Inkonsisten Inter Berbuah Kekalahan Perdana

Walter Mazzarri (sumber: inter.it)

Rentetan tak terkalahan Inter di empat laga awal Serie A musim ini terhenti pada giornata kelima saat menjamu Cagliari di Giuseppe Meazza. Ranocchia dan kawan-kawan gagal melanjutkan tren positif setelah tengah pekan lalu berhasil menang 2-0 atas Atalanta namun di akhir pekan kemarin performa skuat Biru Hitam malah melempem dan digebuk Cagliari dengan skor telak 1-4 di depan ribuan Interisti, bahkan laga tersebut disaksikan langsung oleh sang presiden Erick Thohir. Tanda-tanda kekalahan Inter sudah tampak sejak awal pertandingan, tepatnya di menit ke-10 Nerazzurri sudah tertinggal 0-1 oleh gol yang dicetak oleh Marco Sau. Inter langsung bereaksi delapan menit kemudian, berawal dari umpan free kick Palacio yang mampu dituntaskan dengan dingin oleh Pablo Osvaldo untuk merubah skor menjadi imbang 1-1.

Petaka Inter terjadi di menit ke-27 setelah Yuto Nagatomo menerima kartu kuning kedua, bermain dengan 10 pemain dimanfaatkan betul oleh Cagliari untuk menambah pundi-pundi gol. Hat-trick Arbin Ekdal merubah skor menjadi 1-4 dan membuat tuan rumah semakin menderita, hasil itu bertahan hingga akhir babak kedua. Inter kembali tampil kurang konsisten di awal kompetisi Serie A, sang allenatore Walter Mazzarri berkilah jika faktor kelelahan yang membuat anak asuhnya tampil kurang maksimal. Namun secara keseluruhan, performa Nerazzurri di laga itu memang sangat mengecewakan, lini belakang yang keropos membuat penyerang lawan dengan leluasa membombardir lini pertahanan Inter lalu menciptakan peluang dan menyelesaikannya dengan gol.

Koordinasi antar lini tak berjalan dengan baik sehingga alur permainan Inter mudah ditebak, akibatnya serangan-serangan yang dibangun oleh Palacio dan kawan-kawan begitu mudah dimentahkan lini pertahanan lawan. Performa buruk Inter mengerucut pada satu nama, Nemanja Vidic mantan palang pintu Manchester United itu disebut-sebut tampil mengecewakan sejak didatangkan pada musim panas lalu. Di giornata pertama saat Inter melawan Torino, bek asal Serbia itu melakukan pelanggaran yang berbuah penalti namun beruntung Samir Handanovic berhasil menepis penalti tersebut. Ketika melawan Palermo, Vidic kembali melakukan kesalahan fatal yang membuat gawang Inter kebobolan dengan mudah. Pemain berusia 32 tahun tersebut “bermain-main” di area pertahanan sendiri sehingga bola bisa direbut oleh Varquez yang kemudian menjebol gawang Handanovic.

Nemanja Vidic (sumber: inter.it)

Di laga kontra Cagliari, Vidic membuat kesalahan lagi setelah melanggar Marco Sau di area kotak penalti, wasit pun tak segan menunjuk titik putih meski Andrea Cossu yang bertindak sebagai algojo tak mampu menaklukkan Handanovic yang kembali menjadi penyelamat. Tapi di akhir laga Inter tetap kalah 1-4. Kekalahan pertama Il Biscione musim ini tentu menyisakan banyak pekerjaan rumah bagi sang juru taktik Walter Mazzarri, musim lalu Inter kerap tampil inkonsisten sehingga gagal bersaing di jalur scudetto. Musim ini pasukan Biru Hitam mengawali kompetisi Serie A dengan cukup baik meski di giornata kelima harus takluk dari Cagliari, hasil negatif itu tak lepas dari susunan pemain yang diturunkan oleh Walter Mazzarri. Pelatih berusia 52 tahun itu terlalu mengandalkan pemain utama ditiga kompetisi yang diikuti Inter, tentu ini berpengaruh pada kebugaran para pemain.

Rotasi pemain mutlak dilakukan oleh pelatih demi menjaga ketahanan fisik dan juga untuk mencegah kemungkinan pemain mengalami cedera. Inter dihuni banyak pemain berkualitas, bukan tak mungkin target finish ditiga besar dapat tercapai jika Nerazzurri tampil konsisten dan pelatih mampu meracik tim dengan menurunkan pemain yang benar-benar bugar. Inter harus segera bangkit dan melupakan kekalahan atas Cagliari, pekan depan skuat Ular Raksasa akan bertandang ke Artemio Franchi markas Fiorentina pada lanjutan Serie A giornata ke enam. Tiga poin menjadi target yang tak bisa ditawar demi menjaga persaingan di papan atas klasemen dan juga untuk mengembalikan mental pemain ke jalur kemenangan.

Suka Artikel ini? Silakan berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE