pada smartphone tak memiliki ruang cukup untuk berakselerasi dan pindah tempat, jika ponsel sudah menunjukkan gejala seperti itu maka saatnya anda melakukan pembersihan.

Salah satunya mengosongkan memori internal ponsel anda dari bermacam-macam file yang tak berguna, besaran ruang kosong yang tersisa pada memori internal sangat memengaruhi kinerja perangkat anda ke depannya. Jika ponsel anda tak memiliki slot memori eksternal maka sebaiknya rutin lakukan back up data apakah itu file foto, video, atau dokumen penting lainnya. Bisa juga memanfaatkan aplikasi berupa Google Photo atau layanan penyimpanan cloud yang bisa melakukan back up secara otomatis.

SMS Sering Tertunda Bahkan Tidak Terkirim

Zaman sekarang penggunaan SMS untuk bertukar informasi memang sudah langka, namun masih ada sebagian orang yang masih menggunakan SMS terutama bagi mereka yang kehabisan kuota internet. Kadang pesan SMS yang ingin dikirim tertunda bahkan gagal terkirim, untuk mengatasinya coba periksa dulu pengaturan pesan ponsel anda. Pengaturan SMS pada smartphone biasanya ada pada ikon tiga titik di sudut kanan atas layanan messaging perangkat anda.

Pastikan nomor SMS Center yang digunakan oleh perangkat sesuai dengan kartu operator yang anda gunakan, jika anda tidak tahu nomor SMS Center operator yang ada gunakan bisa googling atau menghubungi CS operator yang bersangkutan. Jika pengaturan nomor SMS Center sudah benar dan SMS masih tetap tertunda, coba restart ponsel anda atau menginstal aplikasi SMS pihak ketiga dari Play Store atau App Store. Jika SMS masih pending, coba cek pulsa anda.

Ponsel Terasa Panas

http://i2.cdn.turner.com

Kabar baterai Samsung Galaxy Note 7 yang mudah meledak cukup heboh di tahun 2016 lalu dan hasil investigasi perusahaan asal Korea Selatan itu menyebutkan jika memang ada yang tak beres dengan baterai Samsung Galaxy Note 7 sehingga produksinya harus dihentikan. Kejadian tersebut membuat pengguna smartphone was-was jangan sampai ponsel mereka yang kadang terasa panas tiba-tiba meledak.

Smartphone yang berjalan di sistem Andriod, iOS, atau sejenisnya umumnya melakukan sinkronisasi secara terus-menerus dengan akun email, media sosial, instan messaging, dan aplikasi-aplikasi online yang terinstal di dalamnya. Rasa panas yang timbul dari sebuah smartphone merupakan hal wajar karena dipengaruhi oleh kinerja ponsel yang terhubung dengan internet, kadang sinyal operator yang tidak stabil membuat daya tangkap antena harus kerja ekstra untuk menjaga kekuatan sinyal data agar tetap stabil dan bisa ditransmisikan.

Cobalah mencari lokasi yang sinyalnya bagus saat ingin menggunakan smartphone agar kinerja sistem tidak berat, juga saat bermain game dalam waktu yang cukup lama akan membuat suhu ponsel meningkat dan itu merupakan hal yang wajar, namun saat panasnya mulai terasa berlebih sebaiknya non-aktifkan dulu ponsel anda.

 

Aplikasi Berhenti Mendadak

Saat main game atau Whatsapp-an tiba-tiba aplikasi berhenti mendadak dan tertutup, jika terjadi seperti itu sebaiknya anda periksa ruang memori kosong yang tersedia pada ponsel anda. Jika ruang kosong memori ponsel anda terasa masih lega dan aplikasi tersebut masih sering tertutup tiba-tiba maka cobalah periksa apakah ada pembaruan aplikasi yang tersedia, jika ya sebaiknya anda melakukan update.

Pastikan pula bahwa sistem OS smartphone anda sudah menggunakan versi terbaru jika memang sudah tersedia. Selain itu sering-seringlah melakukan clear data dari pengaturan aplikasi ponsel anda, aplikasi yang telah dibersihkan datanya pengaturannya akan kembali seperti pertama kali diinstal sehingga anda perlu login ulang saat ingin menggunakan aplikasi tersebut.

*****

Demikianlah beberapa masalah umum yang sering terjadi pada smartphone serta cara mengatasinya, langkah-langkah tersebut kadang terjadi di saat yang tak tepat sehingga membuat pemiliknya kesal bahkan tak jarang menimbulkan efek negatif yang dapat merugikan penggunanya. Semoga kita lebih bijak lagi dalam menggunakan smartphone.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE