Latih Pemain Bintang Di PES Club Manager

Sudah sejak lama saya mencari game yang mirip dengan Football Manager namun maunya yang lebih ramah jika dimainkan di smartphone. Football Manager memang game yang sejak dulu populer di kalangan gamers bertema pelatih sepakbola namun tapilan game-nya tak banyak berubah antara versi PC dan smartphone.

Kali ini saya akan membahas game bertema pelatih sepakbola selain dari Football Manager yang menurut saya sangat keren, namanya PES Club Manager. Bagi pengguna Playstation tentu sudah tak asing dengan game PES (Pro Evolution Soccer) buatan Konami yang merupakan rival abadi FIFA keluaran EA Sport sebagai pelopor game sepakbola paling populer hingga saat ini. Keduanya menawarkan grafis permainan yang memukau serta pengalaman bermain game sepakbola yang luar biasa.

Mirip Tampilan PS

PES Club Manager bisa diunduh gratis di Play Store untuk pengguna Android dengan ukuran file yang cukup besar yakni 1.5 GB, jadi sebaiknya gunakan pada smartphone yang punya RAM dan memori internal yang cukup besar. Meski sebenarnya masih bisa berjalan di smartphone dengan RAM minimal 2 GB dan internal storage minimal 8 GB, namun untuk performa game yang lebih maksimal sebaiknya gunakan RAM dan internal storage lebih besar.

Seperti pelatih di dunia nyata, kita diharuskan memulai karir kepelatihan dari divisi paling bawah atau divisi Beginner, tapi asyiknya kita akan diberi bekal pemain bintang sekelas Luis Suarez atau Lionel Messi dan beberapa pemain-pemain bintang lainnya yang bisa didapat dengan menukar koin dengan tiket khusus. Tampilan PES Club Manager sangat bagus untuk game simulasi sepakbola di kelas smartphone, saat pertandingan berlangsung terdapat tiga pilihan mode untuk menyaksikan tim asuhan kita berlaga.

Ada mode 2D Visual, 3D Visual, dan Assisted. Untuk mode 2D Visual hanya terlihat bulatan-bulatan sebagai ikon pemain yang ada di lapangan, sedangkan mode Assisted selain bulatan juga ada tampilan 3D yang sesekali muncul saat pemain berada di area pertahanan lawan. Dan mode 3D Visual menampilkan permainan secara full mulai dari awal hingga akhir pertandingan seperti ketika bermain di Playstation.

Tampilan 3D Visual

Gocekan serta pergerakan pemain terlihat seperti aslinya. Baik itu ketika menggiring bola, mengumpan, hingga melakukan tendangan langsung ke arah gawang. Serta selebrasi pemain saat merayakan gol pun hampir menyerupai tampilan Playstation namun dengan ukuran yang minimalis.

Tak hanya mengatur strategi, kita kuga dituntut untuk menjaga kondisi keuangan klub agar tetap bisa mengarungi kompetisi yang panjang, meng-upgrade stadion, fasilitas latihan, fasilitas medis, hiburan, hingga menyediakan homebase untuk fans pendukung jadi hal wajib agar pendapatan klub bisa bertambah. Pelatih juga harus pintar memilih pemain agar bisa punya rating yang tinggi, memainkannya secara reguler menjadi solusi agar si pemain cepat punya rating tinggi.

Kontrol yang Mudah

Yang saya suka dari game ini adalah kontrolnya yang sangat mudah, tidak seperti Playstation atau game lain yang mengharuskan penggunanya bermain dengan dua tangan. Di PES Club Manager kita bisa bermain hanya dengan satu jari, menentukan starting line up pemain dan formasi sebelum bertanding dan meraih gelar juara.

Game ini membutuhkan koneksi internet saat dimainkan dan perjalanan untuk merasakan ketatnya persaingan di liga-liga top Eropa sangatlah panjang. Seorang pelatih harus bisa menyelesaikan hingga divisi 10 agar naik ke divisi Regular bersaing dengan tim-tim papan atas Eropa. Usia pemain yang terus bertambah di akhir musim membuat kemampuan pemain bintang jadi ikut berkurang, sehingga pelatih harus jeli melihat skill pemain muda yang kelak diperuntukkan sebagai pengganti pemain bintang yang sudah uzur.

Game ini sangat cocok buat anda yang hobi nonton atau bermain sepakbola dan berniat jadi pelatih hebat meski hanya di sebuah game. Atau bagi anda pendukung salah satu tim besar Eropa yang ingin mengumpulkan pemain-pemain bintang dalam satu tim pun bisa dilakukan di game ini, rasakan sensasi memiliki dan melatih pemain-pemain bintang bahkan pemain legenda seperti Maradona hingga Pele pun bisa anda latih. Sudah siapkah anda menjadi pelatih top dunia?

 

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE