Jangan Lawan Arus Teknologi Digital

003967800_1457931634-20160314-Ribuan-Sopir-Angkutan-Darat-Lanjutkan-Aksi-di-Istana-Negara-Antonius-6

Aksi demo para supir taksi konvensional (liputan6.com/Immanuel Antonius)

Arus transformasi teknologi digital mengalir deras menerjang apa saja yang masih berwujud konvensional, jika tak lihai menyesuaikan diri niscaya cara konvensional itu akan hanyut dan tergantikan dengan cara digital.

Demo supir taksi argo milik beberapa perusahaan transportasi di Jakarta yang beberapa hari lalu berdemo menuntut pemerintah agar tegas terhadap taksi online memicu polemik berbagai kalangan. Demo yang sempat berujung anarkis itu disesalkan banyak pihak, dan tentu saja merugikan pengguna jasa taksi yang selama ini menjadikannya sebagai sarana transportasi.

Keresahan sopir taksi argo dilatarbelakangi menurunnya pendapatan mereka karena kehadiran angkutan umum berbasis aplikasi online yang menawarkan harga yang lebih murah dan pelayanan yang lebih baik. Hal yang sama juga dirasakan para ojek pangkalan yang lebih dulu terusik dengan kehadiran ojek online, meski sama-sama menyediakan jasa transportasi nyatanya pengguna lebih nyaman memilih moda transportasi berbasis aplikasi online.

Sudah sejak lama kehadiran angkutan umum berbasis aplikasi online menuai kontroversi, mulai dari tak memiliki izin usaha sehingga tak dikenai pajak, tak melindungi penumpangnya dengan asuransi hingga penggunaan plat hitam yang sejatinya diperuntukkan bagi kendaraan pribadi menjadi dasar penolakan armada taksi konvensional terhadap angkutan umum berbasis aplikasi online.

Secara aturan hal itu memang tak dibenarkan, semua angkutan umum yang beroperasi di Indonesia harus mematuhi regulasi transportasi yang telah ditetapkan pemerintah. Pemilik angkutan berbasis online bukannya tak mengerti hal itu namun belum adanya aturan yang jelas tentang angkutan transportasi berbasis aplikasi online, dan besarnya permintaan jasa angkutan online tersebut membuat pemilik perusahaan memilih untuk tetap beroperasi meski menuai banyak protes.

Menurut Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Prof. Rhenald Kasali. Kehadiran moda angkutan berbasis aplikasi online khususnya bagi warga yang tinggal di kota-kota besar yang dikenal sangat mobile dan berkejaran dengan waktu sangat terbantu dengan kehadiran angkutan berbasis internet tersebut. Hanya dengan smartphone mereka bisa menggunakan jasa Uber, Grab, atau Gojek tanpa mencegat di jalan. Penggunaan aplikasi yang mudah, relatif aman, dan murah menjadikan moda angkutan berbasis internet tersebut sebagai salah satu berkah teknologi.

*****

Saya bukan pengguna aktif angkutan umum berbasis aplikasi online, namun sering menggunakan internet untuk memesan tiket pesawat, memesan makanan, mengantar barang dengan memanfaatkan aplikasi online yang tentu saja sangat menghemat waktu dan biaya. Perkembangan terknologi yang begitu pesat tak seharusnya disikapi dengan perspektif yang sempit dan membuat para pelaku bisnis tetap bertahan dengan cara konvensional.

Dengan kemajuan teknologi dan fenomena penggunaan aplikasi mobile internet yang makin populer dalam menunjang segala aktivitas warga, banyak celah yang bisa dimanfaatkan para pelaku bisnis untuk mengembangkan sayap usahanya. Bukan malah menentang laju teknologi yang justru akan membuat mereka kehilangan konsumen yang lebih memilih penyedia jasa modern yang mengerti akan kebutuhan konsumen yang hidup dan tumbuh di era digital.

Dalam persaingan bisnis bukan hanya yang kuat secara finansial yang akan tetap bertahan, namun yang mampu mengikuti keinginan pasar dan melakukan terobosan-terobosan inovatif demi kepuasan konsumen serta calon konsumen jadi poin penting dalam perkembangan usaha di masa yang akan datang. Melawan derasnya arus teknologi sama saja dengan menentang keinginan pasar yang juga berarti keinginan pengguna yang tak terpenuhi sesuai ekspektasi. Seperti yang dikataran Prof. Rhenald Kasali, berdamailah dengan perkembangan teknologi, bukan menentang.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE