Kejahatan Dunia Maya

image by http://www.stlucianewsonline.com

Tindak kriminal di era modern sekarang ini makin beragam, perkembangan teknologi dan informasi yang begitu pesat membuat para pelaku kejahatan kian agresif dan lihai memanfaatkan peluang demi menjerat korbannya. Pengguna perangkat teknologi yang semakin hari semakin meningkat dituntut agar lebih waspada dalam memanfaatkan beragam gadget dan layanan internet dalam kehidupan sehari-hari karena modus operandi kejahatan selalu mengikuti tren yang sedang berkembang dan paling diminati banyak orang. Ketika SMS menjadi fitur penting dalam perangkat telekomunikasi, berapa banyak kasus-kasus penipuan yang menggunakan SMS. Mulai dari pemberitahuan pemenang undian hingga SMS mama minta pulsa dan tak sedikit orang yang telah menjadi korban akibat penipuan yang berkedok SMS palsu kala itu.

Memasuki era internet, saat fitur sebuah ponsel mengandalkan akses internet sebagai bahan jualan dan meledak di pasaran berdampak pada modus kejahatan yang juga mengalami transformasi. Media sosial yang diminati banyak orang seakan menjadi lahan subur bagi para pelaku kajahatan untuk mengeruk pundi-pundi rupiah yang mengalir deras di dunia maya. Berapa puluh juta orang yang terkoneksi ke jaringan internet setiap hari? Hal tersebut menjadi celah bagi orang-orang yang tak bertanggung jawab untuk menggunakan internet secara negatif. Kasus judi online, perdagangan manusia melalui media sosial hingga penyedia jasa prostitusi yang merambah ranah internet sudah sering diberitakan oleh media. Belum lagi serangan hacker, virus, email spam dan masih banyak lagi kejahatan dunia maya atau cybercrime yang mengintai para pengguna internet.

Meski pemerintah telah melindungi pengguna teknologi di tanah air dengan undang-undang namun masih banyak kasus kejahatan di dunia maya yang belum terungkap, luasnya cakupan area menjadi salah satu kendala dan modus yang digunakan para pelaku juga semakin beragam memanfaatkan celah yang ditinggalkan oleh pengguna yang tak waspada. Di tengah gempuran produk media sosial dan akses internet yang semakin memanjakan karena mudah diakses di mana saja, terkadang membuat kita terlena. Segala kemudahan dan kenyamanan berselancar di dunia maya jika dilakukan tanpa menumbuhkan sikap awas tentu semakin memperbesar peluang kita untuk dijadikan korban, Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?

Meminimalisir peluang pelaku kejahatan dengan memberi proteksi pada perangkat teknologi yang digunakan merupakan salah satu solusi, penggunaan password dengan level keamanan tingkat tinggi pada akun email ataupun akun media sosial dan menggantinya secara berkala, serta tak mudah tergiur dengan iming-iming uang atau hadiah yang tiba-tiba masuk di inbox email. Langkah pencegahan seperti itu bisa dilakukan untuk memperkecil terjadinya kejahatan dunia maya menimpa kita, jadilah pengguna internet yang bijak dan selalu mawas diri dari segala kemungkinan bentuk cybercrime yang sewaktu-waktu mengancam. Perkembangan teknologi dan informasi selain membawa banyak manfaat namun tak sedikit pula yang mengakibatkan kerugian tergantung bagaimana kita beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan informasi yang semakin ofensif.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE