Kudo, Kios dalam Smartphone

Zaman sekarang masyarakat digital sudah tak asing dengan toko online, namun tak semua orang mampu mengurus toko online yang kadang tak semudah namanya.

Bagi yang ingin mencari tambahan pendapatan namun tak ingin mengorbankan aktivitas serta rutinitas sehari-hari, membuka kios online bisa menjadi solusi. Sejatinya kios online tak seribet toko online yang biasanya butuh syarat dan ketentuan khusus agar berjalan sesuai harapan, salah satunya produk yang ingin dijual. Tak semua orang punya produk atau barang yang bisa dijual kecuali isi rumah bagi yang memang kepepet butuh uang.

Kudo menawarkan produk yang umum dan dibutuhkan semua orang yang hidup di era digital seperti sekarang ini. Seperti apa keuntungan bila menjadi agen Kudo? Berikut ulasannya.

Daftar Mudah dan User Friendly

Kudo merupakan layanan pembayaran dan toko online berbasis aplikasi buatan anak negeri, proses aktivasi bagi pengguna yang ingin menjadi agen cukup mudah dan bisa dilakukan via aplikasi atau web resmi Kudo. Verifikasinya pun cepat jika semua syarat dilengkapi, agen sudah bisa memulai berwirausaha dengan menjual sebanyak tiga juta jenis barang yang tersedia di Kudo. Ya, Kudo memfasilitasi orang-orang yang ingin jadi pengusaha atau berdagang namun memiliki modal yang terbatas.

Awalnya saya menggunakan Kudo untuk kebutuhan sendiri, butuh pulsa Rp 5.000 tak perlu jauh-jauh ke penjual pulsa cukup beli di aplikasi Kudo yang menyediakan bermacam-macam nominal pulsa dari seluruh operator seluler tanah air. Mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 1.000.000 juga tersedia paket internet yang bisa dijual ke pelanggan. Selain itu agen juga bisa melayani pembayaran asuransi, tiket pesawat, tiket kereta api, beragam tagihan seperti listrik, air, internet, kartu pascabayar, voucher game.

Serta memudahkan pelanggan yang ingin mengajukan pinjaman ke pembiayaan yang bekerja sama dengan Kudo, dan sekarang agen Kudo juga bisa mendaftarkan pelanggan, teman, atau keluarga untuk menjadi mitra Grab dengan komisi hingga Rp 350.000. User interface di aplikasi Kudo sangat simpel dan mudah digunakan bahkan bagi pengguna baru smartphone sekalipun, semua informasi tentang produk yang dijual serta komisi yang ada pada setiap produk terpampang jelas di aplikasi tersebut.

Jadi Agen Sukses

Kudo membuka peluang tumbuhnya wirausahawan-wirausahawan atau tepatnya pengusaha digital yang ingin berdagang namun dengan modal yang minim, cukup dengan saldo minimal Rp. 10.000 si agen sudah bisa berjualan produk di aplikasi Kudo. Seperti jual pulsa untuk area kompleks atau pemukiman yang belum banyak counter pulsanya, namun jika ingin dapat komisi lebih banyak tentu harus punya saldo yang banyak pula agar semua kebutuhan pelanggan bisa terlayani.

Agen Kudo yang sukses sebaiknya hadir di kawasan yang belum terjangkau atau belum banyak berdiri mini market modern yang juga punya fasilitas pembayaran yang mirip dengan sistem kerja Kudo, kelebihan yang dimiliki agen Kudo yakni mudah untuk berpindah-pindah tempat sehingga bisa menyisir area-area strategis untuk berjualan. Selain itu sang agen juga bisa membuka cabang dengan menawarkan orang-orang atau pelanggan untuk menjadi agen.

Menjadi agen sukses memang tidak mudah dan butuh niat serta usaha yang kuat, namun di era internet  seperti saat ini  justru memudahkan jalan bagi agen-agen yang ingin meraih sukses. Sistem usaha jenis ini sudah banyak beredar baik itu secara online maupun offline, namun jenis usaha apapun itu jika dijalankan dengan niat yang sungguh-sungguh serta semangat pantang menyerah membuat label agen sukses tinggal menunggu waktu saja.

CS Kurang Responsif

Seperti penyedia jasa online lainnya, Kudo pun tak luput dari kekurangan. Layanan bantuan yang disediakan pihak Kudo yang katanya akan membantu agen 24 jam dari senin sampai minggu nyatanya tak sesuai fakta. Saya pernah ingin menanyakan tentang cara isi saldo via live chat namun tak ada balasan sama sekali, meski untuk opsi via email dan telepon saya belum mencobanya karena saya anggap permasalahan saya ini tidak terlalu penting.

Semoga itu terjadi hanya pada layanan live chat saja karena jika kejadian tersebut juga berlaku pada layanan email dan call center tentu akan berdampak buruk pada Kudo di mata para agen-agen. Namun secara keseluruhan saya cukup puas dengan jenis usaha yang ditawarkan Kudo, meski bukan sebagai pedagang murni saya bisa merasakan bagaimana menjadi pengusaha digital untuk orang-orang terdekat dulu. Melayani beragam kebutuhan mereka sekaligus mendapat tambahan penghasilan.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE