Jangan Mimpi

Katanya mimpi itu bunga tidur, ada juga yang bilang mimpi itu perpanjangan dari khayalan seseorang secara sadar ataupun tak sadar. Menurut kamus bahasa Indonesia, mimpi adalah suatu kejadian yang kelihatan atau yang dialami seseorang dalam angan-angan dan terjadi pada saat yang telah ditentukan. Kalau menurut saya pribadi, mimpi adalah anugerah Tuhan yang paling indah seperti halnya cinta yang hadir dalam hati manusia dan selalu dirindukan keberadaannya karena membawa kedamaian serta ketentraman jiwa. Dengan bermimpi hidup manusia akan lebih terarah, dalam hal ini bukan hanya mimpi ketika kita terlelap tapi impian yang membuat kita semangat untuk meraih apa yang kita cita-citakan. Alangkah ruginya manusia jika tak mempunyai mimpi, karena dengan bermimpi kita bisa tahu apa yang kita cari dalam hidup dan kehidupan ini.

Kadang, mimpi membawa kita ke alam imajinasi hingga tak sadar jika sebenarnya kita berada pada khayalan tingkat tinggi seperti berfantasi. Padahal antara mimpi dan fantasi merupakan dua hal yang jauh berbeda. Mimpi adalah hal-hal yang kita cita-citakan dan ada usaha untuk mewujudkannya jadi kenyataan, sedangkan fantasi adalah sesuatu yang kita inginkan tapi sulit bahkan tak mungkin diwujudkan. Misalnya, saya ingin membangun rumah di atas awan, menjadikan bulan dan bintang sebagai penghias taman. Siapa saja boleh berfantasi sesuai dengan keinginan hatinya, itu sah-sah saja. Namun jika dibandingan dengan manusia yang punya mimpi ingin membahagiakan kedua orangtuanya, ingin menjadi manusia yang bermanfaat dan impian-impian lain yang lebih berguna untuk diri sendiri bahkan untuk orang lain. Mana yang anda pilih?

Jangan mimpi, jika kita tak percaya diri untuk bisa mewujudkan mimpi-mimpi itu. Manusia butuh impian sebagai rencana meski hanya sebatas angan untuk mangarungi derasnya arus kehidupan, membuat daftar-daftar (list) mimpi merupakan langkah awal yang tepat agar tujuan hidup kita jelas dan tak terombang-ambing oleh rasa ragu. Setelah mimpi-mimpi itu tertaut kuat dalam hati, kini saatnya kita berusaha dengan giat, tekun, ulet dan pantang menyerah untuk mewujudkan mimpi-mimpi itu. Doa dan usaha adalah mutlak harus dilakukan, yakinkan hati dan tanamkan rasa optimis jika mimpi itu bukan hanya sekadar mimpi. Seperti yang dikatakan Carld Sandburg (penulis dari Amerika) “Tak ada sesuatu yang terwujud bila kita tak pernah bermimpi.”

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE