Makan Sembari Mancing Di Telaga Barombong

eksis0134

Telaga Barombong

Awal tahun berbarengan dengan musim hujan, sebagian orang lebih memilih di rumah atau mall yang bersahabat kala hujan. Namun ada tempat makan sekaligus tempat wisata yang beda, seperti apa bedanya?

Libur sekolah dan akhir tahun bersamaan dengan datangnya musim hujan, tentu bukan pilihan tepat memilih tempat-tempat wisata out door yang bisa saja mengakibatkan gangguan kesehatan khususnya bagi anak. Saat libur seperti ini sebagian orang lebih memilih mall-mall atau arena bermain indoor yang ramah bagi anak dan pengunjung kala musim hujan.

Tapi buat saya menghabiskan liburan di mall atau pusat perbelanjaan modern telalu mainstream dan kurang menyenangkan, seperti susahnya cari tempat parkir, pemandangan yang itu-itu saja, hingga berkeliling dari satu tempat ke tempat lain butuh tenaga ekstra mengingat jumlah pengunjung akan meningkat berkali-kali lipat jika dibandingkan hari biasa.

Dengar-dengar Makassar punya tempat makan yang unik, namanya Telaga Barombong. Konsepnya memadukan nuansa restoran di atas telaga dan kolam ikan, jadi pengunjung bisa menikmati hidangan seafood dan mencoba peruntungan dengan memancing. Saya dan keluarga penasaran dengan konsep yang ditawarkan dan hari senin kemarin sempat berkunjung ke sana, seperti apa suasana dan keunikannya? berikut ulasannya.

Desain Unik Fasilitas Menarik

Telaga Barombong letaknya berada di perbatasan Kabupaten Gowa dan Kota Makassar, bisa ditempuh dengan mudah dari kedua tempat tersebut baik dari Gowa maupun dari Makassar. Jika dari Makassar bisa melalui jalur Metro Tanjung Bunga hingga memasuki kawasan Barombong yang terkenal dengan tempat wisata pantainya, kolam renang, hingga sekolah pelayarannya. Mencari lokasi Telaga Barombong kini lebih mudah dengan Google maps atau aplikasi Waze.

Area parkir Telaga Barombong cukup luas meski cukup padat oleh kendaraan pengunjung, sekali berputar pun saya langsung dapat tempat parkir. Di pintu depan terdapat plang raksasa bertuliskan Telaga Barombong Resto & Fishing, dan meja resepsionis untuk menyambut pengunjung ketika ingin melakukan pemesanan tempat.

eksis0134

Di pintu masuk ketemu sepeda ontel dan motor lawas

Berhubung semua gazebo yang berfungsi sebagai tampat makan sekaligus mancing penuh, saya pun harus menunggu beberapa menit. Kata karyawannya ada tempat yang kosong tapi hanya untuk makan saja tidak bisa digunakan untuk memancing, jadi seperti di rumah makan biasa yang tersedia hanya meja dan kursi.

Setelah dipersilakan barulah saya dan keluarga masuk ke area Telaga Barombong yang luasnya kurang lebih 1,5 hektar, suasanya seperti di pedesaan cukup asri dengan deretan gazebo-gazebo yang berdiri di atas telaga dan tentu saja di dalamnya berisi ikan-ikan dengan beragam jenis yang siap dipancing.

Gazebo-gazebo yang ada bisa menampung hingga 8 hingga 12 orang, ada juga yang 20 hingga 30 orang. Selain itu terdapat beberapa gazebo yang dilengkapi dengan pendingin ruangan dan tentu saja harganya lebih mahal dibanding gazebo yang biasa.

Fasilitas lain yang ada di Telaga Barombong yakni arena bermain untuk anak, terdapat beragam permainan seperti prosotan dan panjat tali. Selain itu terdapat kolam ikan, musholla, dan toilet yang sangat terjaga kebersihannya.

eksis2534

Foto di depan gazebo

Cocok Buat yang Hobi Mancing

Keunikan yang ditawarkan Telaga Barombong yakni pengunjung bisa menyalurkan hobi memancing ataupun bagi pengunjung yang hanya ingin mengisi waktu dengan memancing sembari menunggu pesanan makanan datang. Alat pancing dan umpan bisa disewa dengan terlebih dulu menitipkan uang jaminan, bagi saya memancing di tempat tersebut hanya sekadar coba-coba dan tentu saja sensinya beda bagi orang yang menjadikan memancing sebagai hobi.

Seperti bapak yang ada di gazebo sebelah saya, dengan alat pancing dan umpan yang dia bawa sendiri ikan yang dia dapat pun cukup besar dan sepertinya bapak itu menikmati aktivitas memancingnya. Sedangkan alat pancing yang disediakan pihak pengelola resto hanya seadanya, umpannya pun sepertinya terbuat dari pelet yang dipadatkan sehingga mudah hancur bila terkena air. Umpan akan habis ketika ikan-ikan kecil yang memakannya sedikit demi sedikit.

eksis0134

Tapi bagi pengunjung seperti saya  yang hanya menjadikan aktivitas memancing sebagai hiburan dan pengisi waktu sepertinya sudah cukup memuaskan, tak sedikit pengunjung lain dengan alat pancing dan umpan yang disediakan bisa membawa pulang ikan meski berukuran kecil hingga sedang. Setelah pesanan makanan tiba, saya dan keluarga langsung menyantapnya dan meninggalkan aktivitas memancing di tengah guyuran hujan yang cukup deras.

eksis3034

*****

Telaga Barombong manawarkan konsep restoran yang berbeda dan masih sulit ditemukan khususnya di kota Makassar, memadukan nuansa alam sebuah telaga yang dilengkapi gazebo membuat pengunjung lebih menikmati pemandangan sekitarnya. Meski suasananya asri dan hijau tapi hawa panas masih terasa mungkin karena letaknya yang berada di tengah perkotaan sehingga udara panas tetap terasa.

Mungkin hal itulah yang membuat pengelola menyediakan gazebo yang dilengkapi AC sehingga pengunjung bisa tetap merasa sejuk meski berada di cuaca yang panas, sedangkan untuk gazebo yang biasa hanya disedikan kipas angin kecil yang sepertinya tak mencukupi andai harus menganginkan pengunjung yang berjumlah 8 hingga 12 orang saat siang hari. Jadi sebaiknya pengunjung datang pada pagi hari atau sore jika ingin menikmati suasana Telaga Barombong dengan lebih bersahabat.

eksis2834

Suasana Telaga Barombong

Selebihnya restoran ini recommended bagi yang ingin menikmati sajian makanan laut dengan cara yang berbeda, letaknya pun tak jauh dari pusat kota Makassar dan tentu saja harga yang harus dibayar untuk menikmati beragam fasilitas tersebut lumayan mahal, itu menurut saya.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE