Kemeriahan JUMBARA Nasional VIII Tahun 2016

eksis0134

Lapangan Pembukaan Jumbara Nasional VIII 2016

Kemeriahan JUMBARA (Jumpa Bakti Gembira) PMR tingkat Nasional VIII tahun 2016 begitu terasa saat memasuki area perkemahan, terletak di Bumi Perkemahan Tonasa 1, kecamatan Balocci, kabupaten Pangkep, provinsi Sulawesi Selatan para peserta sangat antusias mengikuti setiap kegiatan yang diagendakan oleh penitia.

Peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara turut meramaikan hajatan lima tahunan PMI yang merupakan proses evaluasi tingkat nasional untuk menyaring bibit-bibit unggul di kalangan remaja.

Acara yang dibuka oleh Wakil Presiden, Jusuf Kalla yang juga merupakan Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) ini berlangsung dari tanggal 25 hingga 31 Juli 2016 dan mendapat respon positif dari warga sekitar yang bermukim di area perkemahan serta warga dari kota lain yang penasaran ingin menyaksikan langsung kemeriahan acara. Warga bisa melihat ragam budaya dari masing-masing kontingen yang tercermin dari bangunan yang ada di depan perkemahan.

eksis0234

Ikon daerah masing-masing kontingen

Seperti kontingen Bali dengan ikon Ogoh-ogoh raksasa menjadi ajang foto-foto warga, selain itu ada Ondel-ondel dari DKI Jakarta, bangunan candi yang berasal dari Jawa Timur, kain batik dari Jogja, dan beragam ciri khas dari daerah-daerah lain yang dibawa oleh masing-masing kontingen menjadi daya tarik warga yang secara fisik ada yang belum pernah berkunjung ke tempat tersebut. Dan dengan adanya kegiatan JUMBARA wawasan warga tentang keragaman budaya Indonesia bisa bertambah sekaligus menjadi wahana rekreasi bersama keluarga.

Tak hanya diikuti oleh peserta acara dari berbagai derah, JUMBARA Nasional juga dimeriahkan dengan beragam stan yang menjual pernak-pernik PMI seperti pin, topi, stiker, baju, dan lain sebagainya. Selain itu di sekitaran area perkemahan berdiri tenda-tenda tempat warga berjualan makanan, minuman, dan juga arena bermain bagi anak buat pengunjung.

Kegiatan peserta JUMBARA selama seminggu di Bumi Perkemahan Tonasa 1 meliputi deskripsi dari Jumpa Bakti Gembira, Jumpa untuk saling berbagi pengetahuan, keterampilan, sikap, dan menjalin persahabatan dengan peserta lain, lalu Bakti yakni berbakti dengan menerapkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dimiliki pada orang lain, dan Gembira yakni kegiatan yang dilakukan harus dengan kegembiraan sesuai dengan karakter remaja.

Dalam deskripsi tersebut terdiri dari beragam kegiatan seperti jurnalistik remaja, social enterpreneurship, Remaja tangguh, dan youth station yang merupakan beberapa kegiatan yang tergabung dalam deskripsi Jumpa. Sedangkan bakti masyarakat dengan penanaman 10 juta pohon bambu, kunjungan ke panti jompo dan panti sosial merupkan beberapa agenda kegiatan dalam deskripsi Bakti. Dan olahraga persahabatan, wahana kepalangmerahan, pentas seni, anjangsana menjadi kegiatan yang mendeskripsikan Gembira.

eksis0134

beberapa olahraga di JUMBARA Nasional VIII 2016

JUMBARA Nasional VIII kali ini mengangkat tema “Melalui Jumbara Ciptakan Remaja Pandai, Manusiawi, Dan Responsif” diharapakan menghasilkan bibit-bibit PMR terbaik yang berasal dari berbagai daerah memiliki kematangan, wawasan, dan kepandaian yang lebih baik dibandingkan yang lain. Dari segi keahlian, anggota PMR harus menguasai teknik pertolongan pada orang lain yang berlandaskan tujuh prinsip dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah.

Dan di ajang JUMBARA setiap anggota PMR akan diuji kepandaian dan keahliannya dalam menangani masalah kemanusiaan, sehingga diharapkan kepandaian dan keahlian yang teruji akan berdampak pada meningkatnya sikap kepekaan sehingga turut mengkatrol sikap responsif dalam menyikapi setiap permasalahan. Jadilah calon-calon penerus bangsa yang tak hanya sekadar pandai, namun juga memiliki jiwa sosial, sikap kepekaan, dan sikap responsif yang tinggi.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE