Internet Sehat Pikiran pun Hebat

Siapa yang tak kenal dengan internet? kalau belum kenal, bisa tuh berkunjung ke warnet, kafe yang sediain hotspot atau mampir ke counter hape atau laptop, pasti dijamin bisa berkenalan dengan internet. Di era teknologi dan informasi yang semakin pesat, manusia wajib mengikuti tren gaya hidup dan mengikuti perkembangan teknologi dengan menjelajah dunia nyata, dunia maya atau dunia ghaib, loh? gimana caranya? Dulu berkeliling dunia hanya bisa dinikmati oleh kalangan berduit saja, tapi jaman sekarang pedagang kaki lima pun bisa keliling dunia. Tapi dengan syarat harus ngerti internet. Yup, dengan internet serasa menggenggam dunia yang begitu luas. Hanya sekali klik kita dapat berpindah dari satu negara ke negara yang lain, menjelajah negara terpencilpun bukan suatu masalah.

Masih ingat jaman dulu saat lebaran tiba? Dua minggu atau seminggu sebelum hari lebaran, kantor pos dipenuhi oleh orang-orang yang mau ngirim kartu ucapan selamat lebaran. Bahkan sampai antri mirip antri sembako atau antri minyak tanah dijaman sekarang, namun seiring waktu berlalu dan kecanggihan teknologi yang bernama internet, sehari bahkan semenit ucapan selamat lebaran bisa sampai ketempat tujuan dengan selamat, mudah dan efisien bukan? Nah, itulah sebagian kecil manfaat internet karena banyak banget manfaat lain dari internet yang kudu harus wajib kita tahu agar hidup jadi lebih hidup, wuih kayak iklan aja.

Namun dibalik manfaat internet yang menjadikan hidup lebih berwarna, ada sisi negatif yang setiap saat mengintai dan menghantui. Kejahatan tidak hanya terjadi di dunia nyata, di dunia maya pun banyak terjadi tindak kriminal. Dan boleh dikatakan pelaku kejahatan yang bergentayangan di dunia maya lebih “kreatif” dan cerdik memanfaatkan peluang. Masih ingat kasus perdagangan gadis di bawah umur akibat demam jejaring sosial Facebook, atau kasus video “esek-esek” yang diperankan artis ternama kemudian diupload ke internet, serta penggunaan blog untuk melecehkan negara lain dan banyak lagi kasus-kasus akibat penggunaan internet yang tidak sehat.

Oleh karena itu sejak dini kita tanamkan penggunaan internet sehat buat putra-putri kita, agar mereka tidak terlalu terlena dengan gemerlap dunia maya. Mungkin cara seperti itu bisa sedikit mengurangi resiko penyalahgunaan internet dan berakibat fatal untuk masa depan sang anak. Banyak orang-orang sukses lahir dari kemampuannya berkolaborasi dengan internet dan menghasilkan karya original dan sangat bermanfaat bagi aktifitas manusia. So, jangan pernah puas untuk belajar menguasai dunia dengan cara internet sehat.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE