Inter Butuh Konsistensi

Inter-3-0-Cagliari

Selebrasi gol pemain Inter di Coppa Italia

Performa impresif terus ditunjukkan Inter sejak awal musim hingga pekan ke-16 Serie A bergulir, La Beneamata kokoh di puncak klasemen dengan koleksi 36 poin hasil dari 11 kemenangan, 3 kali imbang, dan hanya menelan 2 kekalahan. Di ajang Coppa Italia yang baru saja digelar dini hari tadi, Rodrigo Palacio dkk sukses melaju ke perempatfinal setelah di babak 16 besar mengalahkan Cagliari dengan skor meyakinkan 3-0.

Gol Palacio pada menit ke-24 membuka keunggulan Inter dilanjutkan sepakan indah Brozovic dari luar kotak penalti yang menghujam deras gawang Cagliari di menit 71, dan Perisic menutup pesta gol I Nerazzurri pada menit ke-81 memanfaatkan bola muntah Brozovic yang mengenai tiang gawang.

Performa positif lainnya yang ditunjukkan anak asuh Roberto Mancini musim ini adalah lini pertahanan yang sejauh ini baru kebobolan 9 gol dari 16 laga, menjadikan Inter sebagai satu-satunya tim Serie A dengan jumlah kebobolan paling sedikit. Kiper Inter Samir Handanovic hanya memungut bola dari gawangnya ketika menang lawan Carpi 2-1, dikalahkan Fiorentina 4-1, imbang 1-1 saat kontra dengan Sampdoria, imbang lawan Palermo 1-1, dan dikalahkan Napoli 2-1. Sisanya dalam 12 laga skuat Biru Hitam clean sheet atau melaluinya tanpa kebobolan.

Inter patut berterima kasih pada para pemain belakang yang tampil cemerlang serta aksi-aksi brilian Samir Handanovic yang berdiri kokoh di mulut gawang, dan beberapa kali melakukan penyelamatan penting. Duet Joao Miranda dan Jeison Murillo menjadi benteng pertahanan yang sulit ditembus oleh penyerang-penyerang lawan, andaipun bisa ditembus masih ada kiper Samir Handanovic yang gesit menghalau berbagai serangan yang di alamatkan padanya.

Tak hanya lini belakang, lini tengah tim yang kini dimiliki oleh Erik Thohir tersebut terbilang solid. Kemampuan fisik yang prima ditunjang skill olah bola di atas rata-rata membuat permainan Inter lebih variatif dengan menerapkan beragam variasi serangan. Geoffrey Kondogbia, Gery Medel, Felipe Melo, Brozovic, Ivan Perisic dan Fredy Guarin merupakan pemain dengan karakter keras tanpa kompromi menghentikan pergerakan pemain lawan. Tak hanya mampu mengontrol permainan, tak jarang lini tengah Inter melahirkan gol penentu kemenangan ketika lini serang mengalami kebuntuan.

308839_derby-milan-berakhir-imbang_663_382

Mauro Icardi masih menjadi andalan lini serang Inter

Untuk lini depan, Inter memang masih perlu banyak mencetak gol. Juru gedor La Beneamata masih belum garang, sang kapten Mauro Icardi baru mencetak 6 gol, Stevan Jovetic 4 gol, dan Adem Ljajic 2 gol. Sedangkan Rodrigo Palacio baru mencetak 1 gol di ajang Coppa Italia, sisanya gol-gol Inter lahir dari lini tengah dan belakang. Tentu saja ini merupakan pekerjaan rumah bagi Roberto Mancini agar para strikernya bisa lebih explosive di depan gawang lawan, perjalanan untuk meraih tiket Liga Champions musim depan masih panjang. Lini belakang dan lini tengah sudah oke tinggal lini depan yang masih perlu dipoles oleh Mancio.

Di lima laga terakhir Serie A, kran gol Inter mulai terbuka. Dimulai saat menjamu tim promosi Frosinone, Mauro Icardi dkk berpesta empat gol tanpa balas. Meski kalah 2-1 dari Napoli di laga selanjutnya, I Nerazzurri mampu bangkit dan menang 1-0 atas Genoa. Pekan berikutnya giliran Udinese diberondong empat gol oleh Icardi dua gol serta Jovetic dan Brozovic yang masing-masing menyumbang satu gol. Di ajang Coppa Italia, Inter kembali berpesta setelah menang 3-0 saat menjamu Cagliari.

Di awal musim performa lini depan Inter sempat menuai kritik setelah ditujuh laga hanya meraih kemenangan dengan keunggulan satu gol, perlahan tapi pasti Inter mulai menemukan pola permainan yang berujung pada kuantitas gol yang terus meningkat. Kini yang dibutuhkan Il Biscione adalah konsistensi, mempertahankan tren positif dan semakin meningkatkan kemampuan menjebol gawang lawan agar target akhir musim tak hanya lolos ke Liga Champions namun bisa kembali merengkuh gelar scudetto. FORZA INTER.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE