Maksimalkan Layar 18:9 Zenfone Max Pro M1

Hampir semua smartphone-smartphone keluaran terbaru sudah mengadopsi rasio layar 18:9 atau sering disebut full view display, tentu luas penampang layar tersebut semakin memanjakan mata pengguna saat menikmati konten video, foto, ataupun game.

Namun tak semua pengguna smartphone masa kini bisa menikmati layar 18:9 secara maksimal, kehadian tombol navigation di dalam layar atau navigation bar dan tidak bisa disembunyikan membuat tampilan layar jadi kurang lega. Hal tersebut saya alami selama menggunakan Asus Zenfone Max Pro M1.

Dengan luas layar 6 inch Full HD+ dengan rasio 18:9 tentu jaminan kenyamanan saat menonton video, bermain game, bermedia sosial, atau menjalankan aplikasi favorit berkat kualitas layarnya yang jernih dan tajam. Namun kehadiran on screen navigation bar yang tak bisa disembunyikan sedikit mengurangi kenyamanan tersebut.

Apalagi saat mengakses Twitter dan Instragram yang punya deretan menu utama di bagian bawah yang jika ditambah dengan on screen navigation tentu membuat tampilan layar jadi kurang lega. Kehadiran navigation gesture pada smartphone sejatinya mampu memaksimalkan penggunaan layar berasio 18:9.

Tampilan Zenfone Max Pro M1 dengan tombol navigasi dalam layar bersusun dengan menu utama Twitter

Pengguna tak perlu lagi terusik dengan kehadiran tombol navigasi di dalam layar. Semua akses kontrol smartphone bisa dilakukan dengan gerakan mengusap layar, sehingga layar terlihat lebih bersih dan luas.

Sayang, Zenfone Max Pro M1 tak punya fitur navigation gesture bawaan padahal luas layarnya 6 inch dengan kualitas Full HD+ tentu makin keren kalau disandingkan dengan fitur yang mendukung kontrol dengan cara mengusap-usap layar.

Tapi jangan khawatir, pengguna Zenfone Max Pro M1 tetap bisa merasakan sensasi gesture navigation seperti yang ada pada smartphone-smartphone flagship. Tentu saja dengan bantuan aplikasi dan sedikit pengaturan pada perangkat ponsel. Saya sudah mencoba navigation gesture di Zenfone Max Pro M1 saya, hasilnya lebih menyenangkan, simpel, dan yang pasti lebih memanjakan mata. Berikut ini saya uraikan tipsnya.

Gunakan Aplikasi XDA Navigation Gesture

Aplikasi tersebut bisa diunduh gratis di Play Store, ukuranya pun hanya 15 MB. Setelah terinstal lalu aktifkan dan beri akses yang diminta. Untuk menyembunyikan navigation bar Zenfone Max Pro M1, anda wajib memberi akses melalui ADB. Tenang saja ini tak berisiko dan tak menghilangkan garansi smartphone anda.

Sebelumnya aktifkan dulu USB debugging dengan cara, buka Setting > System > About Phone > tap Build number beberapa kali sampai Developer mode aktif.

Lalu Back > buka Developer Option > lalu aktifkan USB Debugging.

Setelah itu pastikan di PC atau laptop anda sudah terinstal ADB. ADB adalah program client-server yang digunakan dalam pengembangan aplikasi Android dan biasa juga digunakan untuk mengatur perangkat Android ataupun emulatornya. Salah satu program ADB bisa diunduh di sini.

Lalu hubungkan Zenfone Max Pro M1 ke PC atau laptop dan pilih opsi Transfer File. Kemudian buka Commond Prompt as Admin lalu browser ke folder ADB tempat path folder file ADB berada, contoh:

cd C:\Android-adb

Cara membuat path folder ADB yakni, klik kanan my computer > pilih properties > pilih Advanced system setting > pilih Advanced > pilih Environment variables > pilih Path yang ada di kolom system variables > lalu pilih edit > ubah bagian akhir dari variable value yang sebelumnya C:\adb menjadi C:\Android-adb> lalu OK.

Untuk mengujinya, coba ketik

Cd C:\Android-adb lalu enter, kalau berhasil maka akan muncul

C:\Android-adb> lalu ketik adb devices

Maka akan muncul spesifikasi perangkat yang telah terhubung ke ADB. Setelah itu saatnya memberi permission dengan mengetikkan :

adb shell pm grant com.xda.nobar android.permission.WRITE_SECURE_SETTINGS Lalu tekan enter.

Selanjutnya lakukan pengaturan pada aplikasi XDA Navigation Gesture dengan mengaktifkan dua opsi utama aplikasi tersebut yakni, Enable Gesture Pill dan Hide Navigation Bar. Makan seketika navigoation bar bawaan Zenfone Max Pro M1 akan berganti dengan garis datar yang lebih minimalis.

Anda bisa mengatur agar gestur navigasinya mirip iPhone X atau OnePlus 6T yang punya full view experience. Caranya, buka aplikasi XDA Navigation Gesture > pilih setting> gesture > lalu aktifkan Split Pill. Maka garis datar sebelumnya akan hilang. Anda tinggal mengatur sendiri fungsi swipe untuk menggantikan tombol back, home, dan recent app.

Tampilan Zenfone Max Pro M1 setelah mengaktifkan Navigation Gesture. Lebih lega dan clean kan?

Seperti swipe kiri dan kanan untuk back, swipe dari tengah ke atas untuk kembali ke home atau swipe dari tengah ke atas lalu tahan untuk masuk ke recent app. Tentu lebih menyenangkan dan layar Zenfone Max Pro M1 jadi makin lega. Selamat mencoba.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE