Kehidupan Baru

Adik sepupuku Fuji Handoko, kemarin telah melangsungkan akad nikah dengan gadis pilihannya. Senyum bahagia tergurat dari raut wajahnya yang bulat, tak terkecuali seluruh keluarga yang ikut hadir menyaksikan prosesi acara yang sakral itu, mereka mengembangkan senyum tiada henti. Meski ijab kabul sempat diulang sekali tapi secara keseluruhan acara itu berjalan lancar dan penuh hikmat. Oko – nama panggilan sepupuku itu, sudah aku anggap seperti adik kandungku sendiri. Kami tumbuh bersama di lingkungan yang sederhana, hingga sekarang dia ‘berani’ memantapkan diri mempersunting kekasihnya dan ‘keberanian’ itu belum juga aku miliki.

Sejak kecil, Oko memang pemberani, lincah dan rajin. Pernah suatu hari mama menyuruh kami ambil kelapa di kebun, pohon kelapa yang cukup tinggi tak menyurutkan nyalinya, dia segera memanjat dangan gesit dan menjatuhkan buah kelapa yang masih muda seperti permintaan mama. Jadi bila mama butuh kelapa, mama selalu bilang “Tunggu Oko aja, biar dia yang manjat.”

Kini dia memasuki kehidupan baru bersama gadis yang telah dia pilih sebagai pasangan hidupnya. Kini dia sudah resmi menjadi pemimpin dalam rumah tangga dan pelindung bagi anak dan istrinya kelak. Tentu sebuah tanggungjawab yang tak mudah namun dia berani mengembannya dengan penuh keyakinan. Dukungan keluarga menjadi motivasi tersendiri untuk bisa mewujudkan sebuah keluarga sakinah, mawaddah, warahmah. Aku kadang merasa ‘minder’ setelah beberapa tahun terakhir ini berusaha mewujudkan ‘keberanian’ yang sama namun selalu saja ada keraguan dalam hati. Pertanyaan “Kapan nyusul nih?” atau sindiran halus “Masa keduluan sama Oko?” menjadi semacam pelecut semangat untuk menyakinkan hati bahwa manusia memang diciptakan berpasangan untuk meregenerasi keturunan yang diikat dalam pernikahan suci dan abadi. Selamat menempuh hidup baru Fuji Handoko  & Eka, semoga menjadi keluarga yang bahagia hingga maut memisahkan. (16 September 2012)

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE