Kartu Halo Bermasalah, Pelanggan Tetap Bayar

Sabtu pagi, ketika sebagian orang mempersiapkan diri untuk liburan bersama keluarga, saya malah sibuk mengotak-atik Blackberry yang tiba-tiba saja ‘sakit’ tak bisa diajak browsing, BBM-an,  Facebook, Twitter dan mengakses media sosial lainnya. Layanan datanya terputus mendadak, padahal kemarin dan pada hari-hari sebelumnya smartphone saya baik-baik saja dan bisa terkoneksi ke internet. Mungkin ini hanya gangguan jaringan sementara, saya coba menenangkan hati dan melanjutkan aktivitas seperti biasa.

Menjelang siang, saya coba kirim pesan via BBM ke rekan kerja tapi gagal, mungkin layanan BIS teman saya tak aktif, kata saya dalam hati. Namun setelah saya kirim pesan BBM kebeberapa teman di contact BBM tetap saja semua gagal. Blackberry saya masih tak terkoneksi ke jaringan internet dan secara otomatis saya tak bisa menikmati layanan penyedia jasa telekomunikasi di kartu Halo semisal, browsing, email, akses media sosial dan layanan data lainnya.

BBM yang gagal kirim

Saya lalu menghubungi call center Telkomsel dan customer service yang menerima pengaduan saya segera mengecek permasalahan yang terjadi di smartphone saya. Setelah menunggu cukup lama, ternyata memang ada gangguang jaringan yang mengakibatkan Blackberry saya tak bisa mengakses internet, kata CS Telkomsel. Saya disuruh menunggu 3×24 jam agar jaringan kembali normal, meski agak kecewa tapi saya tak punya pilihan lain selain bersabar menunggu.

Dua hari kemudian, belum ada tanda-tanda kalau Blackberry saya sudah bakalan pulih dari sakit. Penyakitnya masih sama tak bisa diajak on line dan penjelasan CS Telkomsel via telepon belum bisa memuaskan rasa penasaran saya tentang jaringan smartphone yang tiba-tiba saja putus. Saya berinisiatif ke Grapari Telkomsel, tapi hari ini masih libur jadi niat ke sana saya urungkan sampai besok. Esok paginya saya langsung mengadukan permasalahan smartphone saya ke CS di Grapari Telkomsel.

Setelah customer service Grapari Telkomsel mengecek kartu dan Blackberry saya, memang terjadi gangguan jaringan pada beberapa nomor kartu Halo. Dan lagi-lagi saya disuruh menunggu paling lama tiga hari hingga jaringan kembali normal, saya pun pulang dengan rasa kecewa. Telkomsel yang merupakan salah satu operator telekomunikasi terbesar di negara ini dan memiliki ratusan juta pelanggan ternyata masih menomor duakan kualitas jaringan, dan tak ada kompensasi yang diberikan oleh Telkomsel sebagai bentuk pertanggungjawaban karena telah merugikan pelanggan.

Twitter connection failed

Selama hampir seminggu kartu Halo saya menganggur, karena memang saya hanya memakai layanan Blackberry saja bukan untuk telepon atau sms. Dan selama itu juga saya tak bisa menerima email kantor, tak bisa menggunakan aplikasi instan messaging serta layanan data lainnya karena tak terkoneksi ke internet. Saya juga menyesalkan tak ada konfirmasi dari Telkomsel jika memang sedang terjadi gangguan jaringan, pihak Telkomsel beralasan karena hanya sebagian nomor kartu Halo saja yang bermasalah jadi mereka enggan melakukan konfirmasi.

Apapun alasannya jelas itu sangat merugikan pelanggan khususnya saya sebagai pengguna kartu Halo, saya tak menikmati layanan produk dengan maksimal tetapi saya harus tetap membayar kualitas pelayanan yang sangat jauh dari kata memuaskan. Pihak penyedia jasa telekomunikasi sebaiknya mengutamakan kualitas jaringan demi terciptanya kenyamanan baik dalam berkomunikasi ataupun dalam mengakses data. Nama besar sebuah brand harus bisa dipertanggungjawabkan di mata pelanggan sehingga kualitas jaringan dan kenyamanan pelanggan tetap dinomor satukan.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE